Cara Membuat Masker Penghilang Flek Hitam dari Bahan Alami

(0)
Masker penghilang flek hitam dari bahan alami, salah satunya adalah lemonLemon dan madu merupakan salah satu jenis campuran masker penghilang flek hitam
Flek hitam di wajah menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh perempuan. Meski bukan kondisi kulit yang serius, keberadaan flek hitam di wajah nyatanya dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Salah satunya, Anda dapat mengandalkan masker penghilang flek hitam dari bahan alami yang ada di rumah.

Masker penghilang flek hitam di wajah dari bahan alami

Flek hitam di wajah dapat muncul sebagai akibat dari produksi melanin berlebih di kulit. Selain itu, ada beberapa kondisi yang juga dapat memicu keberadaan flek hitam di wajah, seperti bekas jerawat, paparan sinar matahari, perubahan hormon, konsumsi obat-obatan, peradangan, atau iritasi.Adanya flek hitam di wajah memang dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengandalkan masker penghilang flek hitam dari bahan alami yang ada di rumah.Namun, perlu diingat bahwa masker penghilang flek hitam dari bahan alami ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.Maka dari itu, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi sebelum menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Agar lebih efektif, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami atau tidak.Berikut adalah berbagai masker penghilang flek hitam dari bahan-bahan alami yang bisa Anda coba di rumah:

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu masker penghilang flek hitam dari bahan alami
Teh hijau mengandung antioksidan dan antiradang
Salah satu masker penghilang flek hitam dari bahan alami yang bisa Anda coba di rumah adalah teh hijau.Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan flek hitam di wajah.Selain itu, ekstrak teh hijau diyakini melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB) sehingga dapat mengurangi kemunculan flek hitam.Anda dapat memanfaatkan teh hijau untuk mengurangi flek hitam menggunakan kapas yang telah dibasahi cairan teh hijau. Lalu, letakkan kapas tersebut pada area wajah yang terdapat flek hitam selama 15 menit.Anda juga bisa membuat masker penghilang flek hitam dari campuran teh hijau serta buah pisang dan kiwi yang telah dihaluskan. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air sampai bersih.Agar lebih efektif, Anda dapat mengonsumsi teh hijau secara rutin dan rasakan manfaatnya pada kulit Anda.

2. Lemon

Salah satu masker penghilang flek hitam adalah lemon
Lemon dapat membantu mencerahkan flek hitam di wajah
Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan flek hitam di wajah.Untuk membuat masker penghilang flek hitam dari lemon, Anda hanya membutuhkan ½ buah lemon dan 1 sendok makan madu.Kemudian, ikuti cara membuat masker penghilang flek hitam dari lemon berikut ini:
  • Peras buah lemon, lalu tambahkan madu ke dalamnya. Aduk secara merata.
  • Oleskan campuran lemon dan madu tersebut ke seluruh wajah. Tetapi, hindari area mata dan mulut.
  • Diamkan selama 15-30 menit atau hingga masker mengering.
  • Bilas wajah menggunakan air suam-suam kuku, lalu ikuti dengan air dingin sesudahnya.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk bersih.
  • Oleskan pelembap ke wajah
  • Lakukan langkah ini sehari sekali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Bawang putih dan bawang bombay

Lemon menjadi buah untuk masker penghilang flek hitam
Bawang putih dicampur dengan bawang bombay dapat menghilangkan flek hitam di wajah
Bawang putih dan bawang bombay dapat menjadi masker penghilang flek hitam di wajah berikutnya.Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan bawang bombay dapat menghilangkan bekas jaringan parut di wajah. Jika kedua bahan alami ini dikombinasikan maka dipercaya bisa menghilangkan flek hitam di wajah Anda.Berikut cara membuat masker penghilang flek hitam dari bawang putih dan bawang bombay:
  • Haluskan 1 iris bawang bombay dan 1 siung bawang putih hingga menjadi pasta masker.
  • Oleskan masker bawang pada area wajah yang mengalami flek hitam.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air sampai bersih.

4. Lidah buaya

Masker penghilang flek hitam lainnya adalah lidah buaya
Anda bisa menggunakan gel aloe vera yang dijual di pasaran atau yang berasal dari tanaman
Lidah buaya juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Hal ini berkat kandungan aloesin, yakni zat yang dapat menghambat produksi melanin berlebih. Tak ayal bila lidah buaya menjadi masker penghilang flek hitam dari bahan alami yang bisa Anda coba.Anda dapat memperoleh manfaat lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan produk gel aloe vera yang kini telah banyak dijual di pasaran, atau mengoleskan tanaman lidah buaya segar langsung ke kulit kepala. Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada permukaan wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Pijat area wajah perlahan selama 2-3 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hingga bersih. Lakukan perawatan sederhana ini 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Kentang

Kentang menjadi masker penghilang wajah flek hitam
Kentang dapat mencerahkan kulit
Masker penghilang flek hitam dari bahan alami lainnya adalah kentang. Kentang memiliki zat alami yang membantu mencerahkan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam.Anda hanya membutuhkan ½ buah kentang, 1 sendok teh air lemon, dan ¼ sendok teh susu bubuk (opsional). Kemudian, lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Kupas dan haluskan kentang, lalu tambahkan air lemon dan susu bubuk. Aduk merata hingga menjadi pasta masker.
  • Oleskan masker penghilang flek hitam dari kentang pada permukaan wajah.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air sampai bersih.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk.

6. Pepaya

Manfaat pepaya untuk menghilangkan flek hitam
Masker pepaya bisa membuat wajah tampak lebih cerah
Salah satu jenis buah yang dapat dijadikan sebagai masker penghilang flek hitam adalah pepaya. Pepaya mengandung enzim yang bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit dan membuatnya tampak lebih cerah.Anda bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk menghilangkan flek hitam dengan cara berikut ini:
  • Haluskan ¼ buah pepaya yang sudah matang.
  • Campurkan halusan buah pepaya dengan 2 sendok makan teh hijau. Aduk merata hingga menjadi pasta masker.
  • Oleskan masker pepaya dan teh hijau pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 20-30 menit atau hingga masker mengering.
  • Bilas wajah sampai bersih menggunakan air dingin.
Untuk hasil yang lebih efektif, Anda dapat menggunakan masker penghilang flek hitam dari pepaya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7. Kunyit

Kunyit adalah masker penghilang flek hitam di rumah
Campurkan kunyit dengan madu untuk menghilangkan flek hitam di wajah
Kunyit merupakan bahan alami untuk masker penghilang flek hitam yang mudah Anda temukan di rumah. Kunyit mengandung antioksidan dan zat yang dapat mencerahkan kulit. Jika digunakan secara rutin, maka flek hitam di wajah Anda dapat memudar.Anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai cara menghilangkan flek hitam dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan ½ sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental.
  • Oleskan masker kunyit pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan masker selama 15-20 menit atau sampai masker mengering.
  • Bilas wajah menggunakan air dingin.

Cara menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami yang aman

Masker penghilang flek hitam dari bahan alami sejatinya belum tentu efektif untuk digunakan oleh semua jenis kulit wajah. Sebab, beberapa orang mungkin ada yang memiliki jenis atau kondisi kulit tertentu, seperti kulit terlalu sensitif atau mudah mengalami reaksi alergi.Maka dari itu, penting untuk mengecek terlebih dahulu apakah kulit Anda cocok menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami atau tidak.Untuk mengecek kulit Anda cocok atau tidak menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami, sebaiknya lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Oleskan sedikit masker penghilang flek hitam dari bahan alami di atas ke area kulit lengan bawah.
  • Tunggu reaksinya pada kulit Anda selama 24-48 jam.
  • Apabila kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka Anda tergolong aman untuk menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami dengan aman.
  • Ingat, jangan menggunakan masker alami pada area kulit wajah yang sedang mengalami iritasi atau terdapat luka terbuka.
  • Sebaliknya, jika muncul reaksi alergi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda disarankan untuk tidak melanjutkan penggunaan masker penghilang flek hitam dari bahan alami ini ke area wajah.

Catatan dari SehatQ

Pastikan untuk selalu berhati-hati sebelum menggunakan masker penghilang flek hitam dari bahan alami ke wajah Anda.Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan menggunakan masker wajah dari bahan alami, termasuk masker penghilang flek hitam.Dokter spesialis kulit dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker penghilang flek hitam atau tidak. Dengan begitu, manfaat masker penghilang flek hitam bisa Anda dapatkan secara aman dan optimal.
masker wajahperawatan wajah
Emedihealth. https://www.emedihealth.com/dark-spots-home-remedies.html
Diakses pada 15 Juni 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-homemade-face-packs-to-treat-dark-spots/
Diakses pada 15 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833#causes
Diakses pada 15 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait