Cara Membersihkan Anus untuk Menghindari Infeksi dan Iritasi


Cara membersihkan anus yang Anda lakukan dapat mempengaruhi kesehatannya. Maka dari itu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membersihkan anus setelah buang air besar atau mandi.

0,0
15 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara membersihkan anus perlu dilakukan dengan benarAnus perlu dibersihkan dengan benar setelah buang air besar
Cara membersihkan anus dan bagian dalamnya adalah salah satu bagian dari kebersihan diri. Cara membersihkannya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab, kulit di sekitar anus sangat tipis dan cara yang dilakukan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan area tersebut. Maka dari itu, perlakuan khusus diperlukan untuk membersihkan anus agar tidak terjadi cedera.

Alasan anus harus dibersihkan

Anus yang tidak dibersihkan dengan benar dapat meninggalkan residu yang menyebabkan banyak masalah. Berbagai keluhan mungkin hanya terjadi dalam beberapa jam saja, misalnya menyebabkan bau, rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal, hingga iritasi. Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan bahwa Anda membersihkan area anus dengan cara yang tepat.

Cara membersihkan anus dengan tepat

Cara membersihkan pantat atau anus setelah buang air besar (cebok) atau saat mandi dapat dilakukan langkah-langkah berikut.

1. Bersihkan sambil berjongkok

Faktanya, banyak orang yang berusaha membersihkan anus sambil berdiri. Ini bukanlah cara yang benar karena kedua bokong posisinya merapat sehingga menghalangi akses ke anus dengan baik. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan anus sambil duduk di toilet atau berjongkok.

2. Gunakan air

Cara membersihkan anus yang paling baik adalah menggunakan air. Anda bisa menggunakan semprotan air yang terintegrasi dengan toilet duduk. Akan lebih baik jika Anda juga menggunakan sabun lembut dan air hangat untuk membersihkan anus.

3. Keringkan area anus dan pantat

Cara membersihkan dubur yang tidak kalah penting adalah memastikannya kering setelah dibersihkan. Jika tidak, kelembapan berlebihan di area pantat dan anus dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah, termasuk infeksi bakteri dan jamur, dermatitis, dan ruam.Berikut adalah cara menyeka atau mengeringkan anus dengan benar dan aman
  • Menyeka dari bagian depan ke belakang untuk menghindari infeksi bakteri ke saluran kemih.
  • Hindari menggunakan tisu beraroma atau benda lainnya yang dapat meningkatkan risiko iritasi.
  • Hindari mengusap anus dan pantat dengan kasar agar tidak terjadi cedera.
Selain dilap, Anda juga dapat memanfaatkan air-dry jika fitur tersebut tersedia di toilet. Supaya area anus tetap sehat, kuncinya adalah melakukan cara membersihkan pantat dengan benar dan menjaganya tetap kering.

Cara-cara yang perlu dihindari

Selain mengetahui cara membersihkan anus yang benar, Anda juga harus tahu hal-hal apa yang sebaiknya dihindari. Beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan karena berisiko menyebabkan luka atau mencederai bagian anus.

1. Jangan mengelap secara berlebihan

Salah satu cara membersihkan anus yang benar adalah mengelapnya dengan baik. Jangan mengelap anus secara berlebihan (terlalu kasar atau terlalu sering).Sebaiknya lap dengan lembut dan hati-hati. Mengingat kulit di bagian ini sangat tipis, lakukan upaya pencegahan terjadinya iritasi semaksimal mungkin.

2. Hindari tisu pembasuh

Saat ini, ada banyak produk tisu pembasuh yang ditujukan untuk menggantikan cebok dengan air setelah buang air kecil atau buang air besar.Sebaiknya hindari cara membersihkan lubang anus dengan produk-produk tersebut karena rawan menyebabkan iritasi. Pasalnya, jenis tisu ini juga berpotensi menyingkirkan bakteri baik sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan, memicu tumbuhnya jamur, hingga menimbulkan iritasi.

3. Jangan gunakan sembarang produk pembersih

Sebaiknya hindari cara membersihkan anus dengan menggunakan produk pembersih yang tidak lembut, seperti pemutih (bleaching), alkohol, hidrogen peroksida, pelumas berbasis minyak, yodium, minyak zaitun, bedak talk, minyak witch hazel, atau pembersih lainnya yang tidak aman.Itulah cara membersihkan anus yang benar dan aman. Untuk menjaga kesehatan area anus, selalu penuhi kebutuhan serat dan cairan agar buang air besar lancar sekaligus memudahkan pembersihannya.Selain itu, hindari juga menggunakan pakaian dalam yang dapat mengiritasi area pantat dan anus. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang tidak ketat.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
nyeri anusanus gatal
Mens Health. https://www.menshealth.com/style/a19548207/clean-your-butt/
Diakses 1 Oktober 2021
Well and Good. https://www.wellandgood.com/how-to-clean-your-butt/
Diakses 1 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-clean-inside-your-bum#not-feeling-clean
Diakses 1 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait