8 Cara Memanjangkan Rambut yang Alami dan Mudah Dilakukan


Cara memanjangkan rambut yang mengalami kebotakan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, mulai dari mengoleskan lidah buaya, memijat kulit kepala, hingga mengonsumsi telur.

0,0
16 Jun 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memanjangkan rambut yang mengalami kebotakanAnda bisa menggunakan lidah buaya untuk memanjangkan rambut dengan sehat.
Bagi sebagian orang, memanjangkan rambut bukanlah perkara mudah. Ibarat menunggu sesuatu yang tidak pasti, Anda tidak tahu kapan rambut indah yang diimpikan akan tercapai. Untungnya, ada berbagai cara memanjangkan rambut yang bisa Anda coba.Cara-cara ini alami dan menggunakan bahan yang sangat mudah didapat, seperti telur, alpukat, hingga lemon. Berikut ini pilihan metode yang bisa dicoba, untuk mendapatkan rambut panjang impian Anda.[[artikel-terkait]]

Cara memanjangkan rambut secara alami

Saat ini, memang banyak produk perawatan rambut yang dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, bagi Anda yang lebih memilih untuk menggunakan cara alami, berikut ini langkah yang bisa Anda coba.
lidah buaya

1. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memanjangkan rambut. Tumbuhan yang satu ini juga dipercaya membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.Tidak hanya sampai di situ, lidah buaya pun dianggap dapat membantu mengurangi ketombe dan menyingkirkan minyak berlebih di kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaatnya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, beberapa kali dalam seminggu.

2. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat membantu menstimulasi aliran darah ke area tersebut. Hal ini  akan memicu pertumbuhan rambut. Pijatlah kulit kepala menggunakan ujung-ujung jari, dengan gerakan memutar secara lembut.

3. Konsumsi telur

Agar rambut dapat tumbuh dengan baik, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, seperti telur. Telur kaya akan kandungan protein dan biotin, yang baik untuk memicu pertumbuhan rambut.Anda perlu mengonsumsi cukup protein, agar rambut dapat tetap sehat. Sebab, sebagian besar folikel rambut, terbuat dari protein. Saat kekurangan protein,  rambut akan menjadi lebih mudah rontok.
alpukat untuk memanjangkan rambut

4. Konsumsi alpukat

Cara alami lain yang bisa Anda coba untuk memanjangkan rambut adalah dengan mengonsumsi alpukat. Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin E, yang baik untuk pertumbuhan rambut.Vitamin E juga dapat melindungi kulit kepala dari kerusakan. Rusaknya kulit kepala dapat menurunkan kualitas rambut yang tumbuh, sehingga rambut terlihat lebih tipis.Alpukat juga kaya akan kandungan asam lemak essensial, yang penting dalam pembentukan sel. Jika kadar asam lemak essensial di tubuh kurang, maka rambut menjadi lebih mudah rontok.

5. Gunakan lemon

Minyak lemon atau sari lemon segar, dipercaya dapat membantu memerbaiki kualitas rambut dan merangsang pertumbuhannya. Agar rambut tumbuh lebih panjang, Anda bisa mengoleskan perasan air lemon ke kulit kepala dan rambut, 15 menit sebelum keramas.

6. Cukupi kebutuhan protein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami yang patut dicoba ialah mengonsumsi atau mencukupi kebutuhan protein harian Anda.Dilansir dari Healthline, mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein dipercaya penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

7. Konsumsi ginseng

Menurut sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Medicinal Food, mengonsumsi ginseng dipercaya ampuh sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat.Sebab, ginseng mengandung ginsenoside, komponen aktif yang dinilai memiliki dampak baik untuk rambut.Meski begitu, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba cara memanjangkan rambut dengan cepat ini agar terhindar dari efek samping.

8. Minyak rosemary

Bahan alami yang dapat dicoba selanjutnya ialah minyak rosemary. Essential oil ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut serta mengurangi kerontokan rambut.Untuk mencobanya, Anda mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary dan carrier oil. Setelah itu, oleskan ke bagian rambut dan kulit kepala. Selanjutnya, bersihkan rambut dan kulit kepala Anda dengan air hingga bersih.Perlu diingat, jangan pernah mengoleskan essential oil secara langsung ke kulit tanpa mencampurkannya terlebih dahulu dengan carrier oil.Manusia dilahirkan dengan jumlah folikel rambut yang berbeda-beda. Setidaknya ada sekitar 5 juta folikel rambut di tubuh Anda, namun kepala memiliki sekitar 100.000 folikel rambut. Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel berhenti menghasilkan rambut, itulah yang menyebabkan kebotakan atau penipisan.American Academy of Dermatology mengatakan bahwa rambut tumbuh rata-rata sekitar 1/2 inci per bulan dengan total keseluruhan isekitar 6 inci per tahun untuk rambut di kepala Anda.Seberapa cepat rambut Anda tumbuh bergantung pada:
  • Usia
  • Jenis rambut tertentu
  • Kesehatan secara keseluruhan
  • Kondisi kesehatan lainnya
Penelitian telah menemukan beberapa penemuan mengenai bagaimana pertumbuhan rambut dikendalikan pada tingkat sel dalam tubuh, namun tidak cukup untuk mengetahui bagaimana Anda bisa mempercepat pertumbuhan rambut. 

Selain cara memanjangkan rambut, perhatikan juga cara menjaganya

Setelah rambut berhasil menjadi lebih panjang dengan cara-cara di atas, Anda juga perlu melakukan langkah di bawah ini, untuk menjaga agar rambut tetap sehat.
  • Hindari penggunaan aksesoris rambut yang dapat menyebabkan rambut patah, seperti jepit rambut dan karet rambut.
  • Hindari pemakaian produk yang dapat merusak rambut, seperti pengering rambut yang terlalu panas, alat catok rambut, serta pengeriting rambut.
  • Kurangi penggunaan cat rambut.
  • Hindari penggunaan shampo secara berlebihan maupun menyisir rambut terlalu sering.
  • Jangan menyisir maupun mengikat rambut yang masih basah.
Berbagai bahan yang digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami di atas, dapat dengan mudah Anda beli di pasar maupun supermarket. Selain mudah, cara ini juga tidak memerlukan waktu yang lama. Selamat mencoba.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan rambut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakesehatan kulit kepala
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324971.php
Diakses pada 30 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#aloe-vera
Diakses pada 30 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-for-hair-growth
Diakses pada 30 Mei 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care
Diakses pada 20 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-makes-hair-grow#proper-nutrition
Diakses pada 27 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait