Cara Memakai Pore Pack Atau Pore Strip yang Benar agar Hasilnya Maksimal


Cara memakai pore pack adalah dengan menempelkannya pada area hidung yang sudah dibersihkan dan dikompres air hangat. Anda bisa melakukan cara menghilangkan komedo di hitam yang instan ini 1-2 kali dalam seminggu

(0)
Cara memakai pore pack adalah salah satu langkah untuk mengatasi masalah komedo hitamCara memakai pore pack adalah dengan menempelkannya pada area hidung yang sudah dibersihkan
Cara memakai pore pack atau pore strip adalah salah satu langkah untuk mengatasi masalah komedo hitam pada area hidung. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan pore pack yang benar. Komedo hitam adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang.Komedo hitam atau blackhead adalah jenis komedo yang muncul di permukaan kulit akibat folikel rambut yang tersumbat oleh produksi minyak berlebih dan sel kulit mati. Ada berbagai cara menghilangkan komedo hitam yang dapat dilakukan. Salah satunya, dengan menggunakan pore pack atau pore stripNah, agar tidak salah, simak cara memakai pore pack yang benar agar komedo hitam di area hidung Anda dapat terangkat sempurna. 

Bagaimana cara memakai pore pack di area hidung dengan benar?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah cara memakai pore pack di hidung dengan benar. 

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara memakai pore pack harus cuci muka dahulu
Bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka
Cara memakai pore pack di hidung yang benar adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu.Jika menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah Anda menggunakan make up remover.Lalu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah.Pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih. Kemudian, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

2. Kompres area wajah dengan air hangat

Setelah mencuci muka, cara memakai pore pack yang paling penting adalah kompres area wajah dengan air hangat.Kompres air hangat berfungsi untuk menenangkan dan membuka pori-pori wajah sehingga komedo akan lebih mudah terangkat. Anda bisa menyiapkan wadah atau baskom besar berisi air hangat. Lalu, dekatkan wajah Anda ke atas wadah atau baskom besar tersebut selama 5-10 menit. Pastikan Anda menutup bagian kepala dengan handuk agar uap air panas hanya terpapar di bagian wajah. 

3. Pastikan area wajah tetap basah

Biasanya, cara memakai pore pack dilakukan dengan menjaga area hidung tetap basah. Jika dirasa terlalu kering, basahi area hidung menggunakan air hangat.Selanjutnya, jangan lupa bersihkan dan keringkan tangan Anda kembali sebelum menyentuh area hidung dan pore strip agar kuman dan bakteri tidak menempel pada pore pack

4. Gunakan pore pack

Cara memakai pore pack adalah dengan menempelkannya pada area hidung
Tekan area hidung agar pore pack menempel sempurna
Pastikan cara memakai pore pack dilakukan setelah Anda membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan.Kemudian, tempelkan pore strip secara perlahan. Tekan-tekan area hidung dan cuping hidung agar pore strip dapat menempel sempurna. 

5. Diamkan pore strip

Cara memakai pore pack juga perlu mendiamkannya selama kurang lebih 10-15 menit. Ingat, jangan terlalu lama menempelkan pore pack pada area hidung. Alih-alih mengangkat komedo hitam secara maksimal, cara menggunakan pore pack terlalu lama justru bisa berisiko mengikis lapisan kulit paling atas. 

6. Lepas pore pack

Setelah cara memakai pore pack selesai dilakukan, Anda bisa melepasnya. Lepas pore pack secara perlahan. Nantinya, Anda akan melihat komedo pada permukaan pore pack yang sudah dilepas.

7. Bilas area hidung dengan air 

Walaupun cara memakai pore pack telah selesai dilakukan, Anda tetap perlu membilas area hidung dengan air bersih. Anda bisa menggosok area permukaan kulit hidung secara lembut dan perlahan agar kotoran, termasuk lem perekat pore pack, dapat terangkat maksimal. 

8. Oleskan pelembap atau moisturizer

Cara memakai pore pack diakhiri dengan mengoleskan pelembap
Oleskan pelembap pada area wajah seraya memijatnya
Cara memakai pore pack diakhiri dengan mengoleskan pelembap atau moisturizer yang ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori. Pelembap bertujuan untuk melembapkan serta menghaluskan kulit.Cara menggunakannya, ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat. Bila khawatir pori-pori kulit akan kembali tersumbat oleh tumpukan minyak berlebih dan kotoran, Anda bisa menggunakan produk perawatan jerawat terlebih dulu sebelum mengoleskan pelembap. 

Kapan cara menggunakan pore pack perlu dilakukan?

Cara menggunakan pore pack yang benar sebaiknya dilakukan pada malam hari. Pasalnya, malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit dan minyak alami melakukan regenerasi.Jika digunakan pada siang hari, kulit bisa berisiko mengalami iritasi akibat terpapar riasan atau sinar matahari.Seorang dermatologi yang berbasis di New York, Amerika Serikat, menyarankan agar cara menggunakan pore pack dapat dilakukan secara rutin, yakni 1-2 kali dalam seminggu.

Apakah pore pack efektif dalam menghilangkan komedo hitam di hidung? 

Meski Anda berpikir pore pack dapat menghilangkan komedo hitam di hidung, faktanya ternyata tidak demikian.  Pada dasarnya, pore strip atau pore pack adalah plester yang terbuat dari bahan adhesive (lengket) yang sangat kuat. Di bagian bawah plester terdapat polimer yang berfungsi untuk menempel pada sumbatan minyak di pori-pori kulit. Sama halnya dengan plester luka, pore pack bekerja dengan menarik dan mengangkat rambut-rambut halus, kotoran, minyak, bahkan lapisan kulit paling atas. Itu artinya, pore pack tidak cukup efektif dalam mengangkat dan menghilangkan komedo hitam di hidung sampai ke bagian akarnya Alih-alih komedo hitam sesungguhnya, sesuatu yang menempel pada pore pack sesaat setelah Anda menggunakan dan melepasnya merupakan sumbatan keratotik. Sumbatan keratotik adalah tumpukan yang terdiri dari sel kulit mati, kotoran, minyak, dan rambut halus. 
Cara memakai pore pack kurang efektif mengangkat komedo di hidung
Penggunaan pore pack kurang efektif mengangkat komedo sampai ke akarnya
Sementara, komedo hitam sendiri adalah sebum atau minyak alami yang teroksidasi dan tersumbat di dalam pori-pori kulit paling dalam. Meski tampaknya pore strip cukup berhasil menghilangkan tumpukan kotoran dan minyak pada lapisan kulit paling atas, benda ini ternyata tidak cukup dalam untuk mengangkat sumbatan sebum yang sudah teroksidasi dan mengeras di bawah permukaan kulit. Di samping itu, penting untuk dipahami bahwa pore strip juga tidak dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, bahkan mencegah pembentukan komedo di kemudian hari.Pore pack hanya dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit sementara waktu. Dengan demikian, komedo hitam di hidung bisa saja muncul di kemudian hari bila Anda tidak rutin menggunakannya. 

Bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung yang ampuh? 

Cara memakai pore pack adalah langkah instan untuk mengangkat komedo pada lapisan paling atas kulit. Kendati demikian, cara tersebut masih kurang efektif untuk menghilangkan komedo yang terdapat di bawah permukaan kulit. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara menghilangkan komedo di hidung yang aman dan lebih ampuh dilakukan. Berikut adalah ulasan selengkapnya. 

1. Lakukan eksfoliasi kulit

Salah satu cara menghilangkan komedo di hidung yang aman dan ampuh adalah dengan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Ada dua jenis eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati, yaitu secara mekanis dan kimia.Eksfoliasi mekanis dilakukan menggunakan alat, seperti spons atau scrub, untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan, eksfoliasi kimia adalah jenis eksfoliasi menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif, seperti AHA dan BHA, untuk melarutkan sel kulit mati dengan cara yang lebih lembut.Kedua cara eksfoliasi tersebut dapat membantu mencegah penumpukan sel kulit mati yang rentan menyumbat pori-pori serta menjadi penyebab komedo hitam dan jerawat.Akan tetapi, pastikan Anda memilih produk eksfoliasi kulit yang sesuai dengan kondisi kulit dan tidak rentan menyebabkan iritasi.

2. Obat tanpa resep dokter

Obat tanpa resep dokter bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang aman dan ampuh. Obat-obatan tersebut mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorsinol. Ketiga kandungan obat untuk komedo ini bekerja dengan membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak berlebih, dan melepas sel-sel kulit mati. Obat tanpa resep dokter biasanya tersedia dalam bentuk krim atau gel yang cara menggunakannya cukup dioleskan pada permukaan kulit yang terdapat komedo hitam. 

3. Obat resep dokter

Obat resep dokter yang biasa digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung adalah yang mengandung vitamin A. Umumnya, obat ini dapat membantu mencegah sumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pergantian sel kulit sehingga tidak menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah. Beberapa obat resep yang dapat membantu mengatasi komedo membandel adalah tretinoin, tazarotene, dan adapalene. 

4. Pengangkatan komedo manual

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang aman dan ampuh selanjutnya adalah melalui prosedur pengangkatan manual. Prosedur pengangkatan komedo hitam manual dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut dengan round loop extractor.Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau terapis profesional terlatih untuk mengeluarkan sumbatan pori-pori wajah yang telah menghitam.Jika dilakukan oleh ahlinya dengan tepat, pengangkatan komedo manual cukup efektif sebagai untuk komedo hitam di wajah yang membandel.

Catatan dari SehatQ

Cara memakai pore pack adalah salah satu langkah instan untuk mengatasi masalah komedo hitam pada area hidung. Pastikan Anda menerapkan cara menggunakan pore pack dengan benar agar hasil yang didapat bisa terlihat maksimal. Namun, perlu dipahami bahwa pore strip bukan cara menghilangkan komedo hitam yang efektif untuk dilakukan. Jika Anda mengalami gejala tidak biasa pada kulit sesaat setelah menerapkan cara memakai pore pack yang benar di atas, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara menggunakan pore pack dan keefektifannya. Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.Temukan juga produk pore pack di sini.
jerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikankomedokomedo putihperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/nose-strips#dos-and-donts
Diakses pada 16 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/blackheads#treatment
Diakses pada 16 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-pop-blackheads#how-to-extract-a-blackhead
Diakses pada 16 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#morning-routine
Diakses pada 16 Februari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/do-pore-strips-work-15455
Diakses pada 16 Februari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 16 Februari 2021
Allure. https://www.allure.com/story/do-pore-strips-work
Diakses pada 16 Februari 2021
Self. https://www.self.com/story/how-do-pore-strips-work
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait