6 Cara Memakai Masker Mata yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Cara memakai masker mata agar maksimal adalah penggunaannya tidak lebih dari 20 menit
Salah satu manfaat masker mata adalah menghilangkan kantung mata

Perawatan kulit adalah salah satu rutinitas harian penting yang dilakukan guna menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bagi Anda yang keranjingan produk perawatan kulit, mungkin sudah tak asing lagi dengan produk masker mata.

Ya, selain masker wajah, kini tak sedikit perempuan yang menggunakan masker mata. Cara memakai masker mata yang praktis ditambah terdapat berbagai macam kandungan di dalamnya membuat masker mata menjadi salah satu produk andalan rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Tersedia dalam berbagai merek dan varian, sebenarnya apa manfaat masker mata dan bagaimana cara memakai masker mata agar hasilnya maksimal?

Apa itu masker mata?

Masker mata atau under-eye mask adalah patch dengan bentuk menyerupai bulan sabit atau setengah lingkaran yang terbuat dari katun, bioselulosa, hidrogel, dan lain-lain.

Sesuai bentuknya, masker mata memang ditujukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan area kulit bawah mata Anda. Jenis masker ini pertama kali dipopulerkan di Korea Selatan.

Serupa dengan sheet mask, masker mata juga diperkaya dengan serum dan bahan-bahan aktif lain sebagai bahan utama yang terkandung di dalamnya.

Sebut saja retinol, asam hialuronat, ceramide, peptida, kolagen, pelembap, berbagai vitamin dan mineral yang menawarkan berbagai manfaat yang baik untuk area kulit bawah mata.

Mengenal berbagai manfaat masker mata

Ada berbagai manfaat masker mata yang dipercaya dapat memberi efek positif bagi kesehatan dan kecantikan area kulit bawah mata. Mulai dari mencegah atau menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata, mengatasi area kulit bawah mata yang kering, hingga mencegah garis-garis halus serta kerutan di area kulit mata.

Sebenarnya, manfaat masker mata yang utama adalah melembapkan area kulit bawah mata.

Tekstur kulit bawah mata sangatlah tipis sehingga rentan menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan tanda penuaan lainnya. Selain itu, area kulit mata cenderung memiliki jumlah kelenjar minyak yang sangat sedikit sehingga membuatnya rentan kering.

Maka dari itu, perawatan di area kulit bawah mata menjadi sangat penting, termasuk menambahkan penggunaan masker mata sebagai bagian dari rutinitas perawatan sehari-hari.

Seorang dermatologi bernama Dr. Debra Jaliman menyarankan agar menggunakan masker mata dengan kandungan yang dapat mengencangkan dan mencerahkan area bawah mata Anda.

Cara memakai masker mata yang tepat agar hasilnya optimal

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, berikut adalah cara memakai masker mata yang tepat:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum memakai masker mata, pastikan seluruh wajah, terutama area mata Anda sudah dibersihkan menggunakan sabun pembersih atau make up remover. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat make up, kotoran, dan minyak di wajah.

2. Baca aturan pakai masker mata

Pastikan Anda membaca petunjuk yang tertera di balik kemasan masker mata sebelum menggunakannya. Pasalnya, setiap jenis masker mata mungkin memiliki kandungan dan aturan pakai masker mata yang berbeda-beda.

3. Pakai masker mata

Berbeda dengan sheet mask yang penggunaannya cukup diletakkan di permukaan wajah. Untuk masker mata patch, Anda perlu melepaskan plastik tipis yang membungkus masker (bila ada).

Kemudian, tempelkan ke area bawah mata, dekat dengan hidung. Tekan masker mata secara perlahan agar dapat menempel dengan sempurna. 

Sementara, untuk jenis masker mata berbentuk krim, ambil krim secukupnya lalu ratakan dengan dua jari seraya memijatnya dengan lembut. Lakukan dengan gerakan memutar, yaitu dari bawah mata dekat hidung, lalu ke kelopak mata. Ini bertujuan untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus di wajah. 

4. Jangan pakai masker mata terlalu lama

Cara memakai masker mata yang maksimal adalah selama 10-20 menit
Jangan menggunakan masker mata terlalu lama

Umumnya, cara memakai masker mata yang maksimal adalah selama 10-20 menit. Selama waktu tersebut, Anda dapat sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti membaca buku, menonton serial televisi, atau bermain ponsel.

Cara memakai masker mata lebih dari 20 menit, bahkan semalaman, bisa menimbulkan reaksi tertentu pada area kulit bawah mata Anda.

5. Hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi

Kulit bawah mata merupakan area yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, jika penggunaan masker mata menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan iritasi, sebaiknya lepas atau bersihkan masker mata dan hentikan penggunaannya.

6. Lakukan pemakaian skincare lainnya

Setelah menggunakan masker mata, lanjutkan rangkaian produk skincare lainnya, seperti menggunakan pelembap
Gunakan produk skincare lainnya setelah memakai masker mata

Rangkaian cara memakai masker mata terakhir adalah melanjutkan pemakaian produk skincare lainnya, seperti serum, essence, atau krim mata.

Jangan menggunakan produk skincare tersebut sebelum memakai masker mata karena masker mata patch tidak dapat menempel sempurna.

Pada dasarnya, tidak ada batasan maksimal dari penggunaan masker mata. Pastikan untuk membaca kandungan bahan aktif dan cara memakai masker mata yang tercantum dalam kemasan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Jika Anda ragu dalam memilih masker mata yang tepat untuk wajah, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, manfaat masker mata pun bisa Anda dapatkan secara optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/eye-care#5

Diakses pada 2 Februari 2020

Womenshealth Mag. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a707633/under-eye-patches/

Diakses pada 2 Februari 2020

Hello Giggles. https://hellogiggles.com/beauty/do-eye-masks-really-work/

Diakses pada 2 Februari 2020

Independent. https://www.independent.co.uk/life-style/fashion/under-eye-mask-beauty-skincare-do-they-work-benefits-how-to-use-a8567181.html

Diakses pada 2 Februari 2020

Modern Vintage Ville. https://modernvintageville.com/under_eye_patches/

Diakses pada 2 Februari 2020

Artikel Terkait