Cara Membersihkan Kamar Mandi secara Menyeluruh dan Bahayanya jika Kotor

(0)
03 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara membersihkan kamar mandi perlu dilakukan secara rutinKamar mandi perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah penyakit berbahaya
Kamar mandi kotor tidak hanya memberikan kesan jorok, tapi juga berpotensi membahayakan kesehatan penggunanya. Sebab, risiko gangguan kesehatan dari berbagai bakteri dan kotoran di kamar mandi sangat beragam. Kenali berbagai bahaya kamar mandi kotor dan cara membersihkan kamar mandi secara menyeluruh supaya Anda bisa terhindar dari risikonya.

Bahaya kamar mandi kotor bagi kesehatan

Berikut adalah sejumlah bahaya kamar mandi kotor bagi kesehatan Anda dan keluarga yang perlu diwaspadai.

1. Sarana penyebaran patogen

Ada banyak sekali patogen (bakteri, virus, dan penyebab penyakit lainnya) dari feses atau kotoran manusia yang bisa menjadi sumber penyakit dan menyebar melalui sentuhan-sentuhan kulit pada permukaan kamar mandi.Beberapa jenis bakteri yang dapat ditularkan dari kamar mandi kotor, yakni Campylobacter, Enterococcus, Escherichia coli, Salmonella, Shigella, Staphylococcus, Streptococcus, dan Yersinia,Selain itu, beberapa jenis virus juga bisa ditularkan jika Anda jarang membersihkan kamar mandi, seperti norovirus, rotavirus, hingga hepatitis A dan E.Jika tidak rajin dibersihkan, berbagai patogen pada kamar mandi kotor ini bisa menyebar dan menyebabkan penyakit bagi Anda dan keluarga. Inilah alasan mengapa Anda perlu mengetahui cara membersihkan kamar mandi yang baik supaya berbagai bahaya ini bisa dihindari.

2. Perkembangbiakan jentik nyamuk

Air yang menggenang terlalu lama atau penampungan air yang jarang dikuras dalam kamar mandi kotor, juga bisa jadi sarang nyamuk.Selain menyebabkan gangguan tidur dan gatal-gatal, nyamuk juga termasuk serangga yang bisa menyebarkan penyakit mematikan, seperti demam berdarah dan malaria.

3. Meningkatkan risiko terjatuh

Lantai dan tembok kamar mandi umumnya selalu basah dan lembap. Kondisi kamar mandi kotor memungkinkan jamur dan lumut dapat tumbuh sehingga membuat lantai kamar mandi semakin licin.Selain dapat mengiritasi pernapasan, kerak dan lumut juga bisa meningkatkan risiko jatuh dan terpeleset di kamar mandi. Dilansir dari Belvedere Health Services, hampir 80 persen kecelakaan yang dialami orang tua di rumah terjadi di kamar mandi.Oleh karena itu, cara membersihkan kamar mandi perlu dilakukan. Meski membutuhkan tenaga ekstra, tindakan ini bisa melindungi Anda dan keluarga dari berbagai potensi bahaya yang bisa terjadi.

Cara membersihkan kamar mandi yang bisa Anda lakukan

kepala shower
Kepala shower juga harus dibersihkan secara rutin
Berikut adalah cara membersihkan kamar mandi supaya Anda dan keluarga terhindar dari berbagai bahayanya. Berbagai cara ini meliputi membersihkan lantai kamar mandi, kerak membandel, hingga pembersihan secara menyeluruh.

1. Cara membersihkan lantai kamar mandi

Cara membersihkan lantai kamar mandi dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
  • Bersihkan seluruh permukaan lantai dari berbagai sampah atau barang-barang yang bisa terjatuh.
  • Isi ember dengan air hangat dan campur dengan pembersih yang aman untuk lantai Anda. Anda juga bisa menuangkan secangkir cuka putih ke dalam ember.
  • Gunakan pel untuk membersihkan seluruh lantai atau sapu dorong (push broom) jika lantai sangat kotor.
  • Sikat kecil bisa digunakan untuk membersihkan sudut-sudut atau area sempit, serta kotoran yang menempel.
  • Bilas lantai dengan air bersih dan pastikan air mengalir seluruhnya ke saluran pembuangan.

2. Cara membersihkan kerak kamar mandi

Bagian kamar mandi yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan kerak yang membandel di berbagai tempat. Berikut adalah cara membersihkan kerak kamar mandi yang bisa Anda lakukan.
  • Gunakan pembersih noda porselen ke area-area berkerak. Untuk noda yang lebih membandel, Anda dapat menggunakan cairan pemutih.
  • Diamkan selama beberapa saat sebelum menggosoknya.
  • Setelah itu, gosok perlahan dengan menggunakan sikat hingga noda kerak bisa terlepas.
  • Semprot dengan air hingga permukaan kamar mandi yang berkerak menjadi bersih.
Agar kerak tidak muncul kembali, bersihkan lantai, dinding, dan permukaan lainnya di kamar mandi secara rutin.Anda tidak disarankan menggunakan kaporit atau bahan lainnya yang terlalu keras karena berisiko merusak permukaan kamar mandi. Bahan-bahan tersebut malah dapat membuat kerak muncul kembali.

3. Cara membersihkan kamar mandi secara menyeluruh

Supaya tidak ada noda dan kotoran yang tersisa di kamar mandi, Anda bisa melakukan berbagai cara membersihkan kamar mandi secara menyeluruh ini.
  • Kuras bak mandi atau tempat penampungan air dengan rutin. Jangan menunggu hingga kotoran atau lumut menumpuk pada dasar dan tepinya.
  • Tidak hanya permukaan lantai kamar mandi yang harus dibersihkan. Permukaan saklar listrik, keran, pegangan shower, pegangan pintu, serta permukaan lainnya yang sering disentuh saat berada di kamar mandi juga harus dijaga kebersihannya.
  • Saringan air, kepala shower, dan peralatan lain, seperti shower puff atau scrub badan, yang dapat menyimpan sisa sabun juga harus rutin dibersihkan. Sebuah penelitian dari University of Colorado menemukan bahwa alat pancuran dapat menyebabkan mikroba, seperti Mycobacterium avium dan Legionella pneumophila menyebar ke udara, yang mungkin membahayakan bagi orang yang memiliki penyakit paru-paru atau daya tahan tubuh lemah.
  • Cuci secara rutin peralatan kamar mandi berbahan kain, seperti handuk, lap tangan, atau keset. Benda-benda ini juga rentan menyebarkan bakteri, misalnya E. coli, jika tidak dibersihkan dengan rutin.
Itulah cara membersihkan kamar mandi secara menyeluruh yang bisa Anda lakukan. Agar jamur, lumut, dan kerak tidak mudah terbentuk kembali, Anda juga perlu mengatur kelembapan kamar mandi. Pastikan lantai kamar mandi cepat kering.Memasang kipas exhaust juga bisa membantu mengurangi kelembapan kamar mandi, terutama setelah mandi dengan air hangat. Nyalakan kipas selama 20 menit setiap kamar mandi selesai digunakan untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
infeksi bakterimandi
DeSoto Texas Government. https://www.ci.desoto.tx.us/DocumentCenter/View/11555/Homeowners-Guide-to-Stains-Rings-Discoloration-and-Mineral-Deposits
Diakses 21 Mei 2021
The Spruce. https://www.thespruce.com/hidden-bathroom-dangers-4171736
Diakses 21 Mei 2021
Oh So Spotless. https://ohsospotless.com/how-to-clean-bathroom-floors/#q0
Diakses 21 Mei 2021
University of Leicester. https://www2.le.ac.uk/offices/press/think-leicester/health-and-medicine/2018/can-you-catch-germs-from-a-public-toilet-seat
Diakses 21 Mei 2021
Better Health Victoria Australia. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/mosquitoes-protect-your-home-checklist
Diakses 21 Mei 2021
Belvedere Home Care. https://belvederehealthservices.com/belvedere-home-care/blog/safety-seniors-preventing-falls-bathroom#
Diakses 21 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait