Berbagai Cara Memanjangkan Bulu Mata (Alami dan Instan)


Banyak orang yang melakukan berbagai cara memanjangkan bulu mata untuk mempercantik penampilan. Cara memanjangkan bulu mata secara alami bisa dengan menyisir rambut hingga menggunakan bahan alami, seperti minyak jarak, minyak zaitun, dan lidah buaya.

0,0
Ada berbagai cara memanjangkan bulu mata yang dapat dilakukanPunya bulu mata lentik dan lebat adalah keinginan hampir tiap perempuan
Memiliki bulu mata lentik, tebal, dan lebat tentu menjadi dambaan hampir setiap wanita. Alhasil, banyak yang mencoba berbagai cara memanjangkan bulu mata untuk membuat penampilan lebih menarik. 
Ya, bulu mata panjang dan lebat dianggap lebih mempercantik penampilan wajah. Sayangnya, tidak semua orang dilahirkan dengan kondisi bulu mata seperti itu. Selain itu, beberapa orang juga mungkin mengalami masalah kesehatan yang dapat mengganggu pertumbuhan bulu mata sehingga menjadi rontok dan menipis.

Cara memanjangkan bulu mata secara alami

Jika Anda merasa ragu-ragu untuk ikut tren memanjangkan bulu mata melalui tindakan extension bulu mata, coba dulu berbagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Cara memanjangkan bulu mata dengan alami diyakini mudah dilakukan, lebih terjangkau, dan minim risiko efek samping. Kendati demikian, perlu diketahui bahwa belum banyak hasil studi ilmiah yang membuktikan keefektifan cara melebatkan bulu mata. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati saat melakukannya. Jika muncul rasa tidak nyaman atau reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Adapun berbagai cara memanjangkan bulu mata secara alami yang bisa Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut. 

1. Sisir bulu mata

Salah satu cara memanjangkan bulu mata dengan alami adalah dengan menyisir bulu mata. Menyisir bulu mata dapat membersihkan debu dan kotoran membandel, serta merangsang sirkulasi darah ke akar rambut untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Anda bisa menyisir bulu mata 2 kali sehari menggunakan sikat khusus bulu mata atau kuas maskara bersih. Dengan demikian, bulu mata Anda dapat tumbuh lebih panjang, lembut, dan tebal. Jika perlu, teteskan minyak vitamin E pada kuas, lalu oleskan ke helaian bulu mata. Minyak vitamin E dipercaya dapat mencegah bulu mata rontok

2. Minyak zaitun

Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan minyak zaitun
Minyak zaitun dapat melebatkan bulu mata berkat vitamin A dan E
Minyak zaitun dipercaya sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan rambut, tak terkecuali dalam melebatkan bulu mata. Minyak zaitun dapat menyerap jauh ke dalam akar rambut untuk merangsang pertumbuhan bulu mata sehingga lebih panjang dan lebat. Cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun langsung ke pangkal bulu mata tiap malam hari. Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun dengan bola kapas atau cotton bud, lalu tepuk-tepuk lembut ke bulu mata. Diamkan selama 5 menit, atau semalaman, dan bilas dengan air bersih. Hasilnya diyakini cukup menjanjikan setelah 1-2 bulan pemakaian secara rutin. 

3. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan salah satu solusi paling efektif sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Menurut hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology, kandungan ricinoleic acid, dalam minyak ini dipercaya dapat mendorong pertumbuhan rambut, dalam hal ini bulu mata, serta membuatnya lebih lebat dan kuat. Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak jarak pada bulu mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan make up remover dan basuh wajah menggunakan air hangat. Lakukan cara menumbuhkan bulu mata ini tiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal. Namun, Anda perlu berhati-hati karena minyak jarak dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti iritasi, gatal-gatal, dan ruam, pada sebagian orang.

4. Petroleum jelly

Petroleum jelly sebagai cara memanjangkan bulu mata
Oleskan petroleum jelly pada helaian bulu mata tiap malam
Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan petroleum jelly juga menarik untuk dicoba di rumah. Petroleum jelly mampu merangsang pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata, agar lebih sehat.Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada helaian bulu mata Anda dan diamkan semalaman. Lalu, bilas dengan air hangat pada pagi hari. Anda juga dapat langsung membilasnya setelah 15 menit jika ingin.Atau, Anda bisa oleskan petroleum jelly menggunakan sikat bulu mata dan gunakan dengan cara menyisir bulu mata. Lakukan setiap malam hari untuk memperoleh bulu mata yang panjang dan lebat sesuai yang Anda inginkan.

5. Teh hijau

Teh hijau dipercaya sebagai cara memanjangkan bulu mata dengan bahan alami yang populer. Kandungan kafein dan flavonoid pada teh hijau disebut dapat mempercepat laju pertumbuhan bulu mata seraya mendorong pertumbuhan bulu mata baru. Anda bisa menyeduh teh hijau terlebih dulu, lalu biarkan dingin. Selanjutnya, usapkan teh hijau langsung pada bulu mata menggunakan bola kapas atau cotton budLakukan cara menumbuhkan bulu mata ini setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Lidah buaya

Cara memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya
Gunakan gel lidah buaya dari tanamannya langsung
Jika Anda ingin memanjangkan dan melebatkan bulu mata, coba gunakan gel lidah buaya. Anda bisa memperoleh manfaat lidah buaya yang berasal dari tanamannya langsung atau produk Aloe vera di pasaran.Cara memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya, yakni cukup oleskan gel lidah buaya langsung ke pangkal bulu mata menggunakan sikat maskara tiap malam hari. Lidah buaya mengandung senyawa aleonin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. 

7. Hapus make up mata sampai benar-benar bersih

Selalu hapus seluruh make up mata Anda setiap malam, terutama setelah selesai beraktivitas seharian, untuk memberikan kesempatan area bulu mata istirahat dan “bernapas”. Jika Anda terbiasa tidur tanpa menghapus make up, termasuk maskara atau eyeliner, risiko infeksi bisa terjadi. Bulu mata pun bisa kering, bahkan rontok.Terlebih, semakin lama bulu mata bersih dari make up, maka semakin baik pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan produk make up remover atau micellar water untuk membersihkan sisa make upHindari menarik atau menggosok area mata terlalu kencang saat membersihkan make up untuk melindungi bulu mata serta kulit sensitif di sekitar mata Anda.

8. Batasi penggunaan penjepit bulu mata dan bulu mata palsu

Penggunaan penjepit bulu mata dan bulu mata palsu seringkali jadi cara memanjangkan bulu mata dengan cepat. Namun, pemakaian terlalu sering bisa meningkatkan risiko kerusakan, termasuk bulu mata asli tercabut.Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kedua produk kecantikan tersebut hanya bila benar-benar diperlukan, agar tidak mengganggu cara melebatkan bulu mata dengan alami yang tengah dilakukan. 

Cara melebatkan bulu mata secara instan

Cara melebatkan bulu mata dengan bulu mata palsu
Eyelash extension bisa menimbulkan efek samping
Cara melebatkan bulu mata secara alami memang lebih terjangkau dan minim risiko efek samping. Akan tetapi, hasil yang didapat memang tidak instan sehingga membutuhkan kesabaran. Jika Anda memiliki budget lebih banyak dan ingin melebatkan bulu mata dengan lebih cepat, berikut beberapa cara yang bisa dipertimbangkan. 

1. Gunakan obat penumbuh bulu mata

Obat penumbuh bulu mata bisa digunakan sebagai cara melebatkan bulu mata dengan cepat. Satu-satunya obat penumbuh bulu mata yang direkomendasikan adalah bimatoprost.Obat yang hanya bisa didapat dengan resep dokter ini sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk membuat bulu mata panjang dan tebal.Awalnya, bimatoprost adalah obat tetes mata untuk mengobati glaukoma. Namun, belakangan diketahui bahwa obat tersebut memiliki efek samping lainnya, yakni merangsang pertumbuhan bulu mata.Cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata dengan obat ini, yaitu cukup oleskan bimatoprost di sepanjang garis bulu mata pada kelopak mata bagian atas.Gunakan secara teratur setiap hari selama 2 bulan. Pemakaian obat tersebut dipercaya dapat merangsang pertumbuhan bulu mata.Meski demikian, penggunaan obat bimatoprost mungkin menimbulkan efek samping, antara lain:
  • Mata terasa gatal, kering, dan memerah
  • Kelopak mata menjadi lebih gelap
  • Pigmentasi cokelat gelap di bagian iris mata
  • Munculnya rambut di sekitar mata, bila obat menyentuh area di luar kelopak mata.
Pastikan obat tersebut tidak pernah menyentuh bola mata Anda. Benda asing apa pun yang menyentuh bola mata dapat mengakibatkan iritasi hingga pada kasus ekstrem berisiko mengalami. 

2. Bulu mata palsu

Penggunaan bulu mata palsu dapat menjadi salah satu alternatif cara melebatkan dan memanjangkan bulu mata. Bulu mata palsu bisa digunakan dan dilepas dengan mudah sesuai kebutuhan. Ada banyak rekomendasi bulu mata palsu yang ada di pasaran. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Pastikan juga lem bulu mata palsu yang Anda gunakan aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit.Selain itu, pilih produk bulu mata palsu yang memberikan informasi detail mengenai produk dan mereka, termasuk cara pakainya. Pastikan Anda sudah membacanya dengan cermat. Untuk menghindari efek pasang bulu mata yang tidak diinginkan, berikut adalah cara memasang bulu mata palsu yang tepat. 
  • Pastikan jari-jari tangan sudah bersih sebelum menyentuh bulu mata palsu, untuk mencegah risiko infeksi yang mungkin terjadi. 
  • Gunting ujung bulu mata palsu yang akan digunakan agar panjangnya sesuai dengan ukuran garis kelopak mata Anda.
  • Oleskan lem ke jari tangan, kemudian oleskan ke sepanjang garis bulu mata palsu. Langkah ini dilakukan agar penggunaan lem tidak berlebihan dan meminimalisir terjadinya iritasi pada kelopak mata.
  • Tempelkan bulu mata palsu ke bagian dalam kelopak mata terlebih dahulu, kemudian melanjutkannya ke arah luar.
Tergantung jenis dan ketebalannya, Anda bisa kembali memulas maskara pada bulu mata palsu yang sudah menempel. Dengan begitu, tampilan bulu mata palsu akan lebih lentik dan terlihat menyatu dengan bulu mata asli Anda.

3. Extension bulu mata

Ingin hasil yang lebih instan lagi? Gunakan extension bulu mata. Cara melebatkan bulu mata yang satu ini cukup populer untuk membuat bulu mata tebal dan panjang dengan praktis.Extension bulu mata atau eyelash extension adalah teknik menyambung bulu mata palsu ke bulu mata alami Anda menggunakan lem perekat khusus secara satu per satu. Langkah ini biasanya dilakukan oleh ahlinya di klinik kecantikan. Meski dapat membuat tampilan bulu mata lebih cantik, Anda perlu berhati-hati sebelum melakukan perawatan kecantikan ini agar terhindar dari risiko efek sampingnya. Bulu mata yang panjang dan lebat memang dapat mempercantik penampilan. Akan, tetapi pastikan Anda memilih cara menebalkan dan memanjangkan bulu mata sesuai dengan kondisi yang dialami.Jika mengalami masalah pada bulu mata, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Masih punya pertanyaan seputar cara menumbuhkan bulu mata, tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi dulu melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikancara memanjangkan bulu mata
US National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3036812/
Diakses pada 27 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-longer-eyelashes#grooming
Diakses pada 27 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-longer-eyelashes
Diakses pada 9 September 2021
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/eyelash-length-growth-extensions
Diakses pada 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eyelash-extension-side-effects
Diakses pada 9 September 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-apply-false-eyelashes-easy-tips/
Diakses pada 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/is-magnetic-eyeliner-safe#how-to-use
Diakses pada 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eyelash-extension-side-effects#side-effects
Diakses pada 9 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eyelash-extensions-pros-and-cons#risks
Diakses pada 9 September 2021
Live Strong. http://www.livestrong.com/article/173103-how-to-naturally-thicken-my-eyelashes/
Diakses pada 9 September 2021
Live Strong. http://www.livestrong.com/article/142330-natural-ways-make-eyelashes-grow/
Diakses pada 9 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait