7 Cara Membantu Anak Menghadapi Peer Pressure

(0)
11 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Peer pressure yang negatif dapat menjerumuskan anak-anak ke pergaulan yang buruk.Bentengi anak dari peer pressure negatif agar tidak terjerumus ke pergaulan yang menyesatkan.
Peer pressure atau tekanan dari teman sebaya dapat terjadi di sekolah atau lingkungan bermain anak. Terkadang, tekanan ini dapat menggoda anak untuk melakukan hal-hal negatif, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, mencoba narkoba, atau terlibat dalam tindakan bullying (perundungan).Anda perlu memahami bahwa menolak peer pressure akan terasa sulit karena anak langsung berhadapan dengan sekelompok teman-teman yang mengajaknya untuk berperilaku buruk. Maka dari itu, bantulah anak untuk menolak peer pressure negatif dengan berbagai cara di bawah ini.

Cara membantu anak hadapi peer pressure negatif

Untuk bisa berbaur dan merasa diterima oleh lingkungannya, terkadang anak-anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh teman-temannya, meskipun itu hal yang buruk. Sebagai orangtua, Anda memiliki peran penting untuk mencegah peer pressure negatif ini.Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu mencegah pengaruh peer pressure negatif pada anak.

1. Ajari anak untuk membedakan mana yang baik dan buruk

Mengajari anak untuk membedakan mana yang baik dan buruk adalah langkah pertama yang bisa Anda untuk mencegah anak terjerumus dalam peer pressure negatif.Sebab, tidak selamanya peer pressure itu buruk. Dengan memahami mana yang baik dan buruk, Si Kecil akan belajar untuk bisa menghindar dari peer pressure negatif dan mendekatkan diri dengan yang positif.Menurut American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, bentuk peer pressure yang positif meliputi ajakan dari teman untuk ikut ekstrakurikuler atau rajin belajar di kelas.

2. Ajari anak untuk mengatakan 'tidak'

Jangankan anak-anak, terkadang kita sebagai orang dewasa kadang merasa kesulitan untuk menolak dan mengatakan 'tidak' jika ada sekelompok orang yang mengajak melakukan sesuatu, terutama ajakan dari teman baik.Jika memang ajakan dari teman-temannya bersifat negatif, ajarkan anak untuk berani menolak dan mengucapkan 'tidak'. Dengan keberanian ini, anak-anak bisa terhindar dari pengaruh buruk teman-temannya.

3. Bangun rasa percaya diri anak

Anak-anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung memiliki kemampuan untuk menolak tekanan dan pengaruh buruk dari teman-temannya.Orangtua bisa membantu anak-anak untuk membangun rasa percaya diri dengan menyemangati mereka untuk melakukan hal-hal yang bisa membawa kesuksesan ke dalam hidupnya. Bantu anak untuk terus berusaha meskipun sulit.Selain itu, Anda juga bisa menjadi panutan yang baik dengan bersikap percaya diri di depan anak. Jangan lupa juga untuk memuji usaha anak dalam meningkatkan percaya dirinya.

4. Menjaga komunikasi dengan anak

Menjaga komunikasi dengan anak adalah langkah penting yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegah peer pressure negatif.Saat komunikasi dengan anak terjalin dengan baik, mereka akan lebih nyaman untuk berbicara secara terbuka kepada orangtuanya. Dengan begitu, ia bisa bercerita jika ada tekanan atau pengaruh buruk dari teman di sekolah atau lingkungan bermainnya.Jika mereka sudah berani berbicara mengenai masalah ini, orangtua akan lebih mudah untuk membantunya.

5. Ajari anak untuk menolak dengan sopan

Peer pressure yang negatif memang harus ditolak dengan tegas oleh anak-anak. Namun, anak-anak juga harus diajari cara menolak dengan sopan. Jangan sampai anak menolak dengan cara yang kasar sehingga malah menciptakan permusuhan.

6. Tegaskan bahwa menjadi beda itu wajar

Dengan menolak peer pressure, mungkin anak-anak akan merasa takut dianggap berbeda oleh teman-temannya.Ingatkan pada anak bahwa perbedaan adalah hal yang wajar. Beri tahu mereka bahwa orang-orang yang kreatif dan sukses cenderung berbeda dari yang lainnya. Hal ini dipercaya akan mempermudah anak untuk menolak ajakan buruk dari teman-temannya.

7. Jangan ragu untuk turun tangan dalam membantu anak

Ada kalanya anak diancam untuk melakukan hal buruk oleh temannya. Jika tidak mau, mereka bisa berada dalam situasi yang berbahaya. Mintalah anak untuk segera menghubungi orangtua atau pihak sekolah untuk membantunya.Jika memang Si Kecil sudah menghubungi Anda, jangan ragu untuk turun tangan dan segera membantunya.

Catatan dari SehatQ

Terdapat peer pressure yang positif dan negatif. Jika anak dihadapkan dengan pengaruh buruk dari teman-temannya, cobalah lakukan berbagai tips di atas. Sebab, orangtua memiliki peran besar agar anak-anaknya tidak terjerumus untuk melakukan hal buruk.Jika Anda khawatir dengan kondisi kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentinganak sekolahgaya parenting
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/help-young-kids-resist-peer-pressure-4095020
Diakses pada 25 Februari 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/teens/behaviour/peers-friends-trends/peer-influence
Diakses pada 25 Februari 2021
AACAP. https://www.aacap.org/AACAP/Families_and_Youth/Facts_for_Families/FFF-Guide/Peer-Pressure-104.aspx
Diakses pada 25 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait