Telur kecoa dapat dibasmi dengan berbagai cara
Penampakan telur kecoa di tempat-tempat sempit

Meski belum keluar dari cangkang, ternyata telur kecoa turut membawa dampak buruk yang serupa dengan kecoa dewasa. Telur kecoa berwarna kecoklatan dan berbentuk melengkung layaknya pisang dengan panjang sekitar 0,7 hingga 1,3 cm.

Setiap jenis kecoa akan menghasilkan sel telur yang memiliki dua baris embrio yang saling berhadapan satu sama lain. Telur kecoa akan berkembang di dalam sel telur tersebut sampai beberapa minggu ke depan. Setelah itu, bayi kecoa akan tumbuh dan menekan keluar hingga sel telur terbuka.

Cara membasmi telur kecoa

Jika Anda menemukan serangga ini di rumah dan ingin membasmi telur kecoa yang mungkin tersembunyi di sekitar rumah Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui di mana lokasi telur kecoa tersebut.

Kapan dan di mana kecoa meletakkan telur mereka tergantung pada tipe kecoa tersebut. Pasalnya, ada begitu banyak jenis kecoa, mulai dari kecoa Jerman, Amerika, oriental, hingga kecoa berpita coklat.

Kecoa Amerika yang berwarna coklat gelap, misalnya, akan merekatkan sejumlah sel telurnya di bagian bawah wastafel atau dinding rumah Anda. Binatang ini akan menjatuhkan sel telur tersebut jauh sebelum telur-telur ini siap untuk menetas, bahkan berberapa bulan sebelum waktu penetasan.

Sedangkan, kecoa Jerman akan lebih memilih untuk membawa sel telurnya selama masa perkembangan embrio agar dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan embrio. Setelah mendekati waktu penetasan, telur ini akan diletakkan oleh kecoak betina di tempat yang sama dengan kecoa Amerika.

Setelah Anda menemukan di mana letak telur-telur kecoa ini, barulah Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Letakkan debu pengering

Jika Anda menemukan beberapa sel telur di bawah wastafel atau dinding rumah Anda, cobalah untuk mengatasinya dengan menggunakan debu pengering seperti tanah diatom. Cara ini akan membuat sekumpulan telur tersebut dehidrasi dan mati.

2. Basmi kecoa betina

Jika Anda menemukan telur dan kecoa di sekitar rumah, cobalah untuk menyemprotkan insektisida atau pembasmi serangga di sekitar rumah. Cara ini dilakukan membuat kecoa betina tidak dapat memproduksi telur lagi sekaligus membasmi mereka.

Cegah kecoa datang lagi

Setelah membasmi kecoa dan telurnya, Anda perlu melakukan beberapa langkah pencegahan agar rumah Anda bersih dari serangga ini.

  • Selalu bersihkan rumah secara teratur setiap minggunya, terutama pada bagian dapur. Pastikan Anda membuang sampah dapur setiap hari.
  • Bersihkan bagian bawah kompor, kulkas, dan peralatan dapur lainnya.
  • Pastikan tidak ada sumber air yang menetes karena kecoa akan membutuhkan kelembapan untuk dapat bertahan hidup.
  • Perbaiki setiap bolongan atau celah di dinding dan lemari.
  • Langsung bersihkan peralatan makan Anda setelah selesai, begitu pula dengan tempat makanan hewan peliharaan Anda.
  • Gunakan perangkap kecoa, seperti margarin yang mengandung madu. Dengan begini, kecoa akan hinggap ke makanan, tapi tidak bisa keluar karena terlalu licin.

Di samping rasa jijik yang mungkin Anda rasakan ketika melihat kecoa, serangga ini juga memiliki sejumlah bahaya kesehatan yang perlu dihindari. Pasalnya, kecoa membawa bakteri yang dapat hinggap pada makanan Anda, seperti staphylococcus, salmonella, dan streptococcus.

Melalui bakteri ini, kecoa dapat membawa ragam penyakit yang bisa berbahaya bagi Anda. Contohnya seperti diare, disentri, demam lifoid, hingga kolera.

Jadi, jika Anda menemukan telur kecoa atau induknya, segera praktikkan beberapa cara di atas. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah, agar tetap terhindar dari kecoa.

Healthline
https://www.healthline.com/health/are-cockroaches-dangerous#allergy-trigger
Diakses 6 Mei

Prevention
https://www.prevention.com/life/a29550905/cockroach-eggs/
Diakses 6 Mei

Prevention
https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cockroaches
Diakses 6 Mei

Artikel Terkait