Cara Memakai Masker Wajah yang Benar Sesuai Jenisnya agar Hasilnya Maksimal

(0)
02 Jan 2020|Anita Djie
Cara memakai masker wajah yang benar tergantung dari jenis masker yang digunakanCara memakai masker wajah yang benar bisa membuat wajah tampak lebih bersinar
Masker wajah adalah salah satu produk perawatan kulit wajah yang digemari wanita maupun pria. Meski cara menggunakan masker wajah terlihat mudah, masih banyak yang belum tahu cara memakai masker wajah dengan benar. Lantas, bagaimana cara pakai masker yang tepat?

Hal yang perlu dilakukan sebelum menerapkan cara menggunakan masker wajah

Sebelum menerapkan cara memakai masker wajah yang benar, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Ini bertujuan agar kandungan yang terdapat pada masker wajah dapat meresap ke dalam kulit dengan maksimal. Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memakai masker wajah adalah sebagai berikut. 

1. Bersihkan wajah

Sebelum menerapkan cara memakai masker wajah, hal yang penting dilakukan terlebih dahulu adalah membersihkan wajah. Cuci muka bertujuan untuk membersihkan seluruh minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan make up remover terlebih dahulu karena sisa-sisa make up tidak dapat diangkat hanya dengan mencuci muka. 
Cara memakai masker wajah yang benar harus dimulai dengan membersihkan wajah
Bilas wajah dengan air hangat saat cuci muka
Kemudian, mulailah cuci muka dengan cara membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Selanjutnya, tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan.Gunakan sabun cuci muka ke permukaan wajah sambil memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah agar seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.Langkah tersebut bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit serta meningkatkan aliran darah sehingga pori-pori wajah dapat terbuka dan dibersihkan. Bilas wajah menggunakan air hangat. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih berbahan lembut. 

2. Lakukan scrub wajah

Setelah mencuci muka, Anda perlu melakukan scrub wajah. Scrub wajah adalah tahapan penting dalam perawatan kulit yang berfungsi mengangkat sel kulit mati agar kulit wajah dapat melakukan regenerasi kulit dengan baik. Langkah ini dapat membuat wajah Anda cerah dan sehat.Anda bisa menggunakan produk scrub wajah yang banyak dijual di pasaran atau bahan scrub alami yang dibuat sendiri di rumah.Selanjutnya, oles dan gosokkan bahan scrub ke seluruh wajah dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Terutama pada bagian dahi, hidung, dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena area tersebut paling banyak ditumbuhi komedo. Kemudian, bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin. 

3. Uapkan wajah (steaming)

Sebelum melakukan cara pakai masker yang benar, alangkah baiknya Anda melakukan steaming atau penguapan wajah. Steaming wajah bertujuan untuk membuka pori-pori wajah serta memberi efek menenangkan pada kulit wajah. Cara melakukan steaming wajah cukup mudah, yakni Anda perlu menyiapkan mangkuk atau baskom besar yang berisi air panas. Lalu, dekatkan wajah Anda ke atas mangkuk atau baskom besar selama 5-10 menit. Pastikan Anda menutup bagian kepala dengan handuk agar uap air panas hanya terpapar di bagian wajah.

Cara memakai masker wajah yang benar sesuai jenisnya

Sebagai salah satu perawatan kulit, manfaat masker wajah yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari menyerap produksi minyak berlebih, mengurangi peradangan, serta melembapkan hingga mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat masker wajah secara optimal, tentu Anda perlu tahu cara pakai masker yang benar. Pasalnya, cara memakai masker wajah yang benar bukan hanya dengan menempelkannya begitu saja ke permukaan wajah.Berikut adalah langkah-langkah cara memakai masker wajah yang benar sesuai dengan jenisnya.

1. Masker berbentuk krim

Cara memakai masker wajah berbentuk krim adalah dengan mengoleskannya ke permukaan wajah
Anda bisa mengoleskan masker wajah krim dengan kuas bersih
Umumnya, masker berbentuk krim terdiri dari jenis yang dikelupas (masker peel off) dan yang dapat dibilas dengan air. Cara mengaplikasikan masker wajah berbentuk krim adalah dengan mengoleskannya langsung ke permukaan wajah menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih. Namun, hindari area mata, alis, dan bibir. 

2. Sheet mask atau masker lembaran

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum sebagai bahan utamanya.Cara pakai sheet mask adalah dengan mengambilnya dari kemasan, lalu membukanya secara perlahan agar tidak robek.Lembar sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah. 
Cara memakai masker wajah berbentuk lembaran harus perlahan
Gunakan sheet mask selama 20 menit agar kandungannya dapat meresap
Maka dari itu, pada beberapa bentuk wajah, lubang sheet mask terkadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda.Untuk menyiasatinya, cara pakai sheet mask adalah dengan meletakkannya pada area dahi dan mata terlebih dulu agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel sempurna. Kemudian, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu dan tekan-tekan perlahan agar nutrisinya dapat masuk ke wajah secara optimal.

3. Clay atau mud mask atau masker berbahan dasar tanah liat atau lumpur

cara memakai masker wajah berbentuk lumpur mirip dengan krim
Gunakan clay mask secukupnya pada wajah
Cara pakai clay mask atau berbahan dasar tanah liat atau lumpur sebenarnya mirip dengan cara pakai masker berbentuk krim. Cara memakai masker wajah jenis ini adalah ambil ¼ clay mask, lalu oles dan ratakan pada seluruh permukaan wajah mulai dari dahi hingga leher. Namun, hindari penggunaan masker pada area mata dan bibir. 

4. Masker overnight atau sleeping mask

Cara memakai masker wajah semalaman cukup dioleskan ke permukaan wajah
Sleeping mask bisa digunakan semalaman
Masker overnight atau sleeping mask adalah jenis masker wajah yang dirancang untuk membantu bahan-bahan di dalamnya meresap lebih maksimal pada kulit selama Anda tidur.Masker ini juga dapat membantu dalam regenerasi kulit di malam hari.Cara memakai masker overnight atau sleeping mask adalah dengan mengambil masker secukupnya, lalu oleskan pada seluruh wajah, layaknya Anda mengoleskan pelembap wajah. Lagi-lagi, perhatikan area mata dan bibir.Anda mungkin akan menunggu sampai masker yang dioleskan sedikit mengering atau Anda bisa langsung terlelap.Bilas masker saat Anda terbangun pada keesokan paginya. 

5. Masker gel

Cara memakai masker wajah gel adalah dengan mengoleskannya ke permukaan wajah merata
Oleskan masker pada permukaan wajah dengan jari tangan yang bersih
Cara memakai masker wajah gel sama seperti jenis masker wajah berbentuk krim. Cara pakai masker gel adalah dengan mengoleskan masker secara merata pada permukaan wajah menggunakan jari tangan yang sudah bersih. 

6. Bubble mask atau masker gelembung

Cara memakai masker wajah gelembung sama seperti sheet mask
Penggunaan bubble mask sama seperti sheet mask
Bubble mask adalah masker berkarbonasi yang terbuat dari air mengandung karbon, bubuk charcoal (arang hitam), suplemen kolagen, dan tanah liat yang menimbulkan sensasi gelembung atau busa saat menggunakannya. Cara memakai masker wajah tipe ini dapat disesuaikan dengan jenisnya.Bubble mask atau masker gelembung busa hadir dalam bentuk sheet mask atau masker krim yang penggunaannya dioleskan ke wajah.  

Hal yang perlu dilakukan setelah menerapkan cara menggunakan masker wajah

Umumnya, mengaplikasikan masker wajah tidak boleh dibiarkan lebih dari 20 menit dan tidak dapat dibiarkan sampai kering karena justru dapat membuat kulit menjadi kering. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada jenis masker overnight atau sleeping mask yang memang penggunaannya perlu dibiarkan selama semalaman. Anda bisa langsung menggunakan perawatan wajah pada keesokan paginya.Adapun cara melepas atau membersihkan masker wajah juga tergantung pada jenisnya. Jika Anda memakai masker yang perlu dibilas sesudah penggunaannya, cuci muka Anda dengan air hangat seraya menggosok masker yang menempel di wajah secara perlahan.Kemudian, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk perlahan menggunakan handuk.
Cara memakai masker wajah lembaran tidak boleh terlalu lama
Tak perlu membilas wajah setelah pakai sheet mask
Apabila memakai sheet mask, Anda tak perlu membilas wajah menggunakan air setelah memakainya.Pada sheet mask, biasanya masker akan meninggalkan sedikit banyak serum atau essence yang menempel.Nah, Anda dapat menepuk-nepukkan sisa cairan serum atau essence tersebut pada wajah agar semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit. Bahkan, jika cairan serum berlebih, Anda juga bisa mengoleskannya pada leher atau bagian tubuh lainnya agar kulit semakin lembap.
Cara memakai masker wajah yang benar harus diperhatikan
Kelupas masker wajah secara perlahan
Kalau Anda menggunakan masker peel off, sebaiknya kelupas masker secara perlahan. Setelah dikelupas atau dilepas, Anda bisa melanjutkan rutinitas perawatan wajah tanpa perlu mencuci muka. Selalu gunakan pelembap setelah masker wajah sudah dibersihkan agar kulit wajah tetap lembap.Pastikan Anda mengaplikasikan masker secara rutin agar kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik.

Pilih masker wajah sesuai jenis kulit

Cara memakai masker wajah secara rutin akan terasa maksimal apabila memilihnya sesuai jenis kulit Anda. Beberapa masker wajah sesuai jenis kulit adalah sebagai berikut:
  • Kulit kering. Anda bisa menggunakan sheet mask, atau bahkan masker overnight guna mendapatkan manfaat kulit yang lembap. 
  • Kulit berminyak dan kulit kombinasi. Gunakan clay mask untuk mengurangi produksi minyak berlebih.
  • Kulit berjerawat. Anda dapat memakai masker gel atau bubble mask.
  • Kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan masker gel. 
Cara pakai masker wajah yang benar perlu dilakukan agar manfaatnya bisa Anda dapat dengan maksimal. Pastikan Anda tahu cara menggunakan masker wajah sesuai jenis kulit dan senantiasa mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum memakainya. Jika Anda merasa ragu atau bingung dengan pilihan masker wajah dan cara memakai masker wajah yang benar, yuk tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-apply-a-face-mask-correctly#prep-and-aftercare
Diakses pada 02 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facial-massage-routine-at-home#1
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin#try-it
Diakses pada 23 Oktober 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/bubble-mask-work-benefits/
Diakses pada 23 Oktober 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/everything-you-need-to-know-about-sheet-masks-4145390
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait