7 Cara Membuat Masker Mencerahkan Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

(0)
Masker mencerahkan wajah dari bahan alami bisa digunakan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan berseriMencerahkan wajah bisa dilakukan dengan mengoleskan masker dari bahan alami
Siapa yang tidak menginginkan kulit wajah tampak cerah? Demi mendapatkan kulit wajah cerah, banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menjalani perawatan kulit lengkap. Tetapi, sebelum menempuh langkah yang sama, Anda juga bisa mengandalkan masker mencerahkan wajah dari bahan alami yang ada di rumah, lho. 

Sederet masker mencerahkan wajah dari bahan-bahan alami

Kulit wajah cerah tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Sebaliknya, wajah yang kusam dapat menimbulkan krisis kepercayaan diri hingga mengganggu penampilan. Nah, ada berbagai cara untuk mencerahkan wajah, salah satunya dengan penggunaan masker mencerahkan wajah dari bahan-bahan alami. Kendati demikian, perlu diingat bahwa masker mencerahkan wajah dari bahan alami ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi sebelum mencoba bahan-bahan alami di bawah ini. Jika perlu, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Berikut adalah berbagai masker mencerahkan wajah dari bahan-bahan alami yang bisa Anda coba di rumah:

1. Madu

Masker mencerahkan wajah paling ampuh adalah madu
Pilihlah jenis madu manuka untuk mencerahkan wajah
Salah satu masker mencerahkan wajah yang ampuh dari bahan alami adalah madu. Madu mengandung bahan aktif yang dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit sehingga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Untuk mendapatkan manfaat wajah cerah, Anda dapat menggunakan jenis madu manuka atau madu mentah yang tidak dipasteurisasi. Kemudian, campurkan madu tersebut dengan beberapa tetes air untuk diencerkan agar teksturnya tidak lengket di wajah dan lebih mudah untuk dibersihkan. Jika sudah, oleskan madu, yang telah diencerkan dengan air sebelumnya, ke permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Namun, perlu diketahui bahwa belum banyak hasil studi yang menjelaskan efektivitas penggunaan madu terhadap kulit wajah yang cerah. 

2. Kunyit

Masker mencerahkan wajah berikutnya adalah kunyit
Zat kurkumin dalam kunyit berfungsi untuk mencerahkan wajah
Kunyit adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker mencerahkan wajah. Hal ini tak terlepas dari zat kurkumin yang terkandung pada kunyit. Kurkumin dapat menghambat produksi hormon melanin sehingga membuat warna kulit lebih merata. Selain itu, kandungan kurkumin dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah karena memiliki sifat antioksidan dan antiseptik. Cara membuat masker mencerahkan wajah dari kunyit adalah sebagai berikut:
  • Campurkan bubuk kunyit atau parutan kunyit secukupnya dengan beberapa sendok teh yogurt tanpa rasa. 
  • Aduk merata sampai menjadi masker pasta yang kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah secara merata. 
  • Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih. 

3. Lemon

Lemon adalah salah satu masker mencerahkan wajah dari bahan alami
Lemon memiliki sifat asam yang berperan mencerahkan kulit secara alami
Lemon juga menjadi pilihan masker mencerahkan wajah dari bahan alami. Lemon memiliki sifat asam yang bekerja sebagai zat pencerah alami untuk kulit, serta kadar vitamin C yang tinggi untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Tak hanya itu, lemon merupakan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.  Anda dapat mencerahkan wajah menggunakan lemon dengan cara mengencerkan air lemon dan beberapa sendok makan air. Kemudian, oleskan pada permukaan wajah secara perlahan. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. 

4. Timun

Masker mencerahkan wajah dari bahan alami lainnya adalah timun
Tempatkan irisan timun pada wajah
Jika Anda ingin memiliki wajah yang cerah dan tampak kenyal, masker mencerahkan wajah yang terbuat dari timun mungkin bisa menjadi pilihannya. Pasalnya, timun mampu mengikat kolagen sehingga memastikan kulit Anda tampak kencang dan kenyal. Timun merupakan sumber antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C, yang dapat menghidrasi kulit serta mengurangi iritasi dan peradangan kulit. Timun juga mampu menenangkan kulit sehingga cocok digunakan oleh seluruh tipe kulit wajah. Anda dapat mengoleskan parutan timun pada permukaan wajah secara merata, atau menempatkan beberapa irisan timun ke wajah. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Lidah buaya

Lidah buaya menjadi pilihan masker mencerahkan wajah dari bahan alami
Lidah buaya mengandung efek yang menenangkann di kulit
Masker mencerahkan wajah dari bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya merupakan pencerah wajah alami yang dapat memberi efek menenangkan dan menghilangkan peradangan di kulit. Selain itu, lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta membantu mengobati masalah hiperpigmentasi kulit. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi akibat melanocytic jinak. Akan tetapi, ini dapat dilakukan sesuai dengan cara dan dosis yang direkomendasikan oleh dokter. Anda bisa memperoleh manfaat lidah buaya untuk mencerahkan wajah ini menggunakan produk gel aloe vera yang kini telah banyak dijual di pasaran, atau mengoleskan tanaman lidah buaya segar langsung ke permukaan wajah. Kemudian, Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air. 

6. Pepaya

Manfaat pepaya bisa dijadikan sebagai masker mencerahkan wajah
Pepaya mengandung vitamin A dan C untuk membuat wajah cerah
Buah yang dapat dijadikan sebagai masker mencerahkan wajah lainnya adalah pepaya. Pepaya mengandung vitamin A dan C yang mampu membuat wajah lebih cerah. Anda bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk mencerahkan wajah dengan cara sebagai berikut:
  • Haluskan ¼ buah pepaya dan 1 buah pisang
  • Tambahkan madu ke dalam halusan buah pepaya dan pisang
  • Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental
  • Oleskan pada permukaan wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat sampai bersih 
  • Keringkan wajah Anda menggunakan handuk

7. Oatmeal

Oatmeal dapat mencerahkan wajah dengan cara mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Dengan ini, kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan tampak halus. Anda dapat membuat oatmeal sebagai masker mencerahkan wajah dari bahan alami dengan cara berikut ini:
  • Campurkan oatmeal secukupnya dengan air hangat. 
  • Aduk merata sampai teksturnya menyerupai krim pasta. 
  • Jika sudah agak dingin, oleskan masker oatmeal pada permukaan wajah. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. 

Cara menggunakan masker mencerahkan wajah dari bahan alami dengan aman

Penting diketahui bahwa masker mencerahkan wajah dari bahan alami belum tentu efektif untuk diterapkan oleh semua jenis kulit wajah. Pasalnya, bagi orang-orang dengan kulit wajah normal atau tidak memiliki masalah wajah yang berarti, sah-sah saja untuk menggunakan masker mencerahkan wajah alami ini. Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Termasuk bagi orang-orang yang memiliki reaksi alergi. Jadi, untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker mencerahkan wajah dari bahan alami, sebaiknya lakukan langkah-langkah sebagai berikut. 
  • Oleskan sedikit masker mencerahkan wajah dari bahan alami di atas ke area kulit lengan bawah.
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka Anda dapat menggunakan masker mencerahkan wajah ini dengan aman. 
  • Namun, apabila muncul reaksi alergi, Anda disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai masker mencerahkan wajah. 

Catatan dari SehatQ

Ingatlah, untuk selalu berhati-hati sebelum menggunakan masker mencerahkan wajah atau produk apa pun ke wajah Anda. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan masker wajah alami, termasuk masker mencerahkan wajah. Dokter spesialis kulit dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker mencerahkan wajah dari bahan alami atau tidak. Dengan ini, manfaat masker mencerahkan wajah dari bahan alami bisa Anda dapatkan secara efektif, optimal, dan aman.
pencerah kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face
Diakses pada 3 Juni 2020
eMedihealth. https://www.emedihealth.com/skin-lightening.html
Diakses pada 3 Juni 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22495441/
Diakses pada 3 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait