Cara memanjangkan rambut dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai cara
Memiliki rambut panjang yang sehat bukan mustahil

Rambut manusia tumbuh dengan kecepatan kurang lebih 3 sampai 4 mm per hari atau sekitar 15 cm per tahun. Meski demikian, ada yang pertumbuhan rambutnya lebih cepat atau lebih lambat dari itu.

Memperbaiki asupan nutrisi, menggunakan penyubur rambut, dan mengonsumsi suplemen bisa jadi cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Mengenal siklus pertumbuhan rambut

Dari 100 ribu folikel rambut di kulit kepala, tiap-tiap rambut akan mengalami tiga fase kerontokan dan pertumbuhan. Mulai dari fase anagen, katagen, hingga telogen. Berikut penjelasannya:

  • Fase anagen

Fase anagen adalah fase aktif pertumbuhan rambut. Sel-sel di akar rambut terbelah dengan cepat, lalu rambut baru terbentuk dan mendorong rambut yang lama sampai akhirnya keluar dari folikel rambut kemudian rontok.

Pada fase ini, rambut tumbuh kira-kira sepanjang 1 cm setiap bulannya. Folikel rambut di kulit kepala akan mengalami fase anagen selama dua sampai enam tahun lamanya. 

Orang-orang yang kesulitan memanjangkan rambut biasanya memiliki masa anagen yang pendek. Sedangkan mereka yang berhasil menerapkan cara memanjangkan rambut dengan cepat, umumnya mengalami fase anagen yang cukup lama. 

Alasan kenapa rambut pada kaki, tangan, alis, dan bulu mata manusia tidak pernah bisa tumbuh panjang adalah karena bagian-bagian tubuh ini memiliki fase anagen yang sangat sebentar. Durasinya hanya 30 sampai 45 hari saja. 

  • Fase katagen

Fase kategen merupakan fase transisi. Sekitar 3% dari keseluruhan rambut yang tumbuh di kulit kepala akan berada pada fase ini di setiap waktu. Fase ini akan berlangsung selama dua sampai tiga minggu. 

Di fase katagen, pertumbuhan rambut akan terhenti, lapisan luar akar rambut akan mengecil, serta menempel pada akar rambut. Dengan ini, aliran darah ke akar rambut akan berkurang. Rambut akhirnya menjadi kekurangan nutrisi dan berhenti tumbuh. 

  • Fase telogen

Fase telogen disebut juga fase istirahat, dan dialami oleh sekitar enam sampai delapan persen dari keseluruhan rambut di kulit kepala. Fase ini berlangsung selama seratus hari untuk rambut di kulit kepala. 

Dalam fase telogen, folikel rambut beristirahat total. Rambut-rambut yang telah melalui masa berhenti tumbuh juga akan rontok.

Rambut di fase telogen memiliki ciri khusus, yaitu terdapat bagian kecil yang keras berwarna putih di akar rambut. Bagian ini biasanya terlihat saat rambut rontok atau tercabut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Mempertahankan fase anagen lebih lama bisa jadi merupakan cara memanjangkan rambut dengan cepat. Proses ini sebetulnya tergantung dari terus membelahnya sel-sel di dalam folikel rambut untuk membentuk sel-sel baru. 

Para ilmuwan masih meneliti dan mencari tahu apa yang memicu tubuh untuk berada pada fase anagen. Sementara itu, beberapa hal berikut ini juga dapat Anda lakukan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat di fase anagen:

   1. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin

Sebetulnya, mengonsumsi vitamin, mineral, serta nutrisi yang cukup tidak akan serta-merta memengaruhi rambut untuk tumbuh lebih cepat. Tetapi tubuh memang butuh energi untuk memproduksi sel rambut dan menumbuhkan rambut. Kekurangan nutrisi akan membuat rambut tumbuh lebih lambat.

Yang paling baik memang mendapat asupan vitamin dan mineral secara alami dari makanan sehari-hari. Tapi jika tertarik, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang baik untuk pertumbuhan rambut. Misalnya, asam lemak omega-3 dan omega-6, zinc, vitamin B5 (asam pantotenat) dan B7 (biotin), vitamin C, serta vitamin D. 

   2. Mengoleskan minyak esensial

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa pumpkin seed oil bisa meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 40% pada pria yang mengalami penipisan rambut. Minyak esensial lain yang bisa digunakan adalah rosemary oil dan peppermint oil

Untuk menggunakannya, Anda bisa membubuhkan beberapa tetes minyak esensial tersebut pada sampo Anda. Anda juga dapat mencampurnya dengan carrier oil yang sekaligus bermanfaat dalam mencegah kerusakan rambut. Misalnya, minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau castor oil

   3. Menggunakan obat rambut oles

Biasanya, salep digunakan di kulit kepala penderita rontok rambut. Tetapi salep ini juga mungkin bisa menjadi cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa produk-produk tersebut tergolong efektif dalam mengatasi alopecia dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Produk-produk yang bisa Anda coba meliputi melatnin oles, minoxidil oles, atau sampo ketoconazole

   4. Mengonsumsi suplemen keratin

Suatu riset diadakan untuk mengamati efek dari produk yang mengandung 500 mg keratin serta vitamin dan mineral lainnya. Hasilnya, produk-produk ini ternyata mampu mengurangi rambut rontok sebanyak 25%, menguatkan rambut sebesar 5,9%, dan meningkatkan ketebalan rambut. 

   5. Mengonsumsi lebih banyak protein

Protein berfungsi membantu pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan. Jika Anda termasuk orang yang sering menata rambut menggunakan panas dan bahan kimia, protein akan sangat bermanfaat.

Anda bisa mencoba untuk memakai produk perawatan rambut yang mengandung protein atau menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut.

Di samping itu, konsumsilah lebih banyak protein dalam menu sehari-hari. Misalnya dari daging, ikan, susu, yogurt, dan sebagainya. Namun perhatikan agar jumlahnya tidak berlebihan agar tidak memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Nampaknya, kesuksesan cara memanjangkan rambut dengan cepat juga sangat tergantung pada faktor genetik. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba upaya-upaya di atas guna mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/science-hair#1
Diakses pada 1 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster#hair-growth-tips
Diakses pada 1 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed