logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Cara Memanjangkan Rambut Pria yang Mudah dan Cepat

open-summary

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat bisa dilakukan lewat metode-metode sederhana seperti tidur yang cukup, minum vitamin, hingga berhenti merokok.


close-summary

4 Feb 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Ada banyak cara memanjangkan rambut pria yang bisa dicoba, salah satunya berhenti merokok

Berhenti merokok dan tidur teratur adalah cara memanjangkan rambut pria secara alami

Table of Content

  • Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat
  • Kandungan yang sebaiknya dihindari
  • Faktor yang berpengaruh terhadap tumbuhnya rambut

Sebagian pria lebih memilih untuk tidak memotong rambutnya demi memiliki model rambut gondrong alias panjang. Jika Anda termasuk salah satu yang menginginkan model rambut ini, mari kenali berbagai cara memanjangkan rambut pria dengan cepat.

Advertisement

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat

Selain genetik, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut, seperti pola makan, usia, jenis rambut, tingkat stres, obat-obatan, serta penyakit tertentu.

Dengan menjalani gaya hidup yang sehat dan bantuan beberapa bahan alami, pertumbuhan rambut Anda dinilai akan semakin cepat. Berikut adalah beragam cara memanjangkan rambut pria yang bisa Anda coba.

1. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya telah diketahui sejak lama dapat menyuburkan pertumbuhan rambut sehingga lebih cepat panjang. Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiganya berkontribusi untuk merangsang pertumbuhan sel yang sehat dan membuat rambut lebih berkilau.

Selain itu, vitamin B12 dan asam folat yang dikandung gel lidah buaya juga bisa mencegah kerontokan rambut.

2. Masker telur

Telur mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan rambut. Itulah sebabnya membuat masker rambut dari telur dipercaya bisa menjadi cara cepat memanjangkan rambut pria.

Anda bisa menggunakan 1-2 butir telur. Oleskan langsung di bagian kulit kepala dan rambut Anda selama 30 menit. Sesudahnya, bersihkan rambut Anda dengan air dan sampo.

3. Menggunakan masker pisang

Selain telur, pisang juga bisa dijadikan masker yang membantu rambut pria cepat panjang. Buah ini mengandung mineral yang bisa membantu pembentukan kolagen dan membuat rambut menjadi tebal, kuat, dan halus.

Caranya, Anda bisa menumbuk pisang hingga halus dan campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan langsung di bagian kulit kepala dan rambut, dan diamkan 20-30 menit. Setelahnya, bilaslah rambut dengan sampo hingga bersih.

4. Mengoleskan castor oil

Menggunakan minyak alami, seperti castor oil juga dapat membantu rambut Anda cepat gondrong. Minyak jarak atau castor oil mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan membuat rambut tebal dan panjang.

Cobalah oleskan minyak jarak ke kulit kepala dan rambut selama 30-60 menit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk membilas rambut Anda dengan air bersih setelahnya.

5. Mencoba minyak zaitun

Minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai cara memanjangkan rambut pria
Mengoleskan minyak zaitun dipercaya bisa memanjangkan rambut pria

Selain minyak jarak, minyak zaitun juga dipercaya ampuh sebagai salah satu cara memanjangkan rambut pria. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya terlihat lembut serta berkilau.

Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut , serta mendiamkannya selama 30-60. Lakukan ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Pastikan Anda membilasnya hingga bersih dengan air dan sampo.

6. Mencoba minyak atsiri

Selain aromanya menenangkan hati, minyak atsiri adalah bahan alami yang dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut sehingga jadi lebih cepat panjang.

Sebuah penelitian menyatakan, mengonsumsi salah satu jenis minyak alami ini, yaitu minyak biji labu dalam bentuk kapsul sebanyak 400 miligram secara rutin selama 24 minggu dapat meningkatkan jumlah rambut partisipan pria sebanyak 40 persen.

Selain itu, minyak atsiri rosemary juga terbukti memiliki efektivitas yang sama seperti obat minoxidil dalam mengembalikan pertumbuhan rambut. Akan tetapi, pastikan Anda mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter,

7. Memijat kulit kepala

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat selajutnya adalah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala secara rutin dapat memperlancar aliran darah ke akar dan folikel rambut. Denga begitu, pertumbuhan rambut pun jadi lebih baik, yakni tebal dan panjang.

Sebuah riset membuktikan, pria yang memijat kulit kepala menggunakan alat pijat selama 4 menit setiap hari mengalami peningkatan ketebalan rambut hanya dalam waktu 24 minggu.

Memang, pada minggu ke-12 beberapa partisipan mengalami kerontokan rambut. Namun, rambutnya kembali tubuh dan tampak lebih tebal dari sebelumnya.

Jika Anda hendak memijat dengan jari, pastikan Anda telah memahami dengan betul caranya. Cobalah tanyakan ke dokter mengenai hal ini. Pasalnya, menggosok-gosok kulit kepala dengan jari malah dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga

  • Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Sehat dan Berkilau
  • NoFap, Gaya Hidup Tanpa Masturbasi dan Melihat Pornografi, Apa Manfaatnya?
  • Berbagai Cara Menumbuhkan Rambut Botak dengan Cepat

8. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara memanjangkan rambut pria dengan cepat yang harus dicoba
Merokok dapat menghambat pertumbuhan rambut pria

Ingin rambut Anda lebih cepat tumbuh? Berhentilah merokok sekarang juga. Menurut sebuah riset dalam Archive of Dermatology, merokok dapat menyebabkan rambut rontok.

Hal ini karena kandungan dalam rokok dapat merusak folikel rambut yang menyebabkan ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut. Akibatnya, rambut Anda tidak kunjung panjang.

9. Mengonsumsi kafein

Selain meningkatkan kewaspadaan, ternyata kafein juga diketahui bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga membuatnya lebih panjang.

Sebuah penelitian mengungkapkan, kafein dapat merangsang pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ. Efek ini dapat dirasakan pria dan wanita.

10. Menghindari stres

Stres bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, termasuk rambut. Kadar stres yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga impian para pria untuk punya rambut panjang pun sulit terlaksana.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau bahkan mengendalikan stres yang dapat berperan dalam memanjangkan rambut pria, yaitu:

  • Olahraga
  • Yoga
  • Meditasi
  • Tidur yang teratur
  • Mendengarkan musik
  • Liburan
  • Melakukan hobi yang menyenangkan.

11. Mengonsumsi makanan sehat

Selain menggunakan masker atau minyak alami, cara membuat rambut pria cepat panjang bisa dilakukan dari dalam, yakni dengan memperhatikan asupan makanannya.

Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi cara cepat memanjangkan rambut pria yang bisa Anda coba. Terdapat beberapa makanan yang dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut, salah satunya legum yang tinggi protein.

Protein dianggap ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya kuat.

Selain itu, jangan lupakan juga makanan yang mengandung biotin atau vitamin B7, seperti kuning telur dan biji-bijian. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi produk susu rendah lemak. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

12. Istirahat cukup

Masih sering begadang? Cobalah hentikan kebiasaan ini jika ingin rambut Anda tumbuh dengan cepat. Hal ini karena selama Anda tidur, hormon pertumbuhan akan mempercepat reproduksi sel dan pertumbuhan rambut. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

13. Merawat rambut dengan benar

Menyisir rambut secara terburu-buru atau kasar, kebiasaan memutar atau menarik rambut, tidak mengeringkan rambut, hingga menggunakan bahan-bahan kimia untuk meluruskan rambut, merupakan beberapa hal yang dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Itu sebabnya, merawat rambut gondrong pun harus dengan cara yang tepat. Cobalah untuk lebih lembut saat sedang menyisir atau mengatur gaya rambut Anda. Jika Anda ingin menggunakan produk perawatan rambut, cobalah lakukan di salon dengan panduan ahlinya.

14. Suplemen

suplemen
Konsumsi suplemen yang kaya akan vitamin bisa memanjangkan rambut pria dengan cepat

Apabila ingin menambahkan suplemen sebagai cara bikin rambut gondrong, coba pilih suplemen yang mengandung:

  • Biotin
  • Omega 3 dan omega 6
  • Zinc
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin D

Namun, perlu diingat bahwa belum ada bukti ilmiah kuat bahwa suplemen-suplemen di atas bisa membantu apabila seseorang mengalami kekurangan nutrisi. Untuk lebih amannya, konsultasikan dulu dengan dokter agar tahu apakah ada interaksi dengan konsumsi obat lainnya.

Kandungan yang sebaiknya dihindari

Merawat rambut bisa dimulai dengan merawat kulit kepala. Ketika kulit kepala dalam kondisi sehat, artinya rambut menjadi semakin kuat, tebal, dan siklus pertumbuhannya pun optimal sehingga rambut lebih cepat panjang.

Jangan mencuci rambut setiap hari karena bisa menghilangkan kelembapan alaminya. Sebaiknya keramas setiap 2-3 hari sekali dan gunakan kondisioner untuk mengurangi rambut bercabang dan rontok.

Terdapat beberapa bahan yang harus dihindari saat memilih produk perawatan rambut jika kaum pria ingin rambut cepat panjang, yakni:

  • Sulfat
  • Alkohol
  • Bleach
  • Peroksida
  • Dye
  • Polyethylene glycol (PEG)

Sebaliknya, Anda dapat memilih beberapa produk yang memiliki kandungan bahan-bahan berikut ini jika ingin memiliki rambut gondrong:

  • Alpukat, kelapa, jojoba, zaitun, dan argan
  • Keratin
  • Protein
  • Kafein
  • Lidah buaya
  • Peppermint dan rosemary (minyak esensial)

Faktor yang berpengaruh terhadap tumbuhnya rambut

Sebenarnya, tidak ada cara yang paling efektif untuk memanjangkan rambut secara cepat. Hanya saja, yang menjadi kendali Anda adalah menghindari hal yang bisa menyebabkan kerontokan atau membuat pertumbuhan rambut lebih lama.

Selain itu, kenali juga beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, seperti:

  • Pola makan
  • Usia
  • Genetik
  • Jenis rambut
  • Level stres
  • Konsumsi obat
  • Kondisi medis

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara memanjangkan rambut pria, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved