13 Cara Memanjangkan Rambut Pria yang Mudah Dilakukan

(0)
18 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak cara memanjangkan rambut pria yang bisa dicoba, salah satunya berhenti merokok!Berhenti merokok dan tidur teratur adalah cara memanjangkan rambut pria yang bisa dicoba.
Tidak semua pria menginginkan model rambut yang pendek. Sebagian pria lebih memiliki model rambut gondrong alias panjang. Jika Anda termasuk salah satu yang menginginkan model rambut ini, mari kenali berbagai cara memanjangkan rambut pria dengan cepat.

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat

Selain genetik, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut, seperti pola makan, usia, jenis rambut, kadar stres, obat-obatan, serta penyakit tertentu.Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, pertumbuhan rambut Anda dinilai akan semakin cepat. Berikut adalah beragam cara memanjangkan rambut pria yang bisa Anda coba.

1. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Masih sering begadang? Cobalah hentikan kebiasaan ini jika ingin rambut Anda tumbuh dengan cepat. Selama Anda tidur, hormon pertumbuhan akan mempercepat reproduksi sel dan pertumbuhan rambut. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

2. Menghindari stres

Stres bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, termasuk rambut. Sebab, kadar stres yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari stres dengan berbagai kegiatan di bawah ini:
  • Olahraga
  • Yoga
  • Meditasi
  • Tidur yang teratur
  • Mendengarkan musik
  • Liburan
  • Melakukan hobi yang menyenangkan.

3. Memperlakukan rambut dengan lembut

Menyisir rambut secara terburu-buru atau kasar, kebiasaan memutar atau menarik rambut, hingga menggunakan bahan-bahan kimia untuk meluruskan rambut, merupakan beberapa hal yang dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan rambut.Cobalah untuk lebih lembut saat sedang menyisir atau mengatur gaya rambut Anda. Jika Anda ingin menggunakan produk perawatan rambut, cobalah lakukan di salon dengan panduan ahlinya.

4. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara memanjangkan rambut pria dengan cepat yang harus dicoba
Segera berhenti merokok jika tidak ingin rambut rontok!
Ingin rambut Anda lebih cepat tumbuh? Berhentilah merokok sekarang juga. Menurut sebuah riset, merokok dapat menyebabkan rambut rontok. Kebiasaan ini dapat merusak folikel rambut dan akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut.

5. Memijat kulit kepala

Memijat kulit kepala secara rutin dapat merangsang dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga membuat rambut Anda lebih tebal.Sebuah riset membuktikan, pria yang memijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari mengalami tingkat ketebalan rambutnya hanya dalam waktu 24 minggu.Namun, di minggu ke-12, beberapa partisipan mengalami kerontokan rambut, sebelum akhirnya rambut tumbuh kembali dan membuat rambut mereka terlihat tebal.Perlu diingat juga, partisipan di dalam studi itu menggunakan mesin pijat, bukan jari-jemarinya. Menggosok-gosok kulit kepala dengan jari malah bisa menyebabkan kerontokan rambut.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi cara memanjangkan rambut pria yang bisa Anda coba. Terdapat beberapa makanan yang dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut.Salah satunya legum yang mengandung protein tinggi. Protein dianggap ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya kuat.Selain itu, jangan lupakan juga makanan yang mengandung biotin atau vitamin B7, seperti kuning telur dan biji-bijian. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.Jangan lupa juga dengan produk susu rendah lemak. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

7. Mengonsumsi kafein

Selain meningkatkan kewaspadaan, ternyata kafein terbukti bisa merangsang pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian mengungkapkan, kafein dapat merangsang pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ. Efek ini dapat dirasakan pria dan wanita.

8. Mencoba minyak atsiri

Selain aromanya menenangkan hati, ada sejumlah minyak atsiri yang dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut.Sebuah penelitian menyatakan, mengonsumsi minyak biji labu dalam bentuk kapsul sebanyak 400 miligram secara rutin selama 24 minggu dapat meningkatkan jumlah rambut partisipan pria sebanyak 40 persen.Selain itu, minyak atsiri rosemary juga terbukti memiliki efektivitas yang sama seperti obat minoxidil dalam mengembalikan pertumbuhan rambut.

9. Mengoleskan minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan ketebalan rambut.Cobalah oleskan minyak jarak ke kulit kepala dan rambut selama 30-60 menit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk membilas rambut Anda dengan air bersih setelahnya.

10. Mencoba minyak zaitun

Minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai cara memanjangkan rambut pria
Mengoleskan minyak zaitun dipercaya bisa memanjangkan rambut
Selain minyak jarak, minyak zaitun juga dipercaya ampuh sebagai cara memanjangkan rambut pria. Sebab, minyak ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya terlihat lembut serta berkilau.Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut selama 30-60 menit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Jangan lupa membersihkannya dengan air.

11. Menggunakan masker telur

Telur mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan rambut. Itulah mengapa membuat masker rambut dari telur dipercaya bisa menjadi cara memanjangkan rambut pria yang ampuh.Pecahkan 1-2 telur, setelah itu oleskan langsung di bagian kepala dan rambut selama 30 menit. Sesudahnya, bersihkan rambut Anda dengan air dan sampo.

12. Menggunakan masker pisang

Selain telur, ternyata pisang juga bisa dijadikan masker yang merangsang pertumbuhan rambut. Buah ini mengandung mineral yang bisa membantu pembentukan kolagen dan membuat rambut menjadi tebal, kuat, dan halus.Tumbuk pisang menjadi halus, lalu campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan langsung di bagian kulit kepala dan rambut. Kemudian, diamkan selama 20-30 menit.  Setelah itu, Anda boleh membilas rambut saat mandi dengan sampo.

13. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi untuk merangsang pertumbuhan sel yang sehat dan membuat rambut lebih berkilau.Selain itu, vitamin B12 dan asam folat yang dikandung gel lidah buaya juga bisa mencegah kerontokan rambut.

Catatan dari SehatQ

Bagi kaum adam yang ingin memiliki rambut panjang, berbagai cara memanjangkan rambut pria di atas boleh dicoba. Namun, jika memang Anda memiliki masalah rambut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-grow-hair-faster-men#lifestyle-changes
Diakses pada 4 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326764#speeding-up-hair-growth
Diakses pada 4 Februari 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/how_to_grow_hair_faster_and_thicker_naturally/article.htm
Diakses pada 4 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#:~:text=Aloe%20vera%20contains%20vitamins%20A,your%20hair%20from%20falling%20out.
Diakses pada 4 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait