logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Cara Membangkitkan Gairah Setelah Menopause agar Kehidupan Seks Tetap Membara

open-summary

Membangkitkan gairah setelah menopause bisa dilakukan dengan mudah. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah menjaga keintiman dengan pasangan.


close-summary

8 Mar 2021

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Meningkatkan gairah setelah menopause bisa dilakukan dengan tetap menciptakan keintiman dengan pasangan

Buat rencana bersama pasangan untuk mencoba hal-hal baru seputar seks

Table of Content

  • Kaitan antara menopause dan libido
  • Cara membangkitkan gairah setelah menopause
  • Catatan dari SehatQ

Menopause sedikit banyak akan berpengaruh pada hormon Anda, termasuk gairah seks yang menurun. Bila itu terjadi, Anda perlu mencari cara untuk membangkitkan gairah setelah menopause supaya tetap bisa menikmati seks berkualitas bersama pasangan

Advertisement

Penurunan gairah seksual ini biasanya dialami oleh perempuan saat mereka sudah menginjak usia 45 tahun ke atas. Saat itu terjadi, hormon testosteron dan estrogen dalam tubuh akan turun dan menyebabkan Anda akan sulit bergairah untuk melakukan seks.

Kaitan antara menopause dan libido

Saat kadar hormon turun, berubah juga beberapa hal di dalam tubuh. Seks bukan menjadi aktivitas menarik yang dilakukan bersama dengan pasangan. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari perubahan organ intim hingga munculnya rasa tidak percaya diri.

Faktor yang biasanya muncul adalah vagina yang mulai kering sehingga membuat seks tidak lagi semenyenangkan sebelum menopause. Ditambah lagi, banyak perempuan yang mengalami pertambahan berat badan dan perubahan bentuk tubuh. Akhirnya, rasa tidak percaya diri ini juga yang menurunkan keinginan untuk melakukan hubungan seks.

Perempuan yang sudah menopause pun cenderung mengalami hot flashes atau kondisi tubuh terasa hangat hingga cepat berkeringat yang semakin membuat malas untuk melakukan hubungan. Belum lagi jika kadar stres yang semakin tinggi sehingga memengaruhi suasana hati. Tentunya, hal ini akan semakin memperparah rasa enggan bercinta dengan pasangan.

Cara membangkitkan gairah setelah menopause

Jangan langsung putus asa dengan keadaan. Anda masih bisa memperbaiki bahkan meningkatkan gairah seks setelah menopause. Simak langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali pengalaman seks saat menopause:

1. Tetap memikirkan seks

Mengembalikan gairah setelah menopause bisa dilakukan dengan bersama-sama memikirkan aktivitas bercinta yang menyenangkan bersama pasangan
Ajak pasangan bersama-sama memikirkan seks yang menyenangkan

Kadar hormon boleh saja turun, tapi hal tersebut tidak akan memengaruhi otak untuk tetap bisa membayangkan seks. Otak juga merupakan organ seksual yang sangat penting. Untuk itu, manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Cobalah membuka diri dalam hal-hal yang berbau seks. Lebih baik lagi, ajak pasangan untuk bersama-sama memikirkan seks yang menyenangkan.

2. Menggunakan kondom dan pelumas

Vagina kering bukan sesuatu yang tidak bisa diatasi. Anda bisa menyarankan pasangan untuk menggunakan kondom dan pelumas tambahan. 

Sudah ada beragam varian kondom yang dijual di pasaran, mulai dari kondom yang sangat tipis hingga varian dengan bintil yang bisa menambah kenikmatan. Menambah pelumas juga disarankan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat vagina yang kering.

3. Buat rencana melakukan hubungan seks

Mungkin Anda akan sulit melakukan seks spontan hanya dengan satu atau dua rangsangan. Untuk itu, buatlah sebuah rencana seks dari jauh-jauh hari. Taktik ini juga bisa buat Anda dan pasangan saling mempersiapkan diri.

Rencanakan sebuah liburan singkat atau staycation di akhir pekan. Tidak perlu terlalu mahal, asalkan bisa mengingatkan kembali cerita-cerita masa lalu saat Anda dan pasangan bertemu.

4. Berolahraga

Cara membangkitkan gairah setelah menopause adalah dengan rutin olahraga
Olahraga ringan seperti jogging dapat membantu mengembalikan gairah

Cobalah lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Tidak perlu memilih olahraga berat, jogging atau bersepeda juga sudah cukup. Tidak ada salahnya juga mencoba aktivitas baru dengan tetap memerhatikan kondisi kesehatan tubuh, ya.

Olahraga dan aktivitas fisik lainnya bisa membuat Anda menjaga bentuk tubuh. Selain itu, olahraga juga mengeluarkan hormon endorfin yang bisa menurunkan kadar stres serta memperbaiki mood.

5. Senam kegel

Melakukan senam kegel bisa membantu mengencangkan otot panggul. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sensasi yang lebih terasa saat melakukan hubungan seks. Kencangkan otot dasar panggul selama 5–10 detik. Lepaskan secara perlahan, lalu ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Lakukanlah senam kegel sebanyak tiga kali sehari di sela-sela kesibukkan Anda. Mungkin awalnya akan sulit menemukan otot panggul yang harus dikencangkan. Untuk memudahkan Anda, cobalah menahan air seni yang keluar saat Anda pipis. Nah, itulah otot yang harus Anda latih.

6. Mencoba pengalaman baru bercinta

Seks tidak hanya seputar Anda dan pasangan melakukan satu-dua gerakan di atas tempat tidur. Ada berbagai hal lain yang juga sudah bisa disebut bercinta dengan pasangan. Contohnya adalah memilih kondom dan pelumas bersama-sama, atau berburu sex toy terbaik untuk permainan berikutnya. Kegiatan ini juga bisa menjadi foreplay untuk Anda dan pasangan.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan mainan tersebut bersama pasangan. Tidak ada salahnya juga, kok, kalau Anda mau melakukannya sendiri. Malah, itu jadi salah satu cara mendapatkan sensasi untuk meningkatkan gairah seksual.

7. Meningkatkan komunikasi dengan pasangan

Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah modal utama dalam segala hal. Jika sudah mencapai masa menopause, berarti setidaknya Anda sudah melalui belasan bahkan puluhan tahun bersama pasangan. Jadi, tidak perlu lagi malu untuk menceritakan hasrat dan keinginan Anda di atas ranjang.

Menjaga komunikasi juga bisa membantu mendapatkan mood untuk berhubungan seks. Namun, itu bukan satu-satunya cara. Menjaga keintiman dengan pasangan juga perlu Anda lakukan. Sederhananya, berpelukan dan berciuman setiap hari juga bisa bantu Anda tetap terhubung secara lahir dan batin dengan pasangan.

Baca Juga

  • BenarkahTanaman Damiana Berkhasiat Naikkan Birahi?
  • Mengenal Swinger dan Kaitannya dengan Risiko Terjangkit PMS
  • Mengenal Penyebab Menometroragia dan Cara Mengatasinya

Catatan dari SehatQ

Menopause cenderung menurunkan gairah seks para perempuan. Kondisi ini menyebabkan kondisi tubuh berubah dan vagina kering sehingga membuat aktivitas seks tidak lagi semenarik dulu. Namun, hal tersebut masih bisa diatasi dengan berbagai cara sederhana.

Salah satunya dengan melakukan olahraga guna menjaga berat tubuh ideal dan meningkatkan mood. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pelumas untuk mengatasi vagina kering. Namun, tetap jaga komunikasi dan keintiman dengan pasangan karena itu kunci yang paling utama.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara meningkatkan gairah seks saat menopause, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

menopausemasalah seksualhubungan seksualtips seks

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved