Cegah penipisan rambut dengan mencoba bahan alami sebagai cara membuat rambut tebal
Anda tak mungkin mengubah folikel rambut, tetapi Anda bisa mencoba cara membuat rambut tebal dengan bahan alami

Tiap orang baik perempuan maupun laki-laki bisa mengalami penipisan rambut. Ada banyak pemicunya bergantung pada kondisi setiap orang. Meski demikian, ada banyak cara membuat rambut tebal yang alami dan layak dicoba.

Memang mustahil mengubah tekstur folikel rambut seseorang. Meski demikian, dengan perawatan atau bahkan penataan rambut tertentu seseorang bisa terlihat memiliki rambut lebih tebal.

Cara membuat rambut tebal

Bagi yang memiliki keluhan rambut terlihat tipis, coba beberapa cara membuat rambut tebal secara alami berikut ini:

cara membuat rambut tebal adalah dengan membuat masker telur
Kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat membuat rambut lebih tebal

1. Telur

Kandungan protein yang tinggi dalam telur sangat penting untuk membuat rambut lebih tebal dan kuat. Bahkan jika dilakukan secara berkala, cara membuat rambut tebal dengan telur ini dapat memperkuat rambut.

Cara membuat:

  • Kocok 1-2 butir telur
  • Aplikasikan ke kulit kepala dan rambut yang masih lembap
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas rambut dengan sampo lembut dan air hangat

Selain cara ini, Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air. Cara ini bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu untuk membantu memperkuat rambut.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga kaya akan asam omega 3 dan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan, termasuk kondisi rambut. Tak hanya menjadi cara membuat rambut tebal, minyak zaitun juga membantu melembutkan rambut dan menenangkan kulit kepala yang kering.

Cara membuat:

  • Panaskan minyak
  • Setelah didiamkan hingga hangat, pijatkan ke kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama 30-45 menit
  • Bilas dengan sampo lembut

Beberapa orang juga menambahkan madu atau bahkan mendiamkan masker minyak zaitun semalaman untuk mendapat hasil maksimal.

3. Jeruk

Siapa sangka ekstrak jeruk juga bisa jadi cara membuat rambut tebal. Kandungan vitamin C, pectin, dan juga asam dalam jeruk bisa menghilangkan residu dari produk perawatan rambut sehingga tidak mengganggu pertumbuhan rambut baru.

Tak hanya itu, banyak orang menyukai cara membuat rambut tebal ini karena aroma jeruk yang menyenangkan. Untuk mengaplikasikannya, pijat ekstrak jeruk ke kulit kepala dan juga rambut. Diamkan selama 60 menit sebelum membilasnya.

Setelah proses ini, Anda juga bisa menggunakan kondisioner lembut untuk membuat rambut terhidrasi dengan baik.

Mengoleskan lidah buaya dapat menjadi cara membuat rambut tebal
Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala selama 30 menit agar rambut tumbuh tebal dan kuat

4. Lidah buaya

Lidah buaya selalu masuk dalam bahan perawatan rambut yang alami dan ampuh. Ternyata, mengaplikasikan gel lidah buaya atau ekstrak lidah buaya ke rambut dan kulit kepala dapat membuat rambut lebih kuat dan juga tebal.

Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, aplikasikan gel lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Anda bisa menambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, bilas hingga bersih. Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

5. Alpukat

Kandungan alpukat yang kaya akan vitamin E membuatnya cocok sebagai produk pelembap alami. Termasuk sebagai cara membuat rambut tebal.

Cara membuat:

  • Campurkan 1 buah alpukat dengan 1 sendok makan minyak zaitun
  • Aplikasikan ke rambut dan kulit kepala
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan sampo lembut

6. Minyak jarak (castor oil)

Kandungan vitamin E dan asam lemak baik dalam minyak jarak (castor oil) juga bisa menjadi alternatif cara membuat rambut tebal. Terlebih, vitamin E juga punya manfaat menjaga kesehatan rambut.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup pijat merata ke rambut dan kulit kepala. Kemudian, diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

Tentunya cara membuat rambut tebal dengan alami ini tidak akan langsung instan terlihat hasilnya. Tak kalah penting, konsumsi nutrisi yang baik seperti salmon, telur, kacang-kacangan, atau yogurt yang bisa membantu memperkuat rambut.

Selain itu, setiap orang juga bisa memiliki reaksi berbeda terhadap beberapa pilihan cara membuat rambut tebal di atas. Pastikan tidak ada reaksi alergi sebelum mencobanya secara berkala.

Jika masalah penipisan rambut semakin parah atau terjadi akibat kondisi medis tertentu, konsultasikan kepada ahlinya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319862.php#takeaway
Diakses 28 Januari 2020

Greatist. https://greatist.com/live/how-to-get-thicker-hair-naturally#8
Diakses 28 Januari 2020

Artikel Terkait