5 Cara Membersihkan Make Up yang Benar agar Kulit Bebas Masalah Jerawat


Cara membersihkan make up yang benar perlu dilakukan agar terhindar dari masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kusam. Cara menghapus make up bisa dimulai dengan membersihkan area mata menggunakan make up remover. Lalu, bersihkan wajah dengan cleansing oil.

(0)
Cara membersihkan make up yang benar perlu dilakukan agar terhindar dari masalah kulitCara membersihkan make up bisa dimulai dengan membersihkan area mata menggunakan make up remover
Cara membersihkan make up sehari-hari perlu dilakukan dengan benar. Bagi beberapa orang, cara menghapus make up menggunakan produk pembersih make up atau make up remover sudah cukup untuk menghilangkan make up.Padahal, sisa make up mungkin saja masih tertinggal pada pori-pori kulit, bila Anda tidak membersihkan make up dengan tepat.Jika dilakukan terus-menerus, sisa make up pada wajah bisa mengiritasi kulit, menyumbat pori-pori, dan memicu timbulnya jerawat.Pada area mata, sisa make up yang tertinggal bisa menyebabkan peradangan dan kulit kemerahan.Maka dari itu, yuk ketahui cara menghapus make up dengan tepat agar terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara membersihkan make up yang benar?

Sebelum cara menghapus make up dilakukan, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sampai bersih.Langkah ini bertujuan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri yang menempel, serta berisiko pindah dari tangan ke wajah.Selain itu, gunakan ikat rambut atau bandana untuk mengatur rambut agar tidak mengganggu saat proses pembersihan wajah dilakukan, serta mencegah kemungkinan bakteri dari area rambut berpindah ke wajah.Selanjutnya, cara membersihkan make up bisa Anda mulai dengan langkah sebagai berikut:

1. Bersihkan make up mata secara perlahan

Cara membersihkan make up bisa dimulai pada area mata terlebih dahulu.Pasalnya, make up mata biasanya lebih sulit untuk dibersihkan, terutama bila Anda menggunakan maskara dan eyeliner bersifat waterproof atau tahan air.Namun, cara menghapus make up mata tidak boleh terlalu kencang. Anda harus melakukannya dengan lembut dan perlahan.Sebab, area kulit mata cukup tipis dan sensitif, sehingga Anda tidak disarankan membersihkannya dengan menggosoknya terlalu keras.
Cara membersihkan make up yang benar bisa dimulai pada area mata
Basahi kapas dengan make up remover, lalu usap ke area mata
Cara menghapus make up mata terlalu keras juga bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada area mata, iritasi, keriput, serta membuat bulu mata mudah rontok.Cara membersihkan make up mata yang benar, yaitu basahi kapas bersih dengan produk make up remover berbahan dasar minyak.Tempelkan kapas tersebut pada area mata. Tekan area mata secara lembut dan perlahan selama 5-10 detik, lalu usap make up.Gunakan kapas bersih lainnya untuk memaksimalkan proses pembersihan make up area mata.

2. Bersihkan seluruh make up di wajah

Cara membersihkan make up berikutnya menyentuh area seluruh wajah.Make up wajah cenderung kompleks karena biasanya terdiri dari foundation, concealer, dan bedak.Oleh sebab itu, Anda membutuhkan produk pembersih yang berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil.Menurut seorang pakar kecantikan kulit, cleansing oil dapat menarik minyak di wajah.Dengan demikian, produksi sebum berlebih dan kotoran di wajah dapat ikut terangkat tanpa harus merusak kulit dan lapisan pelindung kulit.Pembersih wajah berbahan minyak pun nyaman digunakan. Anda cukup mengoleskannya pada permukaan wajah seraya memijat kulit secara perlahan.Cara menghapus make up di wajah juga bisa dengan milk cleanser. Tuang milk cleanser secukupnya, lalu oleskan ke permukaan wajah, termasuk dahi, pipi, dan dagu secara merata, menggunakan ujung jari.Gunakan kapas untuk mengusap wajah sambil beri tekanan lembut, sampai seluruh make up dan krim pembersih terangkat.

3. Gunakan micellar water

Cara membersihkan make up bisa dengan micellar water
Tuang micellar water pada kapas, lalu usap ke area wajah
Setelah itu, cara membersihkan make up dilanjutkan dengan penggunaan produk pembersih berupa micellar water untuk menyempurnakan proses pembersihan wajah.Micellar water adalah kombinasi air murni dan bahan-bahan yang menghidrasi kulit, seperti gliserin, serta molekul yang disebut misel. Misel dalam micellar water dapat menarik kotoran dan minyak.Ketika Anda menggunakan micellar water ke kulit wajah dan menyekanya dengan kapas, sisa-sisa make up, minyak, dan kotoran dapat terangkat sempurna.

4. Bersihkan area bibir

Cara membersihkan make up pada area bibir perlu menggunakan produk pembersih berbahan minyak. Hal ini karena beberapa produk lipstik ada yang bersifat tahan lama.Anda bisa menggunakan petroleum jelly untuk membersihkan lipstik yang kerap sulit dibersihkan.Cukup oleskan petroleum jelly pada seluruh permukaan bibir. Tunggu selama beberapa menit.Tempelkan kapas pada bibir Anda selama beberapa detik. Kemudian, usap bibir seraya memberi tekanan perlahan dengan gerakan memutar.Lakukan kembali langkah tersebut sampai seluruh lipstik terhapus dari bibir.Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus atau kain lap bersih yang lembap agar pigmen warna lipstik hilang sepenuhnya.

5. Cuci muka

Cara membersihkan make up diakhiri dengan tahapan cuci muka
Cuci muka dengan air dan sabun pembersih wajah 
Meski cara membersihkan make up sudah dilakukan, Anda tetap perlu mencuci muka agar wajah benar-benar bersih dari produk kosmetik.Pasalnya, residu minyak dan produk pembersih make up yang digunakan sebelumnya dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit bila tidak dibilas dengan air sampai bersih.Langkah ini dikenal pula dengan double cleansing atau cara membersihkan make up dua tahap.American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan sabun cuci muka yang tidak mengandung alkohol.Kemudian, lakukan cara membersihkan wajah dengan membasahi muka menggunakan air suam-suam kuku (air hangat) terlebih dahulu.Usapkan sabun pembersih wajah yang biasa Anda gunakan pada permukaan wajah secara merata seraya memijat kulit perlahan.Bilas wajah Anda menggunakan air sampai bersih. Lalu, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Apa yang terjadi jika Anda tidak menghapus make up dengan tepat?

Cara menghapus make up yang benar perlu dilakukan agar risiko masalah kulit dapat terhindarkan.Adapun beberapa masalah kulit yang timbul bila Anda tidak menghapus make up dengan tepat adalah sebagai berikut.

1. Jerawat

Cara membersihkan make up yang salah bisa timbulkan jerawat
Jerawat bisa muncul akibat tumpukan sisa make up dan kotoran
Salah satu masalah kulit yang rentan timbul apabila tidak menghapus make up dengan tepat adalah jerawat.Jerawat bisa timbul akibat sisa make up, kotoran, dan sel kulit mati pada kulit yang dibiarkan terus-menerus sehingga menyumbat pori-pori kulit. Jika ada bakteri yang tumbuh dan menimbulkan peradangan, maka jerawat bisa muncul.Bila Anda memiliki kulit berjerawat dan tidak rutin membersihkan make up dengan benar, maka keberadaan jerawat sebelumnya bisa membuat kondisi jerawat semakin parah.

2. Kulit kusam

Cara menghapus make up yang dilakukan dengan tidak tepat bisa membuat kulit wajah kusam. Bagaimana bisa?Proses pembersihan wajah dapat membantu mempercepat meregenerasi sel kulit yang lebih sehat.Jika Anda tidak melakukan pembersihan wajah dengan benar, maka penumpukan minyak, kotoran, dan residu make up yang menempel dapat memperlambat proses pergantian lapisan epidermis kulit Anda.

3. Kulit keriput

Sisa kotoran yang masih menempel di wajah akibat tidak menghapus make up dengan benar bisa membuat kulit mengalami stres oksidatif.Stres oksidatif dapat menyebabkan lapisan pelindung kulit rusak sehingga memunculkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput dan garis halus di wajah.

4. Infeksi

Penggunaan make up memang tidak membuat kulit jadi iritasi. Namun, seorang ahli kulit mengingatkan, bila Anda memiliki jerawat meradang, risiko infeksi bisa terjadi karena lapisan kulit yang terganggu. Cara membersihkan make up yang benar perlu dilakukan agar masalah kulit yang tidak diinginkan dapat dihindari dan kulit bisa senantiasa sehat.Masih punya pertanyaan seputar cara menghapus make up? Tanyakan langsung dengan dokter kulit lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang melalui App Store dan Google Play.
makeup untuk kulit berminyakmakeupkulit sehatkulit dan kecantikanperawatan wajah
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/makeup-removal-guide#1
Diakses pada 22 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/should-you-be-using-micellar-water-in-your-skin-care-routine/
Diakses pada 22 Maret 2021
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a27307/double-cleansing-clear-skin/
Diakses pada 22 Maret 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101
Diakses pada 22 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to
Diakses pada 22 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047
Diakses pada 22 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait