Cara Membuat Pasta Gigi Sendiri, Apakah Aman untuk Gigi?

(0)
26 Jul 2020|Azelia Trifiana
Cara membuat pasta gigi sendiriArang bisa menjadi bahan dasar pembuatan pasta gigi sendiri
Ada banyak jenis pasta gigi di pasaran, biasanya disesuaikan dengan jenis gigi setiap orang. Selain membeli pasta gigi yang dijual bebas, ada juga alternatif membuat sendiri. Namun, mengetahui cara membuat pasta gigi sendiri di rumah tidak cukup karena bisa jadi substansinya tidak sesuai kebutuhan.Contohnya kandungan flouride yang sangat penting untuk mencegah gigi berlubang belum tentu ada pada pasta gigi buatan rumahan. Beberapa penelitian pun menyebut meski pasta gigi rumahan kian populer, belum tentu benar-benar aman untuk gigi.

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya

Namun tak ada salahnya mengetahui cara membuat pasta gigi sendiri di rumah, asal tetap mempertimbangkan risikonya. Beberapa kelebihan membuat sendiri pasta gigi seperti:
  • Tahu betul kandungan dalam pasta gigi
  • Ramah lingkungan karena tak menggunakan plastik sekali pakai
  • Lebih hemat
  • Bisa bereksperimen dengan rasa atau tekstur
Meski demikian, perlu dipertimbangkan beberapa risiko yang mungkin terjadi ketika membuat sendiri pasta gigi. Contohnya adalah:
  • Ada komposisi yang bisa jadi berbahaya seperti cuka dan hydrogen peroxide
  • Tidak mengandung flouride
  • Harus menyiapkan alat ukur dan komposisi spesifik sesuai keinginan

Cara membuat pasta gigi sendiri di rumah

Bagi yang penasaran, berikut ini cara membuat pasta gigi sendiri di rumah:

1. Pasta gigi soda kue

Soda kue sudah lazim ditemukan sebagai salah satu komposisi dalam pasta gigi yang dijual di pasaran. Tak hanya aman, soda kue juga bisa membunuh kuman dan aman ketika dipadukan dengan flouride. Meski demikian, waspadai jika terlalu banyak soda kue yang digunakan, enamel gigi bisa terkikis.Cara membuatnya:
  • Campur satu sendok teh soda kue dengan sedikit air
  • Takaran air bergantung pada tekstur yang diinginkan
  • Tambahkan rasa dengan essential oil seperti peppermint
Perlu diingat bahwa masih perlu lebih banyak penelitian terkait aman tidaknya penggunaan essential oil pada pasta gigi buatan sendiri.

2. Pasta gigi daun sage

Ada penelitian yang menyebut bahwa penggunaan obat kumur dengan bahan daun sage bisa mengurangi risiko radang gusi setelah digunakan 6 hari berturut-turut.Cara membuatnya:
  • Siapkan 1 sendok teh garam, 2 sendok teh soda kue, 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, dan 2 sendok teh daun sage kering
  • Campurkan seluruh bahan
  • Tambahkan air hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan
Perhatikan bahwa menggunakan jeruk atau buah-buahan citrus secara langsung ke gigi bisa merusak lapisan terluar gigi karena kandungan asamnya. Jika tidak cocok, bisa menyebabkan gigi berlubang dan sensitif.

3. Pasta gigi arang

Popularitas arang atau charcoal dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat sebagai kandungan dalam produk kesehatan. Hingga kini, belum ada penelitian yang spesifik membahas tentang manfaat penggunaan arang dalam pasta gigi rumahan.Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan pasta gigi arang yang dibuat sendiri bisa bersifat abrasif terhadap gigi. Bahkan, bisa menyebabkan lapisan terluar gigi atau enamel terkikis.

Cara alami menjaga kesehatan gigi

Alternatif lain yang lebih aman selain membuat pasta gigi sendiri di rumah adalah menerapkan gaya hidup sehat, utamanya untuk kesehatan gigi dan mulut. Beberapa hal yang perlu dilakukan seperti:
  • Menghindari konsumsi cairan yang bisa mengubah warna gigi seperti kopi, teh, dan soda
  • Menghindari kebiasaan buruk merokok
  • Mengurangi asupan makanan dengan pemanis tambahan
  • Mengurangi asupan makanan yang terlalu asam
  • Makan seimbang dan lengkap termasuk konsumsi sayur, buah, dan protein
Menjalankan beberapa langkah di atas dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, tentu perlu diikuti dengan kontrol ke dokter gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali.Ini lebih aman ketimbang membuat sendiri pasta gigi di rumah yang kandungannya belum tentu sesuai dengan kebutuhan gigi. Beberapa resep pembuatan pasta gigi rumahan bisa jadi justru merusak lapisan enamel gigi.Ada banyak jenis pasta gigi di pasaran, biasanya disesuaikan dengan jenis gigi setiap orang. Selain membeli pasta gigi yang dijual bebas, ada juga alternatif membuat sendiri. Namun, mengetahui cara membuat pasta gigi sendiri di rumah tidak cukup karena bisa jadi substansinya tidak sesuai kebutuhan.Contohnya kandungan flouride yang sangat penting untuk mencegah gigi berlubang belum tentu ada pada pasta gigi buatan rumahan. Beberapa penelitian pun menyebut meski pasta gigi rumahan kian populer, belum tentu benar-benar aman untuk gigi.
kesehatan gigikesehatan muluthidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-toothpaste
Diakses pada 11 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4606594/
Diakses pada 11 Juli 2020
Iraqi Dental Journal. http://iraqidentaljournal.com/index.php/idj/article/view/111
Diakses pada 11 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait