Cara Membuat Kaldu Ayam, Si Panganan Murah dengan Ragam Manfaat

(0)
19 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Resep dan cara membuat kaldu ayam amatlah mudah, karena tulang ayam yang gampang dicariTulang ayam amat mudah dicari, yang membuat kaldu ayam amat gampang dibuat
Salah satu tren makanan sehat yang kini merebak adalah kaldu, termasuk kaldu ayam. Kaldu seperti kaldu ayam diyakini dapat memberikan beragam nutrisi dari tulang dan jaringan ikat ayam, walau riset yang menunjang cenderung masih sedikit. Namun, nutrisi yang tersimpan dalam kaldu ayam tetap berpotensi memberikan Anda banyak manfaat kesehatan. Poin menarik lainnya, resep dan cara membuat kaldu ayam sangatlah mudah dan murah meriah.

Kaldu ayam, panganan yang amat bernutrisi

Kaldu ayam dibuat dari tulang ayam dengan cara simmering, yakni merebus dalam waktu lama dengan api kecil setelah mendidih. Rebusan tersebut dipercaya memberikan beragam nutrisi, sehingga juga menawarkan aneka manfaat kesehatan.Penting untuk diingat bahwa nutrisi tersebut dapat bervariasi tergantung jenis tulang dan bahan-bahan lain yang dicampurkan. Kaldu ayam bisa memiliki nutrisi yang berbeda pula dengan nutrisi tulang ikan, tulang sapi, atau tulang kambing.
tulang ayam
Kaldu ayam dapat dibuat dengan memanfaatkan tulang ayam
Kaldu tulang seperti kaldu ayam dapat memberikan Anda mineral penting, seperti kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor. Jaringan ikatnya juga mengantongi senyawa yang baik untuk kesehatan sendi, seperti glukosamin dan chondroitin.Kemudian, bagian sumsum dapat memberikan vitamin A, vitamin K2, zinc, zat besi, boron, mangan, selenium, asam lemak omega-3, dan omega-6. Kaldu ayam juga mengandung protein kolagen, yang kemudian dapat menghasilkan asam amino penting.

Resep dan cara membuat kaldu ayam yang sehat dan penuh manfaat

Kaldu ayam dapat dibuat dengan cara yang sangat mudah. Bahan-bahannya pun bisa Anda dapatkan di pasar atau supermarket terdekat.Bahan kaldu ayam yang diperlukan:
  • 4 liter air
  • 2 sdm cuka apel
  • 1-2 kilogram tulang ayam
  • Garam dan merica, secukupnya
Langkah dan cara membuat kaldu ayam:
  • Masukkan semua bahan dalam panci besar dan didihkan.
  • Setelah mendidih, kecilkan api kompor untuk di-simmer selama 12-24 jam. Semakin lama durasi memasaknya, semakin baik pula rasanya dan gizinya.
  • Setelah di-simmer, diamkan kaldu. Saring ke dalam wadah besar dan buang padatan yang terbentuk.

Tips dalam membuat dan menyimpan  kaldu ayam

Beberapa bagian tulang untuk kaldu ayam dilaporkan lebih bernutrisi, seperti tulang sumsum ayam, buntut ayam, dan ceker. Anda bisa memvariasikan tulang-tulang tersebut untuk dibuat kaldu ayam.Kehadiran cuka apel pun bukan tanpa alasan. Fermentasi apel ini membantu menarik keluar semua nutrisi dari tulang ayam. Nutrisi inilah yang kita cari saat meminum kaldu ayam.
Kaldu ayam
Kaldu ayam bisa divariasikan dengan sayuran dan penyedap rasa lain
Untuk menambah cita rasa, Anda bisa mencampurkan sayuran dan penyedap rasa lain, seperti bawang merah, bawang putih, seledri, wortel, thyme, dan parsley.Agar kaldu ayam yang dibuat bisa tahan lama, simpanlah panganan ini dalam beberapa kotak kecil. Kaldu ini pun bisa disimpan dalam lemari es hingga maksimal lima hari.

Potensi manfaat kaldu ayam yang beragam

Selain cara membuat kaldu ayam amatlah mudah, kita juga akan mendapatkan beragam potensi manfaat. Potensi manfaat kaldu ayam, termasuk:

1. Menyehatkan pencernaan

Kaldu tulang seperti kaldu ayam mengandung gelatin. Gelatin dapat mengikat air di saluran pencernaan yang membantu makanan bisa ‘turun lebih mudah. Asam amino dalam gelatin, yang disebut dengan glutamin, membantu menjaga fungsi dinding usus. Glutamin juga dilaporkan mencegah dan memulihkan masalah pencernaan leaky gut atau sindrom usus bocor.

2. Melawan peradangan

Asam amino dalam tulang, seperti tulang ayam, mengandung glisin dan arginin yang membantu melawan peradangan. Arginin secara khusus dapat meredakan inflamasi yang berkaitan dengan obesitas.

3. Menyehatkan sendi

Saat direbus, kolagen dalam tulang dapat pecah menjadi gelatin. Gelatin sendiri mengandung asam amino yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan sendi.Tak sampai di situ, kaldu ayam mengandung senyawa alami yang disebut glukosamin dan chondroitin. Glukosamin dan chondroitin dilaporkan membantu mengurangi nyeri sendi maupun gejala osteoarthritis.

4. Membantu menurunkan berat badan

Karena kaldu umumnya ‘hanya’ berisi air rebusan tulang, kaldu ayam merupakan sajian yang rendah kalori namun mengenyangkan. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Eating and Weight Disorders, konsumsi gelatin dikaitkan dengan rasa kenyang – yang diharapkan mengurangi asupan kalori.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Asam amino glisina dalam kaldu ayam memang memberikan manfaat super. Manfaat lain dari glisina yakni membantu otak lebih rileks, sehingga dikaitkan dengan perbaikan kualitas tidur.

Catatan dari SehatQ

Cara membuat kaldu ayam amatlah mudah dengan bahan yang murah meriah. Nutrisi dan manfaatnya pun tak main-main, sehingga bisa Anda minum rutin satu sajian untuk satu hari.
makanan sehatnutrisizat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bone-broth
Diakses pada 5 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bone-broth-101
Diakses pada 5 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18319637
Diakses pada 5 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait