Cara Membersihkan Lidah Bayi dari Lapisan Putih Sisa Susu


Membiasakan anak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya sebaiknya dimulai sedini mungkin. Anda bahkan bisa memulainya sejak si kecil masih bayi. Simak cara membersihkan lidah bayi berikut ini agar kesehatan oralnya selalu terjaga.

(0)
21 Aug 2019|Armita Rahardini
Lapisan putih akibat sisa susu bisa hilang dengan cara membersihkan lidah bayi yang benarLapisan putih pada lidah bayi umumnya disebabkan oleh sisa susu
Cara membersihkan lidah bayi sangat penting untuk diketahui oleh para Ayah dan Ibu. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya penumpukan bakteri pada mulut.Orangtua sebaiknya rutin membersihkan mulut bayinya agar Si Kecil terbiasa dengan kebersihan mulut sedini mungkin.  Karena bayi belum tumbuh gigi, paling tidak lidahnya yang harus dibersihkan. Cara membersihkan lidah bayi sebetulnya tidak sulit, asal tahu triknya. 

Cara membersihkan lidah bayi yang efektif

Kain kasa bisa digunakan untuk membersihkan lidah bayi
Bayi yang diberi ASI eksklusif atau susu formula biasanya belum memiliki pola makan yang teratur. Pasalnya, mereka masih menyusu tiap beberapa jam dan kapan saja mereka lapar.Pada bayi berusia di bawah enam bulan, orangtua bisa menetapkan satu waktu tiap malam untuk rutin membersihkan mulut bayinya.Sementara, bayi berusia 6 bulan ke atas dan sudah mulai diberi makanan padat, orangtua bisa rutin membersihkan mulut bayi setelah jadwal makan terakhirnya.Cara membersihkan lidah bayi bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
  • Pastikan tangan Anda bersih, cucilah dengan sabun dan air mengalir sebelum membersihkan mulut bayi.
  • Siapkan air matang dalam mangkuk. Anda bisa menggunakan air hangat atau bersuhu ruangan.
  • Ambil kain kasa dan lilitkan pada jari telunjuk Anda, lalu basahi dengan air matang yang telah tersedia.
  • Anda bisa memangku bayi, seperti posisi hendak memberinya susu.
  • Bila bayi tidak mau membuka mulut, sentuhkan jari di bibirnya. Sentuhan ini biasanya akan membuat bayi membuka mulut karena mengira akan diberi makan.
  • Jika mulut bayi tetap menutup, tetaplah sabar dan coba terus sampai bayi mau membuka mulutnya.
  • Begitu mulut bayi terbuka, masukkan jari yang sudah dililit kasa ke dalam mulutnya perlahan-lahan.
  • Langsung bersihkan lidah bayi dengan menyeka dalam gerakan memutar yang lembut. 
  • Jangan lupa juga menyeka bagian dalam pipi serta gusi bayi. 

Tujuan membersihkan lidah bayi

Cara membersihkan lidah bayi secara teratur memiliki tiga tujuan berikut:
  • Mengurangi sisa-sisa susu atau makanan dari dalam mulut.
  • Mengurangi bau mulut tak sedap pada bayi.
  • Menurunkan risiko penumpukan bakteri dalam mulut.
Mulut yang tidak pernah dibersihkan akan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit pada gigi dan gusi akibat kuman yang menumpuk. Jika terbiasa membersihkan mulut anaknya sedini mungkin, orangtua umumnya akan lebih mudah untuk membiasakan anak untuk gosok gigi serta menjaga kesehatan gigi dan mulutnya di kemudian hari. 

Lidah putih pada bayi akibat sisa susu atau infeksi jamur?

Lapisan putih di lidah bayi bisa menandakan infeksi jamur
Selain cara membersihkan mulut bayi yang harus diperhatikan, munculnya warna putih pada lidah bayi juga harus menjadi perhatian, karena bisa jadi indikasi adanya penyakit. Orangtua sering bertanya-tanya saat melihat lapisan putih yang menutupi lidah bayinya. Apakah hanya sisa susu atau ada penyakit lain?Jawabannya bisa kedua-duanya. Lapisan putih di lidah bayi dapat terjadi akibat sisa susu, tapi bisa juga karena infeksi jamur di mulut. Bagaimana cara membedakannya?

1. Lapisan putih karena sisa susu

  • Mudah dibersihkan dan tidak permanen di lidah. Jika lapisan putih pada lidah bayi mudah hilang saat lidah bayi diseka dengan kain kasa basah, berarti ini sisa-sisa susu. 
  • Lapisan putih ini hanya ada pada lidah bayi.
  • Terjadi akibat mulut bayi belum memproduksi cukup banyak air ludah. Sebagai akibatnya, sisa susu sulit hilang dari permukaan lidah.
  • Penumpukan sisa susu juga sering terjadi pada bayi dengan tongue tie. Karena gerak lidahnya terbatas, nyaris tidak ada gesekan antara lidah dan langit-langit mulut, sehingga sisa susu menumpuk di lidah. 

2. Lapisan putih karena infeksi jamur

  • Tidak bisa hilang meski cara membersihkan lidah bayi sudah dilakukan dengan benar.
  • Lapisan putih bisa ada di lidah, pipi bagian dalam, maupun gusi.  
  • Disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna, sehingga jamur mudah tubuh.
  • Penggunaan antibiotik (pada ibu maupun bayi) untuk mengobati infeksi lain juga bisa memicu infeksi jamur pada mulut bayi. Antibiotik bisa saja malah membunuh bakteri baik di dalam mulut, sehingga jamur tumbuh secara berlebihan.
Infeksi jamur pada mulut bayi umumnya tidak membahayakan dan mudah diobati. Dokter akan memberikan obat tetes antijamur untuk dioleskan pada lapisan-lapisan putih di mulut bayi.Gunakan obat antijamur 30 menit sebelum bayi disusui atau diberi makan, supaya antijamur bekerja optimal. Jaga pula kebersihan puting payudara, dot, dan alat makan bayi agar tidak terkena jamur. Konsultasikan dengan dokter jika kesehatan mulut bayi terlihat tidak membaik.

Cara membersihkan gigi bayi

Selain memastikan lidah bayi bersih, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut bayi adalah dengan memperhatikan juga kebersihan gigi mereka. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan plak yang menumpuk yang bisa menyebabkan kerusakan gigi.Jika bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi, Dikutip dari Dental Health Service, sejumlah tips cara membersihkan gigi bayi berikut bisa jadi rujukan.
  • Bersihkan gigi bayi dengan cara menyekanya dengan kain lembut atau menyikat dengan sikat gigi kecil yang lembut dan air. 
  • Dudukkan bayi di atas lutut Anda dengan kepala menempel di dada. 
  • Sikat gigi dengan gerakan membentuk lingkaran kecil yang menutupi semua permukaan.
  • Pada usia 18 bulan, mulailah menggunakan pasta gigi yang aman untuk anak seperti rendah fluorida hingga seukuran kacang polong untuk menyikat gigi.
  • Dorong anak untuk meludahkan pasti gigi setelah menyikat namun sebaiknya tidak dibilas dengan berkumur air.
  • Bersihkan semua permukaan gigi dan gusi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.
Anak umumnya akan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menyikat gigi mereka sampai sekitar usia 7 atau 8 tahun. Dengan mengetahui cara membersihkan lidah bayi dan gigi bayi yang benar, kebersihan mulut Si Kecil akan tetap terjaga. Mungkin pada awalnya, kegiatan ini agak sulit dilakukan. Tapi orangtua harus tetap sabar dan terus berusaha untuk membersihkan mulut bayi secara rutin, apalagi jika nanti giginya sudah tumbuh. Maka dari itu, orangtua jangan malas untuk memahami cara membersihkan lidah bayi yang baik dan benar, ya. Hal ini semata-mata demi menjaga kesehatan Si Kecil!
tumbuh kembang bayitumbuh gigi pada bayibercak putih di lidah
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/white-tongue-baby
Diakses pada 19 Agustus 2019
The Oral Health Education Unit of the Hongkong Department of Health. https://www.toothclub.gov.hk/en/pnc/en_pnc_2_1_1_2.html#start
Diakses pada 19 Agustus 2019
New Kids Center. https://www.newkidscenter.com/how-to-clean-a-baby's-tongue.html
Diakses pada 19 Agustus 2019
DHSV. https://www.dhsv.org.au/dental-advice/general-dental-advice/babies#:~:text=You%20can%20start%20cleaning%20your,after%20brushing%2C%20but%20not%20rinse. Diakses pada 19 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait