Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya


Manfaat infused water lemon salah satunya adalah membantu detoksifikasi dan menurunkan berat badan. Ini karena lemon mengandung tinggi antioksidan dan rendah kalori. Cara membuat minuman ini juga mudah. Namun, waktu minum infused water lemon perlu disesuaikan.

0,0
24 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat infused water lemon salah satunya menurunkan berat badanCara membuat infused water lemon ternyata tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah.
Cara membuat infused water lemon ternyata tidak sulit dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Selain mudah dibuat, manfaat infused water lemon untuk kesehatan juga sangat beragam.Karena cara membuat infused water lemon ini dianggap mudah, tidak ada alasan bagi Anda untuk melewatkannya. Mari kenali cara membuat infused water lemon dan rasakan berbagai macam manfaatnya.

Manfaat infused water lemon untuk kesehatan

infused water lemon
Infused water lemon
Infused water, termasuk infused water lemon, menjadi minuman “kekinian” yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Memang banyak klaim yang mempercayai manfaat infused water lemon, tapi kebanyakan masih sebatas opini. Selain itu, tidak banyak riset yang memfokuskan penelitiannya terhadap khasiat dari minuman ini. Sebab, kebanyakan riset hanya meneliti manfaat dari air putih dan lemon secara terpisah.Berikut ini adalah beberapa klaim dari manfaat infused water lemon yang bisa Anda rasakan:

1. Menghidrasi tubuh

Wanita setidaknya membutuhkan 2,6 liter air per hari, sedangkan pria memerlukan 3,6 liter air per hari. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang suka dengan rasa air putih yang tawar.Itulah sebabnya, mencampurkan lemon dan air putih dipercaya bisa menggugah selera untuk meminum lebih banyak air, sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga.

2. Mengandung kaya akan vitamin C

Buah-buahan sitrus seperti lemon dikenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah radikal bebas.Bayangkan saja, air perasan dari satu buah lemon mengandung 18,6 miligram vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian. Terlebih lagi, vitamin C dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan polifenol yang dikandung lemon bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, penelitian ini baru dilakukan pada hewan uji.Itulah sebabnya, manfaat infused water lemon untuk diet masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, secara medis, minum air lebih banyak sebelum makan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.Sehingga, penerapan waktu minum infused water sebelum makan mungkin akan jadi solusi Anda untuk menurunkan berat badan.Selain itu, kalori infused water lemon juga mengandung sedikit kalori, sehingga pas untuk diet.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Di antara banyaknya vitamin, vitamin C dikenal paling bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan mencegah keriput, kulit kering dan kerusakan akibat sinar matahari.Dalam sebuah riset pada hewan uji, minuman berbahan buah sitrus bisa mencegah timbulnya keriput pada tikus.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Beberapa orang percaya, mengonsumsi infused water lemon di pagi hari bisa mencegah sembelit. Ditambah lagi, meneguk minuman menyegarkan ini juga dipercaya bisa menyehatkan pergerakan usus.Selain itu, campuran infused water lemon dan madu juga dapat membantu proses detoksifikasi. Ini karena madu memiliki kandungan yang berfungsi antibakteri.

6. Menyegarkan napas

Khasiat infused water lemon lainnya adalah membantu menyegarkan napas. Pernahkah Anda memeras buah lemon untuk menghilangkan bau bawang yang masih menempel di tangan Anda? Ya, wangi buah-buahan sitrus memang bisa “mengalahkan” bau mulut menyengat.Beberapa klaim juga mengatakan bahwa lemon bisa menyegarkan napas setelah mengonsumsi bawang atau ikan.

7. Mencegah batu ginjal

Kandungan asam sitrat yang dimiliki lemon dipercaya bisa mencegah batu ginjal. Sebab, sitrat (komponen asam sitrat) bisa membuat kandungan asam di dalam urine berkurang.

8. Menjaga daya tahan tubuh

Lemon adalah salah satu buah yang tinggi vitamin C. Begitu juga dengan jahe, salah satu rempah yang memiliki sifat anti inflamasi.Oleh karena itu, campuran infused water jahe dan lemon dapat menjadi salah satu minuman untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhSelain itu, jahe mampu meringankan nyeri otot, membantu mengatasi kram saat haid, hingga menjaga kesehatan pencernaan.

9. Menurunkan risiko kanker

Manfaat infused water lemon juga dapat membantu mencegah kanker. Khasiat ini akan semakin meningkatkan ketika lemon dicampurkan dengan ketimun.Infused water lemon dan timun dapat menurunkan risiko kanker keduanya kaya akan antioksidan. Selain itu, timun mengandung senyawa kukurbitasin, kelompok nutrisi yang berpotensi untuk melindungi tubuh dari kanker.Selain itu, sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Cancer Research juga menyebutkan bahwa senyawa flavonoid fisetin dalam ketimun dapat membantu memperlambat kanker prostat.Baca juga: Minum Air Lebih Segar dengan Infused Water Timun yang Bermanfaat

Cara membuat infused water lemon

Bagi beberapa orang, mengonsumsi air putih secara terus-menerus bisa membosankan. Apalagi, rasa air putih yang tawar itu mungkin tidak menggugah selera Anda.Dengan membuat resep infused water lemon, Anda jadi bisa menambah cita rasa air putih, sehingga jadi termotivasi untuk lebih rutin meminumnya.Berikut ini adalah tahapan dan cara membuat infused water lemon yang sangat mudah dilakukan:
  • Bersihkan lemon di bawah air mengalir dan gosoklah kulitnya untuk menghilangkan debu, bakteri, ataupun pestisida.
  • Potong lemon menjadi bagian yang kecil-kecil. Buang bijinya.
  • Isilah satu gelas atau tempat minum dengan air putih, dan tuangkanlah potongan lemon yang sudah Anda siapkan.
  • Jika ingin "berkreasi", Anda bisa menambahkan bahan lainnya, seperti potongan buah jeruk, lemon, kiwi, atau berry. Mentimun juga bisa jadi bahan yang "mempercantik" infused water lemon.
  • Selain buah-buahan, cara membuat infused water lemon agar tidak pahit juga bisa ditambahkan rempah-rempah seperti daun mint atau sage atau madu. Namun, jangan lupa untuk mencucinya sebelum memasukkannya ke dalam infused water lemon.
  • Aduk seluruh bahan yang sudah masuk ke dalam air, kemudian simpan ke dalam kulkas selama 2-4 jam dan infused water lemon sudah siap disajikan.
Itulah tadi cara membuat infused water lemon yang bisa dilakukan di rumah. Ternyata cara membuat infused water lemon itu sangat mudah.Baca juga: Demam Boba Bikin Gendut? Yuk, Belajar Cara Membuat Infused Water!

Kapan sebaiknya minum infused water lemon?

Pada dasarnya tidak ada penelitian yang menyebutkan aturan minum infused water lemon termasuk kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.Namun, bagi penderita asam lambung, infused water yang terbuat dari buah yang asam seperti lemon, jeruk, kiwi, dan lainnya tidak disarankan untuk diminum di pagi hari.Selain itu, untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya minum infused water lemon sebelum makan.Dikutip dari penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan, kemudian minum sekitar setengah liter air sebelum makan akan kehilangan 40% lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak.Air akan menaikkan metabolisme sehingga menekan nafsu makan seseorang. Jadi, apabila kamu minum infused water sebelum makan, maka akan membantu untuk mengurangi asupan makanan selama diet.

Itulah tadi cara membuat infused water lemon dan berbagai manfaatnya. Namun, meski ada beberapa penelitian pada hewan uji yang mampu membuktikan manfaat infused water lemon, tapi tetap saja dibutuhkan riset manusia untuk membuktikan manfaatnya.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar jenis minuman sehat lainnya, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
manfaat air lemonmakanan sehatinfused waterlemon
Leaf TV. https://www.leaf.tv/articles/how-to-make-lemon-infused-water/
Diakses pada 8 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water
Diakses pada 8 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait