Cara Membersihkan Masker yang Benar, Kapan Harus Dicuci?

(0)
18 Sep 2020|Azelia Trifiana
Cara mencuci masker dengan benar agar tetap sehatMakser kain wajib dicuci dengan benar agar dapat digunakan kembali
Mengenakan masker saat harus beraktivitas di luar rumah telah menjadi keharusan. Idealnya, masker yang digunakan adalah non-medis dan diganti secara berkala.Cara membersihkan masker berbahan kain yang benar harus runtut mulai dari proses pencucian hingga penyimpanannya.Selain tahu cara membersihkan masker yang benar, tata cara saat menyentuh dan melepas masker yang sudah dipakai juga harus tepat. Pastikan tangan benar-benar bersih sebelum dan sesudah mencuci masker.

Cara membersihkan masker yang benar

Sebagai tambahan proteksi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, setiap orang harus memiliki setidaknya lebih dari 2 masker. Bergantung pada mobilitas ke luar rumah, masker sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali.Tata cara membersihkan masker yang benar adalah:

1. Melepas masker

Tetap gunakan masker hingga selesai beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain. Bahkan meski hanya keluar rumah sejenak, melepas masker tetap harus sesuai dengan aturan, yaitu:
  • Bersihkan tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer beralkohol
  • Jangan sentuh bagian depan atau luar masker
  • Jangan sentuh mata, hidung, dan mulut saat melepaskan masker kotor
  • Lepaskan masker dengan mengambil bagian tali di telinga (ear loops)
  • Jika masker bertali, lepaskan tali yang ada di bagian bawah terlebih dahulu baru bagian atas
  • Apabila masker menggunakan filter, segera buang setelah penggunaan
  • Letakkan masker di keranjang cucian

2. Membersihkan dengan mesin cuci

Tidak masalah mencuci masker bersamaan dengan pakaian kotor lainnya. Deterjen yang digunakan pun tak perlu yang khusus kecuali sensitif terhadap aroma deterjen tertentu. Cara lain yang perlu diperhatikan saat membersihkan masker dengan mesin cuci adalah:
  • Jika memungkinkan, gunakan air hangat sesuai dengan bahan masker
  • Untuk mendisinfektasi masker, rendam dalam bleach selama 5 menit
  • Bilas hingga benar-benar bersih

3. Membersihkan dengan tangan

Selain mesin cuci, masker juga bisa dibersihkan dengan tangan. Prosedurnya sama seperti saat melepaskan masker yang sudah dipakai, pastikan sudah mencuci tangan terlebih dahulu.Sebaiknya gunakan air deterjen hangat untuk mencuci masker. Gosok masker setidaknya selama 20 detik. Setelah itu, masker bisa dikeringkan di mesin pengering maupun diangin-anginkan.

4. Mengeringkan masker

Setelah selesai dicuci, mengeringkan masker bisa dilakukan di mesin cuci sampai benar-benar kering. Selain itu, bisa juga dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Apabila sudah kering, pastikan menyimpan masker dalam tempat yang bersih dan tertutup.

Cara membersihkan face shield

face shield
Face shield juga harus dibersihkan secara rutin
Selain masker, proteksi yang juga populer untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 adalah face shield. Perlu diingat bahwa face shield bukanlah pengganti masker, artinya tetap harus digunakan bersamaan dengan masker.Sifat dari face shield hanya sebagai tambahan proteksi saja. Face shield hanya melindungi area mata saja, namun tidak untuk hidung dan mulut.Setiap kali usai digunakan, face shield harus langsung dibersihkan. Caranya adalah:
  • Usap bagian dalam face shield dengan kain bersih yang mengandung deterjen
  • Kemudian, usap bagian luar dengan kain bersih
  • Basuh bagian luar face shield dengan air bersih untuk mengangkat residu
  • Biarkan mengering dengan alami
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan face shield
Mengenakan masker atau face shield sebagai bentuk proteksi tetap harus disertai dengan kedisiplinan membersihkannya. Jangan sampai masker justru tidak efektif melindungi karena dipakai berulang kali dan kotor.Ketika harus beraktivitas di luar rumah saat masa pandemi COVID-19, sebaiknya siapkan juga masker bersih cadangan. Ini penting jika sewaktu-waktu masker yang digunakan kotor atau rusak sehingga tidak ada alasan untuk mempertaruhkan kesehatan tanpa mengenakan masker saat berada di luar.Masker non-medis adalah jenis yang paling direkomendasikan untuk digunakan sehari-hari. Berbeda dengan masker medis yang peruntukannya untuk tenaga medis profesional dan digunakan sekali pakai.
hidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/how-to-safely-sanitize-every-type-of-face-mask
Diakses pada 3 September 2020
CDC. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/how-to-wash-cloth-face-coverings.html
Diakses pada 3 September 2020
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/coronavirus/coronavirus-how-to-care-for-your-face-mask
Diakses pada 3 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait