5 Cara Memanjangkan Rambut yang Mudah Diikuti Orang Indonesia

Ternyata, mengonsumsi telur bisa membantu memanjangkan rambut, lho!
Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk memanjangkan rambut dengan sehat.

Bagi sebagian orang, memanjangkan rambut bukanlah perkara mudah. Ibarat menunggu sesuatu yang tidak pasti, Anda tidak tahu kapan rambut indah yang diimpikan akan tercapai. Untungnya, ada berbagai cara memanjangkan rambut yang bisa Anda coba.

Cara-cara ini alami dan menggunakan bahan yang sangat mudah didapat, seperti telur, alpukat, hingga lemon. Berikut ini pilihan metode yang bisa dicoba, untuk mendapatkan rambut panjang impian Anda.

[[artikel-terkait]]

Cara memanjangkan rambut secara alami

Saat ini, memang banyak produk perawatan rambut yang dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, bagi Anda yang lebih memilih untuk menggunakan cara alami, berikut ini langkah yang bisa Anda coba.

1. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memanjangkan rambut. Tumbuhan yang satu ini juga dipercaya membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Tidak hanya sampai di situ, lidah buaya pun dianggap dapat membantu mengurangi ketombe dan menyingkirkan minyak berlebih di kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaatnya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut, beberapa kali dalam seminggu.

2. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat membantu menstimulasi aliran darah ke area tersebut. Hal ini  akan memicu pertumbuhan rambut. Pijatlah kulit kepala menggunakan ujung-ujung jari, dengan gerakan memutar secara lembut.

3. Konsumsi telur

Agar rambut dapat tumbuh dengan baik, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, seperti telur. Telur kaya akan kandungan protein dan biotin, yang baik untuk memicu pertumbuhan rambut.

Anda perlu mengonsumsi cukup protein, agar rambut dapat tetap sehat. Sebab, sebagian besar folikel rambut, terbuat dari protein. Saat kekurangan protein,  rambut akan menjadi lebih mudah rontok.

4. Konsumsi alpukat

Cara alami lain yang bisa Anda coba untuk memanjangkan rambut adalah dengan mengonsumsi alpukat. Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin E, yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin E juga dapat melindungi kulit kepala dari kerusakan. Rusaknya kulit kepala dapat menurunkan kualitas rambut yang tumbuh, sehingga rambut terlihat lebih tipis.

Alpukat juga kaya akan kandungan asam lemak essensial, yang penting dalam pembentukan sel. Jika kadar asam lemak essensial di tubuh kurang, maka rambut menjadi lebih mudah rontok.

5. Gunakan lemon

Minyak lemon atau sari lemon segar, dipercaya dapat membantu memerbaiki kualitas rambut dan merangsang pertumbuhannya. Agar rambut tumbuh lebih panjang, Anda bisa mengoleskan perasan air lemon ke kulit kepala dan rambut, 15 menit sebelum keramas.

Selain cara memanjangkan rambut, perhatikan juga cara menjaganya

Setelah rambut berhasil menjadi lebih panjang dengan cara-cara di atas, Anda juga perlu melakukan langkah di bawah ini, untuk menjaga agar rambut tetap sehat.

  • Hindari penggunaan aksesoris rambut yang dapat menyebabkan rambut patah, seperti jepit rambut dan karet rambut.
  • Hindari pemakaian produk yang dapat merusak rambut, seperti pengering rambut yang terlalu panas, alat catok rambut, serta pengeriting rambut.
  • Kurangi penggunaan cat rambut.
  • Hindari penggunaan shampo secara berlebihan maupun menyisir rambut terlalu sering.
  • Jangan menyisir maupun mengikat rambut yang masih basah.

Berbagai bahan yang digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami di atas, dapat dengan mudah Anda beli di pasar maupun supermarket. Selain mudah, cara ini juga tidak memerlukan waktu yang lama. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Banner Telemed