Cara Membasmi Belatung di Rumah secara Efektif yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

(0)
24 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara membasmi belatung adalah menutup rapat sampah sisa makananSampah sisa makanan harus ditutup rapat untuk mencegah belatung muncul
Pernahkah Anda menemukan belatung di rumah? Belatung dapat muncul jika Anda membiarkan lalat mengerubungi tempat sampah, sisa makanan, atau popok kotor. Mengapa lalat? Karena belatung merupakan larva dari lalat. Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari cara membasmi belatung, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencegah lalat hinggap di tempat sampah atau sisa makanan.

Cara membasmi belatung agar tidak muncul lagi

Lalat betina dapat menghasilkan 500-2000 telur sepanjang hidupnya, dan dalam setiap sesi bertelur mereka bisa menghasilkan sekitar 75-150 telur.Setelah telur diletakkan, belatung hanya membutuhkan waktu sehari saja untuk lahir. Jadi, bayangkan berapa banyak belatung yang bisa muncul jika telur-telur lalat ini menetas secara bersamaan?Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda perlu mengenyahkan lalat dari rumah sebagai cara membasmi belatung. Berikut adalah cara menghilangkan belatung yang bisa Anda coba di rumah.

1. Jangan biarkan sampah makanan dan tempat makan kotor

Jangan biarkan sampah makanan atau tempat makan kotor didiamkan begitu saja di dapur atau tempat lainnya. Pastikan sampah makanan dimasukkan ke tempat sampah secepatnya dan tempat makan yang telah dipakai harus segera dicuci. Cara membasmi belatung ini perlu dilakukan untuk mencegah lalat bertelur di kedua tempat tersebut.

2. Tutup rapat tempat sampah

Cara mengusir belatung lainnya adalah memastikan tempat sampah yang menyimpan sampah sisa makanan tertutup dengan rapat sehingga tidak bisa dijadikan tempat bertelur untuk lalat.

3. Bungkus sampah popok

Sampah popok sebaiknya dibungkus plastik terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat sampah, apalagi jika sampah tersebut menyimpan kotoran bayi. Sebab, sampah ini rawan dihinggapi lalat dan dijadikan tempat bertelur.

4. Bersihkan sampah kemasan makanan sebelum dibuang

Sebaiknya bersihkan sampah-sampah kemasan makanan terlebih dahulu sebelum dibuang. Cara menghilangkan belatung ini perlu dilakukan supaya sisa makanan yang ada di dalamnya tidak dihinggapi lalat.

5. Ganti makanan hewan peliharaan dan bersihkan tempatnya secara rutin

Lalat juga bisa hinggap di makanan hewan peliharaan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti makanan tersebut secara rutin ketimbang hanya menumpuknya. Anda juga perlu memastikan tempat makan hewan tertutup rapat ketika tidak digunakan sebagai cara mengusir belatung.

6. Bersihkan kotoran hewan secara rutin

Bersihkan kotoran hewan secara rutin, baik di dalam rumah atau di luar rumah, supaya tidak dimanfaatkan lalat sebagai sarana untuk bertelur.

7. Bersihkan tempat sampah secara berkala

Cara membasmi belatung lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan tempat sampah secara berkala, misalnya seminggu sekali. Anda bisa menggunakan pemutih untuk membersihkannya.

8. Pastikan penampungan sampah di luar rumah tidak terkena sinar matahari

Pastikan penampungan sampah yang ada di luar rumah tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat menghangatkan penampungan tersebut sehingga meningkatkan risiko bau dan menarik perhatian lalat. 

Cara membunuh belatung dan lalat yang sudah terlanjur muncul

Air panas bisa membasmi belatung
Anda bisa menyiram belatung dengan air panas untuk membunuhnya
Jika belatung sudah terlanjur muncul di rumah Anda, ada berbagai cara membunuh belatung dan lalat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Membuat insektisida sendiri

Anda bisa membuat insektisida sendiri dari sabun cuci piring yang efektif membunuh belatung dan lalat. Cara membuatnya pun mudah, masukkan satu sendok makan sabun cuci piring ke dalam alat semprot dan tambahkan air. Anda bisa menyemprotnya langsung ke sumber belatung atau lalat di rumah.

2. Menyiram air panas

Anda bisa menggunakan air panas sebagai cara membunuh belatung. Siram air panas langsung ke sumber belatung di rumah untuk membunuhnya secara instan. Anda juga bisa menambahkan secangkir pemutih dan 1 ½ sendok hidrogen peroksida ke dalam satu galon air panas.

3. Membuat perangkap lalat sendiri

Anda bisa membuat perangkap lalat untuk membasmi mereka sebelum bertelur. Siapkan wadah dan isi dengan beberapa centimeter air, lalu tambahkan umpan yang berbau untuk memancing lalat (misalnya madu) dan beberapa tetes sabun cuci piring.

4. Menggunakan penangkal alami

Anda dapat menggunakan penangkal lalat alami, seperti lavender, basil, minyak serai, cengkeh, hingga cuka apel, sebagai cara mengusir belatung dan lalat dari rumah.

5. Menggunakan bahan kimia

Bahan kimia juga bisa Anda gunakan sebagai cara mematikan belatung dan lalat. Gunakan produk yang mengandung permethrin, yakni bahan kimia yang digunakan sebagai insektisida.

6. Membeli perangkap elektronik

Anda dapat membeli perangkap lalat elektronik sebagai cara membunuh belatung dan lalat. Perangkap ini memancarkan sinar UV putih yang menarik perhatian serangga dan menyetrumnya hingga mati.Jika belatung dan lalat dibiarkan begitu saja, risiko Anda terkena berbagai penyakit akan semakin tinggi. Oleh karena itu, lakukan cara membasmi belatung dan lalat di atas supaya Anda terbebas dari gangguan kedua makhluk ini.Apabila Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
hidup sehatpola hidup sehat
Dengarden. https://dengarden.com/pest-control/getridofmaggots
Diakses pada 10 Maret 2021
TMBC. https://www.tmbc.gov.uk/services/environment-and-planning/recycling,-rubbish-and-waste/household-waste-information-and-advice/help-and-advice-if-you-get-maggots
Diakses pada 10 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eating-maggots#risks
Diakses pada 10 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait