Cara Membersihkan Paru-paru untuk Perokok Aktif maupun Pasif

Ada banyak cara membersihkan paru-paru yang bisa Anda coba, salah satunya terapi uap
Menjalani terapi uap juga bisa jadi salah satu cara membersihkan paru-paru

Sebagai salah satu organ yang perannya sangat vital di tubuh, paru-paru tentu perlu kita jaga kesehatannya. Bagi Anda yang sering terpapar udara kotor seperti polusi dan memiliki kebiasaan merokok, cara membersihkan paru-paru di bawah ini bisa dilakukan untuk membantu menjaga fungsi paru-paru.

Benarkah paru-paru bisa dibersihkan?

Ya, paru-paru kita bisa “dibersihkan”. Namun, bukan dengan obat, suplemen, jamu, ataupun produk detoks yang banyak beredar di pasaran. Membersihkan paru-paru, sebenarnya dilakukan melalui usaha untuk menjaganya agar tetap sehat .

Pada dasarnya, paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa organ ini bisa bekerja dengan baik.

Apabila kita sering terpapar polusi, seperti asap kendaraan atau asap motor, maka dada bisa terasa sesak, saluran pernapasan tersumbat, dan terjadi peradangan.

Hal ini menyebabkan paru-paru mengeluarkan lendir atau mukus, untuk menangkap bakteri dan kuman yang ada di paru-paru. Selain itu, bronkus di lapisi dengan rambut yang disebut silia, yang bertugas untuk menggerakan mikroba serta kotoran untuk dapat naik dan keluar dari saluran udara.

Cara membersihkan paru-paru di bawah ini, akan membantu menyingkirkan tumpukan lendir di paru-paru serta bakteri dan kuman, sehingga berbagai gejala gangguan pernapasan bisa reda.

Beberapa metode ini juga dapat membantu membuka saluran napas, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan yang terjadi di paru-paru akibat polusi dan rokok.

Macam cara membersihkan paru-paru

Ada beragam cara membersihkan paru-paru yang bisa dilakukan agar fungsi paru-paru bisa terjaga kesehatannya, seperti di bawah ini.

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara membersihkan paru-paru yang paling efektif. Sebab, begitu Anda berhenti merokok, paru-paru akan langsug memulai proses untuk membersihkan dirinya sendiri.

Sehingga, baik Anda baru merokok selama 2 hari ataupun 20 tahun, menghentikan kebiasaan tersebut adalah tahap pertama untuk mendapatkan paru-paru yang lebih sehat dan bersih. Berhenti merokok juga akan mengurangi risiko Anda terkena penyakit paru-paru yang berbahaya.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat, yang tentunya penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Bagi Anda yang merokok, maupun yang memiliki penyakit paru kronis, berolahraga bisa membantu proses restorasi paru dan berkontribusi terhadap kesembuhan.

3. Terapi uap

Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap hangat yang berguna untuk membuka jalan napas, serta membantu lendir-lendir di paru untuk mengering dan hilang. Uap air yang digunakan juga bisa menambah kehangatan dan kelembapan di ruangan, sehingga pernapasan akan terasa lebih lega.

Meski begitu, metode ini hanya dapat menjadi solusi semetara, dan tidak terbukti memberikan efek positif secara jangka panjang untuk paru-paru.

4. Lakukan latihan pernapasan

Cara membersihkan paru-paru lainnya adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Kegiatan ini, dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi perokok, mantan merokok, atau memiliki riwayat kerusakan paru akibat penyakit paru kronis.

5. Batuk terkontrol

Batuk adalah salah satu cara tubuh untuk membersihkan racun-racun yang terperangkap di lendir yang terdapat pada saluran pernapasan. Dengan memahami cara batuk yang benar, lendir di saluran pernapasan akan lebih mudah keluar.

Berikut ini cara mengontrol batuk yang bisa Anda coba di rumah.

  • Duduk di kursi dengan bahu dalam posisi rileks dan pastikan kaki berada rata di atas lantai.
  • Tekuk kedua tangan ke arah perut
  • Ambil napas dari hidung secara perlahan
  • Lalu keluarkan napas secara perlahan, dengan posisi kedua tangan sedikit menekan perut.
  • Saat menghela napas, batuk sebanyak dua atau tiga kali dengan posisi mulut sedikit terbuka.
  • Lalu, ambil napas kembali melalui hidung.

6. Konsumsi teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi atau peradangan di paru-paru. Minuman yang satu ini juga dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari dampak menghirup asap.

7. Konsumsi makanan yang bersifat antiperadangan

Peradangan yang terjadi di saluran pernapasan, bisa membuat Anda sulit bernapas, dada sesak, dan hidung tersumbat. Mengonsumsi makanan yang memiliki sifat antiradang, dapat membantu meredakan gejala tersebut.
Makanan yang memiliki sifat antiradang antara lain sayuran hijau, kacang-kacangan, ceri, dan bluberi.

8. Menepuk-nepuk dada

Menepuk-nepuk dada juga menjadi cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru dari lendir yang mengendap di dalamnya.

9. Pasang air purifier di rumah

Memasang air purifier atau alat pembersih udara di ruangan, bisa membantu Anda untuk menghirup udara yang lebih bersih, sehingga kualitas udara yang dihirup pun bisa meningkat.

Setelah mengetahui berbagai cara membersihkan paru-paru di atas, Anda diharapkan tidak lagi lalai dalam menjaga kesehatan paru-paru. Apabila Anda adalah seorang perokok, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini, sebelum paru-paru terlalu rusak untuk dibersihkan atau diperbaiki.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483.php
Diakses pada 11 November 2019

Healhtline. https://www.healthline.com/health/ways-to-cleanse-your-lungs
Diakses pada 11 November 2019

American Lung Associaton. https://www.lung.org/about-us/blog/2019/07/can-you-detox-your-lungs.html
Diakses pada 11 November 2019

Artikel Terkait