7 Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Tersumbat dan Kotor


Cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat bisa Anda coba dengan obat semprot hidung (nasal spray) atau menidurkan bayi dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Dengan begitu, si Kecil jadi bisa bernapas lebih lega dan dapat aktif bermain seperti biasa.

(0)
20 Jan 2020|Azelia Trifiana
Cara membersihkan hidung bayi tersumbat dengan alat sedot ingusBiasanya orangtua berusaha menyedot ingus yang membuat hidung bayi tersumbat
Cara membersihkan hidung bayi penting untuk diketahui terutama ketika hidungnya tersumbat karena sedang pilek atau alergi. Hidung bayi juga kadang bisa tersumbat akibat adanya benda asing di dalam hidung atau kotoran hidung (upil) yang menumpuk. Konsekuensinya, anak susah bernapas lega, bahkan jadi malas menyusu atau makan. Penting diingat bahwa penggunaan obat seperti dekongestan untuk mencairkan lendir sangat tidak direkomendasikan. Anda bisa mencoba cara membersihkan hidung bayi yang alami dan aman dilakukan di rumah. Seperti apa? Berikut panduan selengkapnya.

Cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat

Membersihkan kotoran hidung menjadi salah satu perawatan bayi yang harus rutin dilakukan orangtua. Perawatan ini bermanfaat untuk mencegah hidung tersumbat yang bisa membuat bayi tidak nyaman. Beberapa cara membersihkan hidung bayi di bawah ini dapat dicoba sendiri oleh orangtua dan dilakukan di rumah. Apa saja?
cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat bisa dengan nasal spray
Menggunakan saline nasal spray dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat

1. Menggunakan obat semprot hidung

Saline atau obat semprot hidung adalah pilihan yang paling aman dalam daftar cara membersihkan hidung bayi.Cara menggunakannya pun mudah. Anda hanya perlu membaringkan bayi, dengan lembut menengadahkan kepalanya, dan semprotkan obat hingga 2-3 tetes. Cara ini bisa membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat.

2. Menggunakan cairan pembersih hidung

Orangtua juga bisa membuat sendiri cairan pembersih kotoran hidung untuk membantu melegakan hidung tersumbat bayi. Sesuaikan dosis isotonic atau hypertonic dengan usia bayi. Cara membuat sendiri cairan pembersih hidung adalah:
  • Campur ¼ sendok teh garam dengan secangkir air mendidih
  • Diamkan hingga suhunya normal
  • Simpan di dalam botol steril dan tertutup
  • Jangan menyimpan cairan pembersih hidung lebih dari 24 jam. Selalu buat cairan baru setiap harinya.
Saat akan memberikan cairan pembersih hidung kepada bayi, baringkan mereka di atas handuk dengan posisi kepala sedikit menengadah. Kemudian, teteskan 2-3 tetes cairan ke hidung bayi dengan dropper atau pipet. Tunggu selama 30-60 detik.Terakhir, putar tubuh bayi untuk membantu membersihkan hidungnya. Jika hidung mengeluarkan lendir atau upil bayi maka bersihkan dengan tisu atau handuk lembut. Jangan lupa bersihkan area di sekitar lubang hidung bayi dan bersihkan dropper setiap usai digunakan.

3. Menggunakan uap

Cara membersihkan hidung bayi yang juga bisa dilakukan di rumah adalah dengan memanfaatkan uap dari air panas. Pertama, nyalakan shower panas di kamar mandi atau tampung air panas di sebuah ember. Diamkan di kamar mandi agar beruap.Setelah itu, duduklah di kamar mandi bersama bayi. Menghirup uap air hangat ini dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Harapannya, lendir di hidung bayi menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

4. Minum banyak cairan

Sebisa mungkin, ajak anak untuk minum lebih banyak cairan atau ASI jika usianya masih kecil. Cairan befungsi untuk mengeluarkan dan mengencerkan dahak sehingga bisa melegakan hidung tersumbat bayi.
Salah satu cara membersihkan hidung bayi yang tersumbat adalah dengan menyalakan humidifier
Menyalakan humidifier di kamar saat bayi tidur dapat mencegah hidung tersumbat

5. Menyalakan humidifier

Anda juga bisa membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat dengan menyalakan humidifier di ruangan. Udara yang terlalu kering dalam ruangan dapat menyebabkan hidung menjadi kering pula. Untuk itu, Anda bisa menyalakan humidifier selama bayi tidur untuk mencegah hidung tersumbat.

6. Banyak beristirahat

Kunci lain untuk membantu bayi mengatasi masalah hidung tersumbat adalah dengan banyak beristirahat. Ketika tubuhnya tengah berjuang melawan virus, bangun suasana agar mereka bisa beristirahat seoptimal mungkin.Tak harus dengan tidur, cara lain bisa dengan bermain tanpa suara. Anda bisa mengajak mereka bermain di bagian rumah yang nyaman seperti kasur dan sofa. Kemudian, berikan mereka mainan seperti buku atau mainan lainnya.

7. Tidur dengan kepala lebih tinggi

Cara lain untuk membantu melegakan pernapasan bayi adalah lewat posisi tidur dengan kepala lebih tinggi. Tujuannya, gravitasi dapat membantu mengatasi hidung bayi yang tersumbat.Anda bisa menempatkan tambahan bantal di bagian atas kasur bayi. Bisa jadi, tidur dengan posisi seperti ini akan membuat bayi lebih nyaman ketimbang tidur di bidang rata, utamanya saat hidung mereka sangat tersumbat.Beberapa cara membersihkan hidung bayi yang telah disebutkan sepeti di atas adalah aman untuk dilakukan sendiri di rumah. Selain dapat melegakan hidung tersumbat, sejumlah cara tersebut juga bisa menjadi cara membersihkan upil bayi yang efektif. Apabila Anda ingin mencoba alternatif lain untuk melegakan hidung si Kecil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mengetahui tingkat keamanannya. Semoga si Kecil lekas sehat ya!
bayi pilekhidung tersumbatmerawat bayigangguan pernapasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/toddler-congestion-remedies#The-takeaway
Diakses 7 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/children/features/help-child-stuffy-nose#1
Diakses 7 Januari 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/easy-steps-to-clean-your-babys-nose-using-a-bulb-syringe_0098500/#gref
Diakses 7 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait