Cara Membuat Cuka Apel di Rumah yang Mudah Dilakukan

(0)
04 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara membuat cuka apel dapat dilakukan dengan mudahCuka apel bisa dibuat dengan mudah di rumah
Cuka apel dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di samping itu, bahan dapur ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda tidak sempat membelinya di pasar swalayan, cara membuat cuka apel dapat Anda lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.Langkah-langkahnya juga cukup sederhana dan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan membuat cuka apel sendiri di rumah, Anda bisa lebih banyak berhemat sekaligus memastikan kebersihan selama pembuatannya.

Cara membuat cuka apel sendiri di rumah

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat cuka apel, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan bahan, wadah, dan proses pembuatan cuka ini. Cuci bersih semua bahan dan barang-barang yang akan digunakan untuk membuat cuka apel.Anda bisa menggunakan semua bagian buah apel, atau hanya bagian kulit dan bagian tengah (inti) apel yang biasanya dibuang setelah dibersihkan bijinya. Setelah itu, siapkan barang-barang berupa pisau, toples kaca, karet, dan kain bersih.Siapkan bahan-bahan berikut untuk memulai cara membuat cuka apel:
  • 2 cangkir potongan apel (baik seluruh buahnya atau hanya kulit dan inti apelnya saja)
  • 1 sendok makan (sdm) madu atau gula
  • 3 gelas air putih.
Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai cara membuat cuka apel:
  • Masukkan potongan apel ke dalam toples kaca, lalu tambahkan air dan madu atau gula.
  • Aduk hingga madu atau gula larut merata.
  • Tutup permukaan toples dengan kain bersih, kuatkan dengan menggunakan karet.
  • Diamkan rendaman di tempat yang gelap.
  • Aduk rendaman apel sesekali secara teratur. Pastikan seluruh apel tetap terendam air.
  • Setelah didiamkan 3-4 minggu, ambil potongan apel, tiriskan, lalu buang.
  • Simpan kembali air rendamannya selama 3-4 minggu.
  • Cuka apel siap digunakan.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat cuka apel, di antaranya:
  • Menambahkan ¼ gelas cuka apel yang sudah jadi akan mempercepat proses pembuatan cuka ini.
  • Menggunakan gula akan lebih cepat jika dibandingkan madu.
Pastikan semua apel sepenuhnya terendam dengan air. Jika ada bagian apel yang tidak terendam, dikhawatirkan akan ditumbuhi jamur (bulukan).

Manfaat cuka apel bagi kesehatan

Selain cara membuat cuka apel yang mudah, manfaatnya pun melimpah. Cuka apel mengandung berbagai senyawa yang memberi keuntungan bagi kesehatan, seperti asam asetat, asam sitrat, asam amino, pektin, biotin, vitamin B, vitamin C, polifenol, asam folat, kalsium, hingga kalium.Setelah mengetahui cara membuat cuka apel, tidak ada salahnya untuk mengenali berbagai manfaatnya yang mungkin sewaktu-waktu akan Anda butuhkan.

1. Menyehatkan pencernaan

Serat pektin pada cuka apel dapat membantu kinerja usus, mengatasi sembelit, dan membuat pencernaan lebih sehat secara keseluruhan.

2. Membantu mengontrol berat badan

Cuka apel terbukti secara ilmiah dapat membuat perut lebih cepat kenyang dan menunda lapar. Hal ini dapat membantu menekan keinginan mengonsumsi makanan ringan dan nafsu makan berlebihan.

3. Sumber antioksidan

Cuka apel memiliki kandungan polifenol dan vitamin C yang merupakan senyawa antioksidan. Keduanya bermanfaat menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mampu menangkal radikal bebas.Kedua kandungan ini dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) hingga kanker.

4. Menurunkan kadar gula darah

Sejmlah penelitian penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita diabetes. Meski bermanfaat, cuka apel tidak bisa dijadikan pengganti obat-obatan.

5. Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin dan asam asetat dalam cuka apel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mengatasi rambut yang kering, kusam, serta kusut. Cuka apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang dianggap bermanfaat sebagai antiradang dan membersihkan ketombe.Masih banyak klaim lainnya mengenai manfaat cuka apel bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara membuat cuka apel di rumah.Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan berbagai makanan dan minuman untuk menambah kandungan nutrisi. Namun, Anda tidak disarankan mengonsumsinya langsung tanpa dilarutkan.Apabila Anda memiliki riwayat kesehatan khusus, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi cuka apel. Perlu diingat bahwa cuka apel tidak boleh digunakan untuk menggantikan obat-obatan dan penggunaannya jangan sampai mengganggu kinerja obat yang dokter berikan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Going Zero Waste. https://www.goingzerowaste.com/blog/how-to-make-apple-cider-vinegar-from-scraps/
Diakses 21 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-hair
Diakses 21 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar
Diakses 21 Januari 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/20_benefits_of_drinking_apple_cider_vinegar/article.htm
Diakses 21 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-apple-cider#2
Diakses 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait