Mudah, Ini Cara Membuat Masker Arang Aktif di Rumah


Sebenarnya, arang aktif adalah bubuk berwarna hitam tanpa aroma, terbuat dari arang yang telah dipanaskan. Selain membeli produk di pasaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

0,0
13 Oct 2021|Azelia Trifiana
Arang aktifArang aktif
Pernah tahu produk skincare berupa masker arang aktif? Sebenarnya, arang aktif adalah bubuk berwarna hitam tanpa aroma, terbuat dari arang yang telah dipanaskan. Selain membeli produk di pasaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.Menariknya, arang aktif ini sifatnya sangat mudah meresap. Inilah yang membuatnya diklaim dapat menyerap zat beracun dari kulit. Meski belum ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung hal ini, tak mengurangi popularitasnya.

Cara membuat masker arang aktif

Terkadang, bisa saja produk masker arang aktif yang ada di pasaran mengandung bahan seperti pengawet. Ini bisa jadi menimbulkan reaksi pada kulit, terutama bagi mereka yang sensitif.Alternatifnya, Anda bisa saja melakukan DIY membuat masker arang aktif. Bahan-bahannya sederhana, seperti:
  • 2 sendok teh air
  • 1 sendok teh tanah liat bentonite
  • 1 sendok teh bubuk arang aktif
  • ½ sendok teh madu
  • 1 tetes minyak esensial (optional)
Sebelum memulai, perlu diingat bahwa membuat masker arang aktif bisa jadi cukup berantakan. Sebab, bubuk arangnya cukup mudah tertiup. Jadi, sebaiknya buat masker ini di area yang tertutup atau jauh dari jendela.Setelah siap, berikut ini tahapan untuk membuatnya:
  1. Campurkan air dan minyak esensial dalam sebuah mangkuk
  2. Tambahkan tanah liat bentonite
  3. Tunggu selama beberapa menit hingga meresap
  4. Tambahkan bubuk arang aktif dan madu ke mangkuk
  5. Aduk rata semua bahan hingga teksturnya seperti pasta
Selain resep di atas, Anda juga bisa menambahkan cuka apel sebagai pengganti madu. Hanya saja, tahapan memberikan air dilakukan di akhir hingga diperoleh konsistensi yang diperlukan.Alternatif lain dari cara membuat masker arang aktif adalah menggunakan gelatin. Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok makan gelatin dan tanah liat bentonite ke dalam mangkuk.Kemudian, tuangkan air mendidih. Campurkan seluruh bahan hingga berbentuk pasta.

Cara menggunakan masker arang aktif

Setelah berhasil dalam misi DIY membuat masker arang aktif, sekarang saatnya mengaplikasikannya ke kulit. Untuk hasil terbaik, cuci muka terlebih dahulu sehingga tidak ada sisa kotoran, makeup, atau minyak.Jika tidak, bukannya efektif, justru masker akan menjebak kotoran dan residu lainnya di kulit. Khasiat masker pun tidak akan efektif karena tidak bisa masuk ke kulit.Wajah sudah bersih, lalu mulailah mengaplikasikan masker arang aktif ke seluruh wajah dengan jari. Selain dengan jari, Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan sikat berukuran kecil. Lalu, pijat perlahan.Jika sudah, Anda bisa membilasnya dengan air hangat. Lalu, keringkan dengan handuk dengan cara menekannya perlahan.

Tips keamanan menggunakan masker arang aktif

Untuk amannya, pastikan masker tidak mengenai area mata dan mulut. Sebab, arang aktif bisa menggesek kulit tipis di kelopak atau bawah mata.Sementara terkait durasi, idealnya hanya perlu satu sampai dua kali setiap pekannya. Jika terlalu sering, kulit bisa menjadi terlalu kering.Perhatikan pula kemungkinan munculnya gejala alergi. Contohnya seperti sensasi terbakar, gatal, kulit kemerahan, atau bengkak setelah mengaplikasikan masker arang aktif ke kulit.Jika ini terjadi, segera hentikan penggunaan masker. Bisa jadi, ada elemen dalam komposisi masker arang aktif yang tidak tepat untuk kulit Anda.

Catatan dari SehatQ

Memang hingga kini belum banyak bukti ilmiah yang membuktikan seputar manfaat arang aktif terhadap kulit. Meski demikian, banyak yang mengklaim arang aktif dapat mengendalikan jerawat, mengurangi minyak, dan mengangkat kotoran.Terlepas dari efektif tidaknya, Anda bisa saja mencoba membuat sendiri masker arang aktif di rumah. Bahan-bahannya sederhana. Sebaiknya, lakukan di tempat yang tidak dekat jendela karena bubuk arang aktif mudah terbawa angin.Namun, ingat bahwa jika ada reaksi alergi setelah mengaplikasikan arang aktif ke kulit, segera hentikan penggunaannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masker arang aktif dan kegunaannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/diy-charcoal-mask
Diakses pada 29 September 2021
Greatist. https://greatist.com/health/activated-charcoal-skin-benefits
Diakses pada 29 September 2021
Space Coast Education Center. https://spacecoast.edu/blog/is-charcoal-good-for-acne-prone-skin.html
Diakses pada 29 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait