Cara Membuat Es Kopi Susu Sehat Tidak Sulit, Ini Resepnya

Cara membuat es kopi susu yang sehat tidak sulit
Es kopi susu dapat dibuat sendiri di rumah

Tidak sulit menemukan es kopi susu dijajakan di berbagai gerai kopi di negara ini sejak ekspansi kedai kopi begitu menggurita di Indonesia. Dilansir dari Tirto, terdapat sekitar 3.000 kedai kopi yang beroperasi di Indonesia dalam tiga tahun belakangan. Peluang Anda untuk menikmati segelas kopi, tak terkecuali es kopi susu pun selalu terbuka lebar.

Es kopi susu merupakan salah satu varian minuman kopi yang memiliki cita rasa ringan dan ramah bagi individu yang tidak memiliki kebiasaan minum kopi. Campuran susu di dalam segelas kopi membuat minuman ini mudah dinikmati banyak kalangan, termasuk individu yang tidak memiliki kebiasaan minum kopi sekali pun.

Kandungan susu di dalam kopi, juga disebut dapat memberikan manfaat yang berlipat bagi kesehatan. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati untuk dapat memperoleh khasiat minum kopi susu yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Cara membuat es kopi susu yang sehat

Tidak sulit untuk membuat es kopi susu sendiri di rumah. Selain menghemat uang, membuat es kopi susu sendiri juga lebih menyehatkan karena bisa mengatur bahan-bahan yang digunakan agar tidak berlebihan.

Berikut adalah beberapa cara membuat es kopi susu sehat yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Gunakan kopi organik

Kopi merupakan sumber kafein alami yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Meski demikian, tidak semua jenis kopi dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh.

Untuk dapat memperoleh manfaat kopi bagi kesehatan, hindarilah mengonsumsi kopi olahan pabrik yang mengandung bahan-bahan tambahan lain yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya, pilih biji kopi organik dari petani kopi pilihan yang mengedepankan kualitas dan layak dikonsumsi.

Setelah disangrai dan dihaluskan, kopi organik tersebut dapat Anda campurkan bersama susu untuk membuat segelas es kopi susu.

2. Campurkan bersama susu organik

Untuk dapat membuat es kopi susu yang sehat, hindari penggunan creamer, susu kental manis, maupun susu olahan. Sebaiknya, gunakan susu organik yang dapat dicampurkan bersama segelas kopi organik pilihan Anda.

Sejumlah penelitian mengungkapkan kandungan nutrisi penting dalam susu organik, seperti omega-3, zat besi, dan vitamin E, jauh lebih terjaga ketimbang susu olahan, susu kental manis, ataupun creamer. Deretan nutrisi tersebut berperan penting memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Gunakan es batu dari air matang

Menggunakan es batu dari air matang tentunya lebih sehat karena air dari es batu yang mencair akan tercampur dalam segelas es kopi susu yang kita konsumsi nantinya.

Menggunakan es dari air yang belum matang akan mengundang kontaminasi bakteri atau virus yang berbahaya bagi tubuh.

4. Perhatikan takaran es kopi susu

Ini adalah poin penting yang harus dipahami sebelum melakoni cara membuat es kopi susu yang sehat. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 2,5 mg dari berat badan per kg dalam sehari. Jumlah ini sama artinya dengan mengonsumsi dua gelas kopi dalam sehari untuk individu dengan berat badan 80 kg.

Hal ini perlu diperhatikan karena mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, Anda dapat menggunakan takaran ini untuk membuat es kopi susu yang sehat.

Selanjutnya, Anda pun dapat mencampurkan susu organik ke dalam segelas kopi dengan takaran yang sesuai selera Anda.

Manfaat es kopi susu

Mengonsumsi segelas es kopi susu dalam takaran dan komposisi yang pas dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya:

  • Kopi dan susu organik merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker hati, kolorektal, dan usus besar
  • Kandungan dalam kopi susu disebut dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko depresi.
  • Kopi dan susu organik dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti Alzheimer.

Berdasarkan manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba segelas kopi susu. Namun dengan catatan, jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan harus dengan takaran yang tepat.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee
Diakses pada 4 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/8-ways-to-make-your-coffee-super-healthy
Diakses pada 4 April 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/how-much-caffeine-in-coffee#section2
Diakses pada 4 April 2020

Coffee Chemistry.
https://www.coffeechemistry.com/cold-brew/does-cold-brew-coffee-have-more-caffeine-than-hot-coffee?highlight=WyJpY2UiLCJpY2VkIiwiY29mZmVlIiwiY29mZmVlJ3MiLCInY29mZmVlIiwiY29mZmVlcyIsIidjb2ZmZWUnLCJd
Diakses pada 4 April 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451
Diakses pada 4 April 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451
Diakses pada 4 April 2020

NHS.
https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/organic-milk-is-healthier-than-conventional-milk-study-says/
Diakses pada 4 April 2020

Milklife.
https://milklife.com/articles/nutrition/glass-milk-day-could-benefit-your-brain
Diakses pada 4 April 2020

Organic Facts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/organic-milk.html
Diakses pada 2 April 2020

Artikel Terkait