logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

8 Cara Membahagiakan Pasangan agar Langgeng Selamanya

open-summary

Cara membahagiakan pasangan perlu dilakukan agar Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan awet. Dengan ini, Anda dan pasangan mampu melalui beragam cobaan bersama-sama.


close-summary

8 Jun 2020

| Lenny Tan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara membahagiakan pasangan bisa dimulai dengan meluangkan waktu bersama

Salah satu cara membahagiakan pasangan bisa dengan memasak bersama

Table of Content

  • Cara membahagiakan pasangan bisa dilakukan dengan langkah ini
  • Catatan dari SehatQ

Hubungan yang awet tentu tidak terjadi begitu saja. Perlu usaha ekstra untuk mempertahankannya. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara membahagiakan pasangan agar ia selalu merasa dihargai dan dicintai.

Advertisement

Cara membahagiakan pasangan bisa dilakukan dengan langkah ini

Sebagian besar hubungan pasti memiliki saat suka dan duka. Supaya Anda dan pasangan dapat bertahan melaluinya, butuh kerja keras serta komitmen.

Berikut beberapa tindakan sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat pasangan merasa bahagia:

1. Menerima pasangan apa adanya

Salah satu penyebab pertengkaran dan perdebatan adalah Anda atau pasangan yang merasa keberatan dengan sifat maupun kebiasaan buruk tertentu. Jika serius membawa hubungan ke jenjang selanjutnya, harus saling mengakui dan menerima kekurangan masing-masing.

Jadi cara membahagiakan pasangan yang pertama adalah tidak mencoba untuk mengubah karakter pasangan secara drastis. Sebaliknya, Anda pun tidak perlu sepenuhnya mengubah kepribadian demi pasangan.

Anda dan pasangan bisa mendiskusikan langkah-langkah tertentu agar bisa saling kompromi dan tidak merasa dipojokkan.

2. Menjadi pendengar yang baik

Ketika pasangan Anda menceritakan masalahnya, dengarkanlah dengan saksama agar ia tidak kecewa dan menyesal telah membuka hati pada Anda. Ini juga bisa menjadi salah satu resep jitu dalam cara membahagiakan pasangan.

Terkadang, suatu sesi curhat bukan melulu bertujuan mencari penyelesaian. Pasangan Anda mungkin saja hanya butuh seseorang untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Agar pasangan merasa nyaman, jadilah pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik juga dapat meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasangan. Hubungan dapat menjadi lebih bermakna jika Anda mendengarkannya dengan cinta dan kasih sayang, tanpa menghakimi.

3. Jangan menyia-nyiakan hubungan yang telah tercipta

Cara membahagiakan pasangan berikutnya adalah fokus untuk membangun hubungan Anda. Tidak ada ikatan kuat yang tercipta begitu saja, Anda dan pasangan perlu menjalin dan menjaganya dengan cermat.

Sebagai contoh, apabila terjadi pertengkaran atau kesalahpahaman, bicarakan bersama-sama agar bisa diselesaikan. Hal ini mungkin tak bisa langsung dilakukan saat itu juga.

Namun buatlah janji dengan pasangan untuk membicarakan masalah tersebut ketika Anda berdua sudah tenang dan emosi tidak lagi meluap-luap. Jangan hanya membiarkan masalah berlalu begitu saja, tanpa penyelesaian yang pasti.

4. Menghabiskan waktu bersama

Di tengah kesibukan Anda, mungkin rasanya sulit untuk meluangkan waktu bersantai dengan keluarga. Namun menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai mesti menjadi salah satu prioritas utama Anda.

Jangan pernah berhenti untuk melakukan sesuatu yang romantis demi kelanggengan hubungan Anda. Cara membahagiakan pasangan ini bisa Anda lakukan dengan langkah simpel. Mulai dari sekadar mengobrol dari hati ke hati menjelang tidur hingga liburan bersama. Ingatlah bahwa tidak ada yang dapat menggantikan rasa kebersamaan ini.

Bagi pasangan suami-istri (pasutri) yang telah memiliki momongan, sesekali luangkanlah waktu untuk berduaan. Anda mungkin bisa meminta bantuan anggota keluarga untuk menjaga anak-anak selama beberapa jam agar bisa makan malam romantis bersama.

5. Memberikan perhatian pada pasangan

Memang, terdapat perbedaan besar antara pria dan wanita dalam mengekspresikan perasaannya. Wanita biasanya lebih mampu mengungkapkan isi hatinya daripada pria.

Meski demikian, jangan sampai melupakan bahwa pria juga punya perasaan. Kaum hawa dianjurkan supaya tidak hanya menuntut perhatian, tapi juga berusaha untuk lebih peka dan turut memberi perhatian pada pasangannya.

Dengan begitu, para pria mungkin akan lebih terbuka dan tidak enggan untuk mendiskusikan masalahnya dengan pacar atau istrinya.

6. Memberikan pujian pada pasangan

Ketika pasangan mencapai prestasi tertentu (misalnya, dalam hal pekerjaan maupun pendidikan), Anda bisa memberikan pujian padanya. Perhatian ini akan menunjukkan rasa bangga Anda sehubungan dengan keberhasilannya.

Jangan ragu untuk memberikan pujian di depan umum maupun saat Anda berduaan untuk supaya pasangan merasa senang. Langkah ini penting sebagai bagian dari cara membahagiakan pasangan.

7. Memberikan kejutan manis

Cobalah untuk membuat pasangan bahagia dengan memberikan kejutan romantis nan manis, tanpa perlu menunggu momen spesial. Misalnya, membuatkan sarapan, mengirimkan bunga dan pesan cinta, atau sekadar meneleponnya di tengah kesibukan Anda.

Hal-hal tak terduga tersebut dapat membuat pasangan merasa dihargai dan dicintai. Cara membahagiakan pasangan ini sekaligus mampu meningkatkan semangatnya untuk melalui kesibukan dan rutinitasnya.

8. Percaya dengan pasangan

Cemburu merupakan hal yang wajar dalam suatu hubungan, namun jangan berlebihan. Rasa cemburu yang berlebihan dapat membuat hubungan Anda hancur

Hindari memberikan tuduhan-tuduhan tak berdasar ke pasangan Anda. Saling percaya adalah salah satu kunci agar pasangan tetap merasa nyaman dalam melakukan aktivitas dan tidak merasa tertekan dalam hubungan.

Baca Juga

  • Tips Kencan Aman Saat Pandemi Virus Corona Agar Tetap Romantis
  • 7 Cara Memiliki Cinta Tulus, Tanpa Syarat dan Pamrih
  • Kenapa Sering Typo saat Mengetik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Catatan dari SehatQ

Cara-cara membahagiakan pasangan tersebut mungkin tampak sepele, namun perlu komitmen untuk melakukannya. Meski sederhana, semuanya penting dan dapat membantu Anda dalam menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan.

Ingatlah bahwa segala kebaikan yang Anda berikan pasti akan berbuah indah pada waktunya. Semoga langgeng selalu!

Advertisement

asmarapercintaanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved