5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri yang Perlu Dicoba


Cara membahagiakan diri sendiri adalah hal yang sangat personal. Namun ketika sudah tahu apa saja yang paling cocok, ini bisa jadi penghalau stres juga. Selain melakukan sesuatu yang membuat diri sendiri bahagia, semua juga bisa dimulai dari pola pikir.

0,0
08 Jun 2021|Azelia Trifiana
cara membahagiakan diri sendiriSumber kebahagian tiap orang berbeda-beda
Apa yang dianggap bahagia bagi satu individu tentu berbeda dengan individu lainnya. Itulah mengapa, cara membahagiakan diri sendiri adalah hal yang sangat personal. Namun ketika sudah tahu apa saja yang paling cocok, ini bisa jadi penghalau stres juga.
Selain melakukan sesuatu yang membuat diri sendiri bahagia, semua juga bisa dimulai dari pola pikir. Ketika sudah terbiasa berpikir positif, maka kebahagiaan pun lebih mudah datang.

Tentukan sumber kebahagiaan

Tentu langkah pertama dalam menerapkan cara membahagiakan diri sendiri adalah menentukan apa sumber kebahagiaan Anda. Hanya diri sendiri yang tahu seputar hal ini, bukan orang lain atau persepsi masyarakat.Bahkan bisa jadi, konsep bahagia yang umum di masyarakat berbeda dengan apa yang menurut Anda membahagiakan. Itu tidak apa-apa, sah-sah saja.Jangan sampai apa konsep yang menurut masyarakat membahagiakan justru menjadi beban tersendiri. Contohnya merasa stres belum mencapai standar kebahagiaan seperti sudah punya rumah sendiri, mobil tercanggih, ponsel teranyar, atau bahkan persepsi soal bentuk tubuh dan warna kulit yang tidak valid.

Faktor yang berpengaruh pada kebahagiaan

Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kebahagiaan diri sendiri, seperti:
  • Uang
  • Teman
  • Kesehatan
  • Lingkungan tetangga
  • Kondisi kehidupan
  • Kehidupan spiritual
  • Memaknai tujuan hidup
  • Keterlibatan dalam komunitas
Meski demikian, tidak sukses dalam salah satu faktor di atas bukan berarti Anda tidak bahagia. Begitu pula sebaliknya. Ketika seluruh faktor di atas sudah terpenuhi, juga belum berarti jalan menuju kebahagiaan diri sendiri sudah tercapai.Artinya, fokus pada beberapa faktor di atas bisa meningkatkan kadar kebahagiaan dalam menjalani hidup. Sebagai contoh dengan terlibat dalam komunitas. Mulai dari hal kecil yang membuat Anda merasa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Cara membahagiakan diri sendiri

optimis
Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara membahagiakan diri sendiri:

1. Mengubah perilaku

Bagaimana perilaku Anda terhadap hidup dan segala hal yang terjadi setiap harinya dapat berdampak pada kadar kebahagiaan serta kepuasan akan hidup. Bukan hanya melihat sesuatu dari kaca mata optimistis saja, namun juga memiliki pengendalian diri yang baik.Mereka paham betul bahwa apapun yang terjadi berada di bawah kendali mereka. Sebaliknya, tidak ada pikiran bahwa mereka adalah korban dari situasi yang terjadi.Begitu pula ketika menghadapi halangan. Bukan dianggap sebagai ancaman, namun lebih pada tantangan. Dengan demikian, lebih mudah menemukan solusi-solusi yang efektif.

2. Temukan keseimbangan

Terkadang, orang sibuk mengejar apa yang menurut mereka bisa membahagiakan. Padahal, belum tentu itu yang tercapai. Lihat saja orang yang gila kerja alias workaholic justru jatuh sakit dan tak punya waktu bersenang-senang bersama orang terdekat.Memang benar kondisi finansial stabil itu penting. Namun, tetap perlu disertai dengan keseimbangan dalam hal lain yaitu kesehatan, relasi, dan hal bermakna lainnya.Tak perlu mengerahkan upaya sekuat tenaga untuk mengejar satu tujuan dan mengabaikan faktor lainnya. Sebisa mungkin, seimbangkan berbagai hal dengan menuliskan apa saja target yang ingin dicapai.

3. Realistis mencapai tujuan

Terkadang, ekspektasi berlebihan bisa menyebabkan seseorang gagal dan kecewa berkali-kali lipat. Apabila ingin menerapkan cara membahagiakan diri sendiri, pasang target kecil yang mudah dicapai terlebih dahulu. Setelah tercapai, baru berikan apresiasi kepada diri sendiri.Jangan lupa libatkan orang-orang terdekat untuk memberi dukungan. Ini bisa jadi sumber motivasi sendiri ketika merasa ingin menyerah di tengah jalan.

4. Kebiasaan membahagiakan

Menariknya, ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa menjadi sumber kebahagiaan. Terkesan sederhana, namun dampaknya bisa cukup besar yaitu:
  • Menulis jurnal hal yang perlu disyukuri
  • Berjalan kaki dan menghirup udara segar
  • Terus merasa penasaran pada hal di sekitar

5. Fokus nikmati saat ini

Terkesan mudah, namun bisa saja seseorang tidak menikmati momen yang tengah dijalaninya karena berbagai hal. Distraksi bisa datang dari mana saja. Termasuk, akibat menghabiskan waktu terlalu banyak melihat gadget dan media sosial.Sebagai contoh, saat sedang menonton konser namun justru tidak merasa bahagia karena sibuk merekam dengan ponsel atau mengunggahnya ke media sosial. Begitu pula saat sedang berjalan-jalan menikmati alam sekitar.Terkadang, melakukan digital detox bisa menjadi cara untuk menikmati waktu saat ini. Menjalani hari sepenuh hati siapa tahu menjadi cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

Catatan dari SehatQ

Cara membahagiakan diri sendiri mungkin datang dari hal yang tak disangka-sangka. Langkah kecil bahkan mungkin bisa berdampak besar pada tujuan jangka panjang. Jadi, ada baiknya merunut terlebih dahulu apa hal yang membuat Anda merasa antusias dan jadikan itu sebagai panduan mencapai kebahagiaan.Tapi ingat bahwa kebahagiaan bukanlah tujuan akhir. Proses mencapainya juga termasuk dalam kebahagiaan. Ada rasa senang, penuh makna, dan puas ketika menjalaninya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kebahagiaan dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kecemasanpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-be-happy-an-introduction-3144720
Diakses pada 25 Mei 2021
Frontiers in Psychology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2019.00584/full
Diakses pada 25 Mei 2021
APA PsycNet. https://doi.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Femo0000033
Diakses pada 25 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait