Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Komedo


Mengusir komedo membandel bisa dilakukan dengan pore strip atau membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami seperti yogurt hingga madu.

(0)
29 Jan 2021|Azelia Trifiana
Jika pandemi membuat Anda tidak leluasa melakukan perawatan langsung ke klinik kecantikan, sebenarnya banyak alternatif cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dan menghilangkan komedo. Pada dasarnya bukan memutihkan, namun lebih mencerahkan karena sel-sel kulit mati terangkat.Untuk mengusir komedo membandel, bisa dengan menggunakan pore strip atau membuat masker sendiri. Bahan-bahannya aman, namun ingat untuk melakukan tes terlebih dahulu agar tahu apakah ada reaksi alergi.

Masker alami untuk mengusir komedo

Produk pore strip yang dijual di pasaran bekerja dengan cara ditempelkan di hidung, kemudian ditarik untuk mengangkat komedo. Sumbatan pori-pori akibat kotoran, minyak, dan juga sel kulit mati bisa terangkat.Meski demikian, produk ini tidak bisa membersihkan pori-pori secara menyeluruh.Selain itu, menggunakan pore strip cukup rutin berarti perlu mempersiapkan bujet lebih. Alternatifnya, bisa dengan membuat sendiri masker alami dari bahan-bahan seperti:

1. Putih telur

putih telur
Bagian putih telur banyak digunakan sebagai bahan masker DIY karena memiliki efek mengangkat sel kulit mati. Ketika diaplikasikan sebagai pore strip, putih telur bisa mengangkat sumbatan pori-pori.Untuk membuatnya, caranya adalah:
  • Siapkan putih telur dan tisu (paper towel)
  • Tempatkan putih telur dalam mangkuk
  • Masukkan paper towel ke dalam mangkuk
  • Ketika sudah tercampur, aplikasikan ke bagian kulit yang diinginkan
  • Diamkan sekitar 20 menit hingga paper towel mengeras
  • Lepaskan paper towel dan bilas

2. Gula dan madu

madu
Perpaduan madu dengan khasiat antiseptik serta tekstur kasar dari gula bisa menjadi zat pengangkat sel kulit mati alami.Cara membuatnya adalah:
  • Panaskan madu dan gula hingga tercampur
  • Diamkan hingga dingin
  • Aplikasikan ke area kulit yang diinginkan, tunggu mengeras sekitar 15 menit
  • Tarik perlahan dan bilas hingga bersih

3. Yogurt dan susu

yogurt
Yogurt memiliki khasiat menambah kelembapan sekaligus meredakan peradangan. Sementara susu almond atau agar bisa dijadikan alternatif untuk membuat adonannya menjadi kental.Cara membuatnya:
  • Campurkan kedua bahan dengan komposisi 1 sendok makan dengan memanaskannya
  • Diamkan hingga terasa hangat
  • Kemudian aplikasikan di hidung, dahi, atau dagu
  • Tunggu selama 15 menit hingga adonan mengeras
  • Tarik perlahan

4. Selotip

Perekat ini juga bisa digunakan untuk mengangkat komedo tanpa dicampur dengan bahan apapun. Caranya, tempelkan di bagian kulit yang diinginkan. Kemudian, tekan dan tunggu selama beberapa menit. Lepaskan secara perlahanGunakan jenis selotip cellophane yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Sebaiknya, hindari lakban atau selotip yang digunakan di kebutuhan industri karena bisa jadi justru berbahaya untuk kulit.

Masker untuk mencerahkan wajah

Selain mengangkat komedo, resep untuk membuat wajah tampak glowing juga bisa dengan membuat masker sendiri. Berikut beberapa caranya:
  • Masker nanas

Perpaduan nanas, bubuk almond, dan juga santan berkhasiat mengangkat sel kulit mati di wajah. Dengan demikian, wajah akan tampak lebih cerah alami. Ini cocok digunakan bagi yang merasa wajahnya tampak kusam karena kerap terpapar polusi.Caranya, campurkan ¼ cangkir nanas yang sudah dihancurkan, 2 sendok makan almond, serta 1 sendok teh santan. Kemudian, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Barulah bilas hingga bersih.
  • Pepaya dan yogurt

Kandungan vitamin C pada pepaya dan enzim papain di dalamnya bisa membuat wajah menjadi lebih halus. DIY masker ini bisa dicoba sendiri di rumah. Apabila kulit Anda sensitif, coba kurangi pepaya menjadi 1 sendok makan saja.Cara membuatnya adalah dengan mencampur 2 sendok makan pepaya matang dan 1 sendok makan yogurt. Kemudian, aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan. Pijat perlahan dengan gerakan dari bawah ke atas. Diamkan selama 3-10 menit bergantung pada sensitivitas kulit Anda.Kemudian, bilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan menggunakan toner serta pelembap.Sebelum mencoba beberapa cara membuat masker alami di atas, pastikan sudah mencuci muka hingga bersih sehingga tidak ada endapan minyak dan kotoran dari kulit.Tak kalah penting, bilas wajah hingga bersih setelah mengaplikasikan masker. Apabila ada reaksi alergi dengan salah satu bahan yang digunakan, sebaiknya pilih alternatif yang lain.

Anda juga bisa mengaplikasikan tes di bagian dalam siku untuk melihat apakah ada reaksi alergi dalam 24-48 jam berikutnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara aman membuat wajah lebih cerah serta mengangkat komedo, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/diy-pore-strips#other-treatments
Diakses pada 17 Januari 2021
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/g18209813/diy-face-mask-recipes/
Diakses pada 17 Januari 2021
Self. https://www.self.com/gallery/popular-diy-face-masks-review
Diakses pada 17 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait