7 Cara Membuat Rumah Nyaman untuk Kesehatan Mental


Rumah nyaman sangat baik bagi kesehatan mental. Membuat rumah yang nyaman tak harus mengeluarkan budget besar. Anda bisa memulai dari menyingkirkan barang tak perlu, membersihkan rumah, hingga menata ruangan khusus untuk Anda melepas penat.

0,0
13 May 2021|Azelia Trifiana
Membuat rumah nyaman tak perlu mewahMembuat rumah nyaman tak perlu mewah
Pulang ke rumah bukan sekadar berarti tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar. Maknanya lebih dari itu. Rumah nyaman bisa menjadi tempat melupakan stres dan menghabiskan family time berharga bersama orang-orang tersayang.Sebenarnya rumah nyaman tidak harus luas dan dipenuhi interior serba kekinian. Apa yang menjadi indikator nyaman bagi satu individu pun bisa berbeda pada yang lainnya. Jadi, temukan makna kenyamanan masing-masing.

Cara menjadikan rumah nyaman

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat rumah menjadi tempat yang semakin nyaman. Apa saja?

1. Singkirkan barang tak perlu

menumpuk barang
Barang yang bertumpuk dapat membuat mood buruk
Aktivitas ini mungkin terasa klasik, namun manfaatnya luar biasa. Menyingkirkan barang yang tidak perlu berfungsi seperti menutup keran kebocoran energi di rumah. Sebab, tanpa didasari banyak barang yang tak perlu ini justru meminta pertanggungjawaban dari pemilik rumah.Melihat tumpukan barang elektronik rusak, dokumen tak keruan sejak bertahun-tahun lalu, hingga barang-barang kecil yang tidak pernah disentuh ini bisa menciptakan energi negatif dan mood berantakan.Oleh sebab itu, mulailah menyortir barang apa saja yang masih perlu ada di rumah dan tidak. Jika sudah bisa hidup tanpa barang-barang itu selama beberapa bulan bahkan tahunan, artinya tak ada alasan untuk menahannya.

2. Menata rumah

Tahap selanjutnya setelah barang-barang tak perlu sudah tersingkir adalah menata rumah sesuai areanya. Dedikasikan tempat tertentu untuk barang-barang, sesuai dengan fungsi mereka. Dengan cara ini, akan terlihat mana saja barang yang penting dan tidak.Lebih jauh lagi, proses membersihkan rumah juga akan jauh lebih cepat. Ini dapat mewujudkan rumah nyaman, tempat penghuninya merasa rileks dan mendapat suntikan energi ketika melihat sekitar begitu tertata.

3. Sudut melepas penat

Setelah seharian menghadapi penat dan stres, jadikan rumah sebagai tempat untuk melupakannya sejenak. Buat sudut khusus tempat Anda bisa merasa tenang. Ini bisa menjadi pengingat secara fisik bahwa Anda perlu meredakan stres dan bersantai sejenak setelah seharian begitu sibuk.Dengan adanya sudut ini, melepaskan stres menjadi kebiasaan tersendiri. Bentuknya tak harus berupa tempat hening untuk meditasi, tapi sudut yang sesuai dengan karakter Anda.

4. Aromaterapi

aromaterapi
Menggunakan aromaterapi dapat membuat rumah lebih nyaman
Menyalakan aromaterapi dengan wangi favorit bisa mengubah mood secara signifikan. Terbukti menurut penelitian, memang ada manfaat meredakan stres dari menghirup aromaterapi. Bayangkan masuk ke rumah atau ruangan tertentu dengan aroma menenangkan, ini tentu akan membuat mood jadi lebih baik.

5. Menyalakan musik

Ingin membuat rumah nyaman bagi penghuninya? Musik bisa membantu. Mendengarkan musik dapat memberikan energi atau membuat rileks, bergantung pada jenis musik yang tengah didengarkan. Manfaatnya cukup signifikan.Tak hanya itu, metode ini pun bisa meredakan stres tanpa harus berupaya terlalu keras. Cukup nyalakan musik sesuai selera dan hari Anda akan jadi jauh lebih baik.

6. Pertimbangkan feng shui

Sah-sah saja bagi orang yang ingin memasukkan pertimbangan feng shui sebagai elemen dekorasi rumah. Siapa tahu, perubahan sesuai dengan feng shui dapat memberikan manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang. Ini adalah bagian dari dekorasi rumah nyaman, namun bukan hal yang wajib.

7. Membersihkan rumah

Rasanya ini menjadi salah satu cara wajib untuk membuat rumah nyaman. Terlepas dari seberapa mewah dan bagusnya interior di dalamnya, rumah kotor hanya akan menjadi sumber kepusingan tersendiri. Jadi, pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih.Tak perlu melakukan bersih-bersih skala besar setiap hari. Tentukan jadwal bersih-bersih yang harian seperti menyapu atau pel. Kemudian, pisahkan juga dengan jadwal mingguan, 2 mingguan, dan juga bulanan.

Manfaat rumah nyaman

Terkadang, sulit mengalokasikan waktu untuk berbenah rumah berantakan agar menjadi nyaman bagi penghuninya. Belum lagi apabila sehari-hari begitu sibuk beraktivitas di luar rumah. Kadang, membereskan rumah jadi misi yang mustahil.Oleh sebab itu, coba lakukan beberapa cara di atas secara perlahan. One step at a time. Contohnya, alokasikan waktu 10 menit setiap harinya untuk membereskan sudut rumah tertentu. Begitu seterusnya.Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda akan menjadi lebih fokus, tidak mudah stres, bisa rileks di rumah, serta yang paling penting menjaga level energi.Adanya terlalu banyak barang di rumah bukan cuma bisa membuat seseorang mengalami gangguan hoarding, namun juga menciptakan energi negatif. Saat terjebak dalam energi negatif, ini bisa berpengaruh terhadap karakter dan perilaku, bahkan hubungan dengan orang lain.

Catatan dari SehatQ

Tak kalah penting adalah komitmen. Ketika sudah rapi, secara alami tentu rumah akan jadi berantakan lagi karena aktivitas penghuni di dalamnya. Jadi, sepakati bahwa semua barang harus diletakkan di tempatnya. Ini juga termasuk memastikan rumah dalam kondisi bersih.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengapa rumah berkaitan erat dengan kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/elements-of-a-peaceful-home-3144735
Diakses pada 29 April 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/aromatherapy-scents-for-stress-relief-3144599
Diakses pada 29 April 2021
Style at Home. https://www.styleathome.com/how-to/tips-and-tricks/article/9-easy-ways-to-make-your-house-feel-homey
Diakses pada 29 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait