9 Manfaat Masker Alpukat dan Cara Membuat Maskernya


Masker alpukat bisa menjadi salah satu perawatan wajah alami yang bisa Anda coba di rumah. Manfaat masker alpukat yang berasal dari kandungan nutrisi dan zat esensial dipercaya baik untuk mempercantik dan menyehatkan wajah. Cara membuat masker alpukat untuk wajah pun mudah dilakukan di rumah.

(0)
15 Feb 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masker alpukat memiliki manfaat yang beragam untuk kulitMasker alpukat untuk wajah bisa melembapkan kulit sampai mencegah penuaan
Masker alpukat bisa menjadi salah satu perawatan wajah alami yang bisa Anda coba di rumah. Manfaat masker alpukat yang berasal dari kandungan nutrisi dan zat esensial dipercaya baik untuk mempercantik dan menyehatkan wajah. Untuk memperoleh manfaat alpukat untuk wajah, Anda tak perlu mahal-mahal membeli masker wajah alpukat yang sudah jadi. Sebab, ada berbagai cara membuat masker alpukat yang bisa diracik dengan kombinasi beberapa bahan alami lainnya sesuai masalah dan tipe kulit Anda. 

Apa manfaat masker alpukat untuk wajah?

Alpukat tidak hanya mengandung lemak sehat, melainkan juga kaya akan sumber vitamin C dan E, yang berperan aktif dalam menyehatkan kulit wajah. Jika digunakan secara rutin, berikut manfaat masker alpukat untuk wajah yang bisa didapat.  

1. Melembapkan dan menutrisi kulit

Manfaat masker alpukat mampu melembapkan kulit
Kulit lebih lembap dan ternutrisi dengan baik berkat masker alpukat
Manfaat masker alpukat untuk wajah yang utama adalah melembapkan dan menutrisi kulit. Khasiat ini berasal dari berbagai kandungan antioksidan, seperti beta karoten, lecithin, asam linoleat, dan asam linoleat di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, bahkan pecah-pecah. Kandungan vitamin A dan E pada alpukat juga mampu mencegah kulit kering dengan meningkatkan kelembapannya. Studi yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research menyatakan bahwa kedua vitamin tersebut memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak. Selain itu, buah alpukat juga merupakan sumber biotin yang baik. Jenis vitamin B kompleks ini diketahui dapat mencegah kulit kering

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat masker alpukat juga dapat mencegah penuaan dini. Alpukat mengandung banyak vitamin C dan E yang dikenal mampu mencegah tanda penuaan kulit, seperti hiperpigmentasi dan kulit kusam, yang umum disebabkan oleh paparan radikal bebas. Vitamin A yang terkandung pada buah alpukat berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru dan produksi kolagen yang bertanggung jawab dalam menjaga kulit tetap kencang. Di samping itu, alpukat mengandung antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Bahkan, sebuah penelitian juga memperkuat hasil riset terdahulu yang membuktikan manfaat masker alpukat untuk mencegah penuaan dini berkat kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat diyakini dapat mendukung kepadatan serat kolagen. Jika kolagen menebal, maka kulit pun akan tampak lebih kencang.

3. Mencegah kerusakan kulit

Masker alpukat dapat mencegah kerusakan kulit
Masker wajah alpukat dapat melindungi kulit dari kerusakan
Manfaat masker alpukat juga berasal dari kandungan senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan peradangan. Lebih lanjut, studi berbeda yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal dan jurnal Nutrients membuktikan bahwa kandungan vitamin C dan E dalam alpukat dapat melindungi kulit dari stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dan faktor lingkungan. Stres oksidatif adalah suatu kondisi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh lebih banyak daripada pertahanan antioksidan. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai kerusakan sel dalam tubuh, termasuk kulit.

4. Membuat kulit lebih kenyal

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition melakukan penelitian terhadap lebih dari 700 wanita, untuk melihat hubungan antara kondisi kulit dengan asupan lemak dan sumber antioksidan. Para peneliti menemukan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti yang ditemukan dalam buah alpukat, mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Dengan kata lain, manfaat masker alpukat untuk wajah bisa membuat kulit lebih kenyal. Menarik, bukan?

5. Meringankan gejala penyakit kulit

Masker alpukat bisa meringankan gejala penyakit kulit
Gejala penyakit kulit bisa mereda berkat penggunaan masker alpukat
Manfaat masker alpukat ternyata juga mampu meringankan gejala penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.Kandungan alpukat berupa lemak dan berbagai vitamin (vitamin E), serta kalium dan lecithin, dapat mempercepat perbaikan kulit dan meringankan gejala penyakit kulit kronis. Bahkan, kandungan tersebut juga mampu memperbaiki kulit yang mengelupas dan meratakan warna kulit. 

6. Meredakan luka akibat terbakar sinar matahari

Manfaat masker alpukat untuk wajah dalam meredakan luka akibat terbakar sinar matahari (sunburn) diyakini berkat kandungan vitamin E, beta karoten, vitamin D, protein, lecithin, dan asam lemak yang dapat membantu penyembuhan luka di kulit. 

7. Mencerahkan kulit

Kulit lebih cerah berkat penggunaan masker alpukat
Manfaat masker alpukat dipercaya dapat mencerahkan kulit
Manfaat masker alpukat untuk wajah dapat membersihkan kulit sekaligus mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang terperangkap jauh di dalam pori-pori. Masker wajah alpukat dapat menembus jauh ke dalam kulit, menarik sel-sel kulit mati berkat kekuatan retinol, asam amino, dan glutamin yang dikandungnya. Dengan ini, kulit akan terasa lebih bersih dan sehat, bahkan dapat membantu menghilangkan jerawat.

8. Membantu proses penyembuhan luka

Sebuah studi menemukan bahwa asam lemak dan asam oleat yang terdapat pada alpukat, dapat membantu produksi sintesis kolagen (proses pembuatan jaringan ikat).Asam lemak di dalamnya juga dianggap mampu mengurangi peradangan dalam proses penyembuhan luka.Walau begitu, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan buah alpukat sebagai bahan alami dalam membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

9. Mengatasi jerawat

Jerawat bisa diatasi dengan penggunaan masker alpukat
Kandungan antiradang pada masker alpukat bisa menyembuhkan jerawat
Tahukah Anda kalau manfaat masker alpukat bisa mengatasi jerawat? Ya, alpukat mengandung asam laurat yang mempunyai sifat anti peradangan dan antimikroba sehingga mampu menyembuhkan jerawat yang muncul. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas masker alpukat untuk jerawat.

Bagaimana cara membuat masker alpukat untuk wajah?

Cara buat masker alpukat sebaiknya dari buah yang matang
Gunakan buah alpukat yang matang sebagai masker wajah alami
Setelah mengetahui berbagai manfaat alpukat untuk wajah di atas, Anda mungkin jadi tertarik untuk membuat maskernya di rumah. Cara buat masker alpukat untuk wajah sebenarnya mudah. Bahkan, Anda bisa mencampurkan daging buah alpukat dengan bahan alami lainnya sehingga memaksimalkan manfaat alpukat untuk wajah yang didapat. Namun, pastikan Anda menggunakan buah alpukat yang sudah matang karena lebih mudah untuk ditumbuk atau dihaluskan, serta bisa menempel sempurna pada wajah. Berikut adalah berbagai cara membuat masker alpukat untuk wajah sesuai dengan tipe dan masalah kulit yang ingin ditangani. 

1. Masker alpukat untuk kulit kering

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
  • 1 buah wortel yang sudah dikupas kulitnya
  • ½ buah alpukat
  • 1 sendok makan madu
  • ½ sendok makan minyak zaitun
  • 1 kuning telur
Cara membuat masker alpukat untuk kulit kering:
  • Kukus wortel sampai cukup lunak, haluskan
  • Tumbuk alpukat dan wortel bersamaan hingga bertekstur seperti pasta, aduk hingga rata.
  • Tambahkan madu, telur, dan minyak zaitun, aduk merata semuanya hingga tercampur dengan baik.
Cara menggunakan masker alpukat:
  • Oleskan masker dari alpukat pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan masker agar meresap ke dalam wajah Anda selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lalu dilanjutkan dengan bilas air dingin.

2. Masker alpukat untuk kulit berminyak

Masker alpukat untuk kulit berminyak bisa dicoba di rumah
Masker wajah alpukat untuk kulit berminyak 
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
  • 1 butir putih telur
  • ¼ buah alpukat matang.
Cara membuat masker alpukat untuk kulit berminyak:Tumbuk alpukat dan putih telur bersamaan dalam sebuah mangkuk, sampai halus dan tercampur dengan rata.Cara menggunakan masker alpukat:
  • Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar, naik ke atas.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat, lalu dilanjutkan dengan air dingin.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk bersih. 
Jenis masker wajah alpukat ini juga baik bagi Anda yang menginginkan kulit kencang. 

3. Masker alpukat untuk kulit kombinasi

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 buah alpukat.
Cara membuat masker alpukat untuk kulit kombinasi:
  • Tumbuk daging buah alpukat sampai halus dan terbentuk pasta.
  • Tambahkan minyak kelapa ke dalam pasta alpukat, aduk sampai tercampur dengan baik.
Cara menggunakan:
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Pijat kulit wajah agar kandungannya meresap maksimal dalam kulit. 
  • Diamkan masker selama 15 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

4. Masker alpukat untuk kulit berjerawat

Masker alpukat untuk kulit berjerawat dan kulit sensitif
Oleskan masker alpukat pada wajah yang sudah dibersihkan
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
  • 1 sendok makan madu (madu organik lebih baik)
  • ¼ buah alpukat.
Cara membuat masker alpukat untuk kulit berjerawat:
  • Tumbuk buah alpukat sampai menjadi pasta.
  • Tambahkan madu ke dalam pasta alpukat, aduk sampai tercampur dengan baik.
Cara menggunakan:
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.  Pijat kulit wajah agar kandungannya meresap maksimal dalam kulit. 
  • Diamkan masker dari alpukat ini selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat, lalu dilanjut dengan air dingin.
Bagi pemilik kulit berjerawat, Anda disarankan untuk menguapi wajah dengan cara mengarahkan wajah pada air pancuran hangat atau wadah berisi rebusan air panas. Hal ini dilakukan agar pori-pori wajah terbuka sehingga membantu masker meresap lebih dalam pada kulit.Masker alpukat untuk jerawat ini juga bisa diterapkan oleh Anda yang mempunyai kulit sensitif. 

5. Masker alpukat untuk kulit halus

Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
  • ¼ buah alpukat berukuran sedang
  • 1-2 sendok makan yogurt organik tanpa rasa
Cara buat masker alpukat:
  • Tumbuk buah alpukat sampai menjadi pasta.
  • Tambahkan yogurt ke dalam mangkuk berisi buah alpukat yang sudah dihaluskan. 
Cara menggunakan:
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Tunggu selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. 
  • Keringkan wajah dengan handuk. 
Lakukan langkah ini 2 kali seminggu untuk memperoleh manfaat alpukat untuk wajah secara maksimal. 

6. Masker alpukat untuk wajah cerah

Cara membuat masker alpukat bisa dicampur dengan bahan alami lainnya
Haluskan buah alpukat terlebih dahulu untuk membuatnya jadi masker wajah
Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
  • ½ buah alpukat berukuran sedang
  • 1 cm kunyit
Cara buat masker alpukat:
  • Tumbuk buah alpukat sampai menjadi pasta. Kemudian, dalam wadah terpisah, parut kunyit. 
  • Campurkan kedua bahan tersebut, aduk merata sampai menjadi masker wajah alami. 
Cara menggunakan:
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.
  • Tunggu selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. 
  • Keringkan wajah dengan handuk. 

7. Masker alpukat untuk wajah lebih lembap

Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
  • ¼ buah alpukat matang. 
  • ¼ buah pisang. 
Cara buat masker alpukat:Tumbuk buah alpukat dan pisang bersamaan dalam sebuah mangkuk, sampai teksturnya menjadi pasta. Cara menggunakan:
  • Oleskan pada permukaan wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Pijat-pijat kulit wajah agar kandungannya meresap dengan baik. 
  • Tunggu selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.. 
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih. 
Cara membuat masker dari alpukat ini bisa dilakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Jika masih ada masker dari alpukat yang masih tersisa, oleskan pada area leher dan dada sampai habis. Sebaiknya, jangan menyimpan sisa masker alpukat karena akan teroksidasi sehingga jadi berwarna gelap.

Apa efek samping menggunakan masker wajah alpukat?

Buat masker alpukat dari buah yang matang
Masker alpukat mungkin saja menimbulkan efek samping pada beberapa orang
Efek samping menggunakan masker wajah alpukat cenderung kecil apabila Anda melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelumnya. Pasalnya, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi saat pertama kali menggunakan masker wajah alpukat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes pada kulit dengan cara mengoleskan masker alpukat yang sudah dibuat pada area kulit siku bagian dalam dan atau pergelangan tangan.Jika Anda mengalami reaksi alergi, biasanya rasa gatal, kulit kemerahan, pembengkakan, sampai sensasi kulit terbakar akan muncul selama beberapa jam. Namun, bila tidak muncul reaksi negatif pada kulit, maka Anda aman menggunakan masker wajah alpukat. Perlu diingat bahwa penggunaan masker dari alpukat ini hanya membantu memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit di atas. Untuk perawatan wajah lebih lanjut, sebaiknya periksakan kondisi kulit Anda ke dokter kulit.[[artikel-terkait]]Setelah mengetahui cara membuat masker alpukat yang mudah dan praktis, ditambah lagi betapa banyak manfaat yang terkandung dalam masker alpukat, maka tunggu apa lagi? Yuk, coba buat masker alpukat dan dapatkan khasiatnya untuk kulit sehat agar kecantikan wajah semakin terpancar. Apabila masih merasa ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui boleh tidaknya menggunakan masker wajah alpukat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya seputar khasiat masker alpukat. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
manfaat alpukatmasker wajahperawatan wajah
The Derm Review. https://thedermreview.com/avocado-face-mask/
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/anti-aging-foods#7
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado
Diakses pada 13 Februari 2020
BELLEORGANIC. https://bellebarorganic.com/blogs/non-toxic-holistic-beauty-advice/super-easy-diy-avocado-face-masks-for-every-skin-type
Diakses pada 13 Februari 2020
TRULYBEAUTY. https://trulybeauty.com/blogs/clean-beauty/5-avocado-face-mask-recipes-for-every-skin-type
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/avocado-benefits-for-skin
Diakses pada 31 Maret 2021
British Journal of Nutrition. https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/association-of-dietary-fat-vegetables-and-antioxidant-micronutrients-with-skin-ageing-in-japanese-women/56684BEDBFE3C4A13F20629EB4BF2507
Diakses pada 31 Maret 2021
Indian Dermatology Online Journal. https://www.idoj.in/article.asp?issn=2229-5178;year=2013;volume=4;issue=2;spage=143;epage=146;aulast=Telang
Diakses pada 31 Maret 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/2/8/903
Diakses pada 31 Maret 2021
Archives of Dermatological Research. https://link.springer.com/article/10.1007/s00403-010-1088-6
Diakses pada 31 Maret 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/homemade-avocado-face-masks/#avocado-face-mask-benefits
Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait