Ada beberapa cara membuat hidung mancung yang bisa Anda lakukan
Seorang wanita sedang menunjuk hidungnya

Hidung mancung kerap dianggap sebagai salah satu tolok ukur bagi seseorang yang ingin dicap cantik atau tampan. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki hidung seperti ini, ada cara membuat hidung mancung yang dapat Anda pertimbangkan.

Saat berbicara soal mengoreksi bentuk hidung dari pesek menjadi mancung, Anda mungkin berpikir operasi adalah cara satu-satunya. Padahal, ada prosedur kosmetik lainnya tanpa mengharuskan Anda naik meja bedah.

Cara membuat hidung mancung tanpa operasi

Beberapa metode berikut dapat dilakukan sebagai cara membuat hidung mancung.

1. Make-up

Cara membuat hidung mancung yang paling mudah ialah dengan ‘tipuan’ make-up. Penggunaan teknik make-up yang tepat dapat memberikan kesan hidung yang mancung dan proporsional.

Salah satu teknik make-up yang kerap digunakan untuk menghasilkan efek hidung mancung adalah contouring. Teknik tersebut membutuhkan bronzer untuk menggelapkan kulit di sisi batang hidung dan cupingnya agar menimbulkan efek tulang hidung yang tirus.

Produk make-up lain yang digunakan dalam contouruing adalah highlighter. Kosmetik yang satu ini dapat digunakan sepanjang batang hidung sisi bagian dalam mata dan tulang pipi untuk memberi kesan bentuk hidung yang lebih tegas.

Jika sudah mahir menggunakan make-up, Anda bisa menggunakan beauty blender untuk memainkan efek bayangan dari hidung. Selain terlihat lebih mancung, hidung Anda juga akan terkesan lebih langsing dari kondisi normal.

2. Suntik filler

Suntik filler adalah memasukkan zat lunak ke bawah permukaan kulit agar tampilan hidung lebih berisi dan penuh. Filler dapat dilakukan di sejumlah area, seperti hidung, dagu, bibir dan bagian wajah lainnya.

Zat-zat yang terkandung dalam filler tersebut, antara lain:

  • Kalsium hidroksilapatit: senyawa mirip mineral yang ditemukan dalam tulang.
  • Asam hialuronat: ditemukan dalam beberapa cairan dan jaringan dalam tubuh yang menambah kekenyalan pada kulit.
  • Polyalkylimide: gel transparan yang kompatibel dengan tubuh.
  • Asam polilaktat: merangsang kulit untuk membuat lebih banyak kolagen.
  • Polymethyl-methacrylate microspheres (PMMA): sejenis cairan semipermanen, kadang-kadang disebut pengisi jaringan lunak, dan dirancang untuk disuntikkan di bawah permukaan kulit guna menambah volume dan kepenuhan.

Cara membuat hidung mancung ini dapat bertahan mulai 6 bulan sampai satu tahun. Suntik filler aman hanya bila dilakukan di dokter kulit yang kompeten, di klinik, atau rumah sakit terpercaya, serta menggunakan filler yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Cara membuat hidung mancung lewat operasi rhinoplasty

Langkah terakhir yang dapat Anda tempuh untuk membuat hidung lebih mancung adalah pembedahan atau disebut rhinoplasty. Cara membuat hidung mancung ini dilakukan dengan mengubah tulang, tulang rawan, kulit, atau ketiganya.

Konsultasikanlah dengan ahli bedah terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat dan dampak dari operasi hidung tersebut. Seperti halnya operasi lainnya, operasi hidung juga memiliki risiko lain, seperti:

  • Pendarahan
  • Infeksi
  • Kesulitan bernapas
  • Mati rasa
  • Bentuk hidung tampak tidak rata
  • Nyeri, perubahan warna, atau bengkak pada hidung.

Sebelum menjadwalkan operasi hidung, Anda harus bertemu dengan dokter spesialis bedah plastik untuk membahas faktor-faktor penting terkait rhinoplasty. Salah satu yang terpenting adalah motivasi dan tujuan Anda melakukan pembedahan ini.

Dokter juga akan bertanya tentang riwayat medis, misalnya sumbatan hidung, operasi, dan obat-obatan yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki kelainan pendarahan, seperti hemofilia, Anda mungkin disarankan untuk tidak melakukan operasi hidung.

Meski terlihat seperti operasi bedah kosmetik pada umumnya, rhinoplasty bisa jadi prosedur yang sulit karena berbagai hal. Karena bentuk hidung Anda akan berubah setelah operasi, fungsinya bisa terganggu jika dokter membuat kesalahan kecil saja.

Oleh karena itu, sebelum melakukan cara membuat hidung mancung yang terakhir ini, pikirkan dahulu masak-masak. Apalagi setelah rhinoplasty dilakukan, bentuk hidung dan wajah Anda secara keseluruhan akan mengalami perubahan drastis.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-your-nose-smaller
Diakses pada 2 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320510.php
Diakses pada 2 Januari 2020

AAD. https://www.aad.org/public/cosmetic/wrinkles/fillers-faqs
Diakses pada 2 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/rhinoplasty/about/pac-20384532
Diakses pada 2 Januari 2020

Artikel Terkait