Berbagai Cara Menebalkan Rambut yang Ampuh Tanpa Harus Ke Salon


Cara menebalkan rambut mudah dilakukan di rumah. Cara alami melebatkan rambut bisa dengan memenuhi asupan nutrisi serta rutin melakukan perawatan rambut. Anda juga dapat menggunakan bahan alami, seperti telur, alpukat, atau minyak zaitun sebagai cara membuat rambut tebal.

0,0
06 Oct 2021|Azelia Trifiana
Cara menebalkan rambut mudah dilakukan di rumahCara menebalkan rambut dengan menjaga kesehatan rambut dan memenuhi asupan nutrisi tubuh
Memiliki rambut tebal dan panjang merupakan dambaan bagi sebagian orang. Sayangnya, beberapa orang mungkin mengalami masalah rambut rontok, hingga penipisan rambut. Alhasil, sejumlah cara menebalkan rambut pun dilakukan. Ada beberapa faktor yang dapat menghambat pertumbuhan rambut, di antaranya penuaan, faktor genetik, kekurangan nutrisi, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, hingga reaksi alergi. Kondisi medis tertentu juga bisa membuat rambut seseorang menjadi lebih tipis atau mengalami kerontokan parah. Tak hanya itu, perubahan hormon pada ibu hamil dan menyusui dapat membuat rambut menipis.

Cara menebalkan rambut yang mudah dilakukan

Cara membuat rambut tebal dan panjang sebenarnya tidak perlu merogoh kocek yang besar. Anda bisa menebalkan rambut secara alami dengan menjaga asupan nutrisi dan melakukan perawatan rambut di rumah.Berikut adalah berbagai cara menebalkan rambut yang mudah dilakukan selengkapnya. 

1. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Salah satu cara menebalkan rambut secara alami yang paling mudah adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Pasalnya, mengonsumsi pola makan sehat dan bergizi serta kaya akan vitamin baik untuk menumbuhkan rambut Anda yang menipis. Sebenarnya, mengonsumsi vitamin, mineral, serta nutrisi yang cukup tidak akan serta-merta memengaruhi rambut cepat panjang dan tebal.Akan tetapi, tubuh membutuhkan energi untuk memproduksi sel rambut dan menumbuhkan rambut. Kekurangan nutrisi akan membuat rambut tumbuh lebih lambat.
Cara menebalkan rambut dengan asupan nutrisi
Salmon kaya akan protein dan asam lemak
Maka dari itu, cara merawat rambut perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat. Nah, yang paling baik untuk mendapat asupan vitamin dan mineral secara alami berasal dari makanan sehari-hari. Misalnya:
  • Salmon dan jenis ikan lainnya yang kaya protein dan asam lemak. 
  • Telur karena mengandung protein, asam lemak omega-3, biotin, dan zat besi.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang walnut, almond, dan lainnya menjadi sumber asam lemak. 
  • Greek yogurt merupakan sumber protein.
  • Buah dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral. 
Jika Anda merasa bingung, tak ada salahnya mendiskusikan masalah ini dengan ahli gizi serta dokter spesialis kulit untuk mengatur pola makan sebagai cara melebatkan rambut.

2. Keramas dengan tepat

Cara menebalkan rambut secara alami juga perlu didukung dengan keramas yang benar. Aturan mencuci rambut adalah tidak keramas lebih dari sekali dalam sehari serta menghindari penggunaan air yang terlalu dingin atau panas.Saat mengeringkan rambut setelah keramas, sebaiknya gunakan handuk untuk mengeringkannya secara perlahan. Namun ingat, jangan menggosok rambut terlalu kencang. 
Cara menebalkan rambut dengan keramas
Anda juga dapat menggunakan sisir bergigi lebar untuk mengatasi helaian rambut yang kusut. Akan tetapi, cara menyisir rambut sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan basah, melainkan tunggu rambut sampai setengah kering. Bila memungkinkan, pakai sisir bergigi lebar untuk melepaskan helaian yang kusut. Namun, Anda tidak dianjurkan menyisir rambut dalam keadaan basah, sehingga mungkin dapat menunggu hingga rambut setengah kering.Daripada menggunakan alat pengering rambut, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami. 

3. Potong ujung rambut secara rutin

Anda juga disarankan untuk rutin memotong ujung rambut sebagai cara menebalkan rambut dengan cepat. Cara agar rambut tebal  ini dilakukan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari masalah kerusakan, seperti rambut bercabang dan mudah patah. Anda dapat memotong bagian ujung rambut (trim) secara rutin. 

4. Batasi penggunaan alat penata rambut

Jika Anda tiap hari memakai alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan rambut, atau pengeriting rambut, sebaiknya batasi kebiasaan ini mulai sekarang. Pasalnya, alat tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan rambut sehingga membuatnya lebih mudah patah, bahkan rontok. Bila terpaksa harus menggunakannya, pastikan Anda menggunakan produk pelindung rambut terlebih dulu serta gunakan alat penata rambut dalam mode panas paling rendah.Selain itu, produk rambut berbahan kimia, seperti pewarna rambut, juga dapat merusak rambut. Bahan kimia yang terdapat di pewarna rambut dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah sehingga akan lebih sulit untuk tumbuh lebat.

5. Gunakan sampo dan conditioner yang tepat

Penggunaan shampo dan conditioner yang tepat tentu menjadi cara melebatkan rambut secara alami yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Kandungan nutrisi dalam sampo dan kondisioner dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah rontok.Selain efektif, cara merawat rambut ini terbilang lebih mudah dan hemat waktu dibandingkan dengan cara lainnya. 
Pantene perawatan rambut rontok
Presented by Pantene
Salah satu produk shampo dan conditioner yang bisa mengatasi masalah rambut adalah Pantene Perawatan Rambut Rontok BaruKedua produk ini mengandung rice oil essence yang diperkaya provitamin untuk menutrisi dan membungkus helai rambut. Dengan demikian, rambut tidak hanya lebih kuat, melainkan juga lebih tebal dan halus. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara alami melebatkan rambut

Selain menjaga kesehatan rambut dan memenuhi nutrisi tubuh, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk melebatkan rambut. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara alami menebalkan rambut ini mungkin belum tentu cocok untuk setiap orang. Maka dari itu, Anda perlu menggunakannya secara berhati-hati agar terhindar dari risiko alergi. Adapun berbagai cara alami melebatkan rambut yang bisa Anda coba untuk mendapatkan rambut tebal adalah sebagai berikut. 

1. Telur

Cara menebalkan rambut dengan telur
Telur merupakan sumber protein yang baik untuk membuat rambut tebal
Selain mengonsumsi telur sebagai menu harian, Anda bisa memanfaatkan telur sebagai cara alami melebatkan rambut. Telur adalah sumber protein yang dibutuhkan untuk membuat rambut lebih tebal dan kuat. Jika digunakan dengan benar, cara membuat rambut tebal dengan telur dapat membantu menebalkan dan memperkuat rambut Anda. 

Cara menggunakan: 

  • Kocok 1-2 butir telur sampai merata.
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut yang basah.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dengan sampo dan air hangat.
Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam campuran telur. Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun atau minyak kelapa disebut dapat memaksimalkan pertumbuhan rambut lebih lebat sekaligus memperkuat helaiannya. Lakukan cara melebatkan rambut ini 2 kali sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Minyak zaitun

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun juga bisa Anda coba di rumah. Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari kandungan asam lemak omega-3. Tidak hanya menjadi cara membuat rambut tebal dan panjang, cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun dapat membantu melembutkan rambut dan menenangkan kulit kepala yang kering

Cara menggunakan: 

  • Panaskan minyak hingga mencapai suhu tubuh. 
  • Oleskan pijat minyak hangat pada kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Diamkan selama 30-45 menit, atau selama semalaman.
  • Bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo.
Anda dapat menambahkan madu ke dalam minyak zaitun yang telah dihangatkan untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

3. Lidah buaya

cara menebalkan rambut dengan lidah buaya
Oleskan lidah buaya langsung dari tanamannya
Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai perawatan alami. Pasalnya, manfaat lidah buaya untuk rambut dan membuat helaiannya kuat dan rambut tumbuh lebat. 

Cara menggunakan: 

Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya langsung dari tanamannya, atau gunakan produk gel Aloe vera di pasaran, ke kulit kepala dan helaian rambut. Tak ada salahnya menambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun dengan gel lidah buaya. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Bilas rambut sampai bersih dengan sampo. Cara melebatkan rambut secara alami ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, aplikasikan gel lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Anda bisa menambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, bilas hingga bersih. Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

4. Alpukat

Tahukah Anda penggunaan manfaat alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai cara melebatkan rambut secara alami? Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Tak heran bila banyak orang percaya alpukat dapat menjadi pelembap rambut alami. 

Cara menggunakan: 

  • Campurkan 1 buah alpukat dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk merata.
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Diamkan masker rambut alami ini selama 30 menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dengan sampo.

5. Minyak jarak

Kandungan vitamin E dan asam lemak yang tinggi dalam minyak jarak juga bisa menjadi alternatif cara membuat rambut tebal dan panjang. Terlebih, vitamin E juga mampu menjaga kesehatan rambut.Cara menggunakannya pun mudah, cukup oleskan minyak jarak pada kulit kepala dan rambut secukupnya. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut dengan sampo dan air hangat.

6. Bawang merah

Bawang merah disebut-sebut sebagai cara mempertebal rambut yang bisa dilakukan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi terhadap 38 partisipan penderita alopecia areata, yakni gangguan kekebalan tubuh yang menyebabkan rambut rontok.Mereka diminta mengoleskan ekstrak bawang merah pada kulit kepala sebanyak 2 kali sehari. Setelah 2 minggu berturut-turut, diketahui bawang merah untuk rambut mengandung sulfur yang dapat menutrisi folikel rambut. Jika tertarik menggunakannya, Anda bisa menghaluskan 3-4 bawang merah yang dihaluskan. Kemudian, mengoleskannya ke area kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial untuk rambut, seperti peppermint atau lavender untuk menyamarkan bau bawang merah yang cukup menyengat.[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai cara melebatkan rambut yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika cara alami menebalkan rambut di atas tak kunjung membuahkan hasil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi penanganan sesuai dengan kondisi rambut yang Anda alami. Tergantung penyebabnya, dokter mungkin akan meresepkan suplemen kesehatan tertentu. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar cara membuat rambut tebal dan panjang, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
rambut rontokkesehatan kulit kepalakesehatan rambutkulit dan kecantikan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319862.php#takeaway
Diakses 28 Januari 2020
Greatist. https://greatist.com/live/how-to-get-thicker-hair-naturally#8
Diakses 28 Januari 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/is-there-any-way-to-make-your-hair-grow-faster/
Diakses pada 6 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster
Diakses pada 6 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/tricks-healthier-fuller-hair
Diakses pada 6 Oktober 2021
Dr. Axe. https://draxe.com/health/hair-and-scalp/how-to-thicken-hair/
Diakses pada 6 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait