Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain dan Dampaknya untuk Kesehatan


Memaafkan kesalahan memberi manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik dan mental. Cara memaafkan orang lain bisa dimulai dengan mengutarakan perasaan Anda serta menghentikan pikiran untuk balas dendam.

(0)
Memaafkan kesalahan orang lain memang tidak mudah, tapi harus dilakukanMemaafkan kesalahan orang lain bertujuan agar Anda dapat hidup lebih damai dan sembuh secara emosional
Memaafkan merupakan tindakan yang mungkin terlihat sederhana bagi beberapa orang, tetapi sebenarnya sulit untuk dilakukan. Seseorang seringkali mengaku sudah memaafkan kesalahan orang lain, namun maaf yang diberikan kerap sebatas ucapan saja, tidak benar-benar dari hati.Meskipun mungkin terasa sulit sulit, penting bagi Anda untuk memaafkan kesalahan orang lain sepenuhnya. Tak hanya bermanfaat secara mental, tindakan tersebut juga memberi dampak baik bagi kesehatan Anda.

Cara memaafkan orang lain sepenuhnya

Memaafkan orang yang telah melakukan kesalahan dan menyakiti hati tentu akan terasa sangat  sulit. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat diterapkan untuk membantu Anda memaafkan kesalahan orang lain.Berikut ini cara memaafkan orang lain sepenuhnya:1. Utarakan perasaan AndaApabila Anda merasa tersakiti dengan ucapan, tindakan, maupun perlakuan orang lain, cobalah untuk mengutarakan perasaan kepada yang bersangkutan. Katakan bagaimana hal itu memberi pengaruh untuk Anda.Mengutarakan apa yang Anda rasakan dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih lega. Saat semua yang mengganjal di dalam hati dan pikiran diutarakan, memaafkan kesalahan orang lain akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.2. Hentikan pikiran untuk balas dendamUntuk bisa memaafkan kesalahan orang lain, pastikan Anda menjauhi pikiran untuk melakukan balas dendam. Berpikir untuk membalas dendam tindakan atau perlakuan orang lain yang telah menyakiti Anda justru akan semakin membuat Anda sulit untuk memaafkan.3. Posisikan diri Anda sebagai orang yang melakukan kesalahan
Cara memaafkan orang lain adalah dengan memposisikan diri sebagai pihak yang melakukan kesalahan
Cobalah memposisikan diri sebagai pihak yang melakukan kesalahan
Lupakan amarah sejenak, kemudian posisikan diri sebagai orang yang melakukan kesalahan. Lihatlah dari sudut pandang lain dan pikirkan mengenai faktor-faktor yang membuat orang tersebut melakukannya.Dengan cara ini, Anda dapat lebih mengerti dan memahami situasi atau kondisi yang membuat orang lain melakukan kesalahan. Alhasil, Anda akan menjadi lebih mudah memaafkan orang itu secara sepenuhnya.4. Move onMeski sudah memaafkan, Anda mungkin belum bisa melupakan tindakan atau perlakuan buruk orang tersebut. Hal itu wajar terjadi, namun jangan menjadikannya sebagai hambatan bagi Anda untuk melangkah maju.Berusahalah untuk move on dari masalah tersebut untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain sepenuhnya. Saat sudah berhasil melupakannya, hidup Anda nantinya akan terasa lebih damai dan bahagia. 

Apa yang terjadi jika tidak mau memaafkan orang lain?

Tidak mau memaafkan kesalahan orang lain dapat berdampak buruk, terutama bagi kesehatan mental Anda. Beberapa kondisi yang berpotensi muncul jika Anda tidak mau memaafkan antara lain:
  • Rusaknya hubungan Anda dengan orang lain.
  • Menjadi stres dan cemas dalam hidup
  • Merasa bahwa hidup tak bermakna dan tidak mempunyai tujuan.
  • Membawa amarah dan kepahitan di masa lalu pada setiap hubungan maupun pengalaman yang baru.
  • Kesulitan menikmati hidup karena selalu terbayang kesalahan yang dilakukan orang lain sebelumnya.
Jika Anda kesulitan untuk memaafkan orang lain, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater mungkin dapat membantu. Nantinya, psikolog atau psikiater akan mencoba memberikan solusi untuk membantu mengatasi masalah Anda.

Manfaat memaafkan kesalahan orang lain

Memaafkan kesalahan orang lain memberikan beragam manfaat untuk Anda, tak hanya untuk kesehatan mental, tetapi juga fisik. Sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari memaafkan, di antaranya:
  • Hubungan yang lebih sehat
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi tekanan darah yang berlebihan
  • Mengurangi risiko munculnya gejala depresi
  • Mengurangi stres, kecemasan, dan permusuhan

Bagaimana jika orang yang dimaafkan tidak berubah?

Tujuan dari memaafkan bukanlah untuk mengubah tindakan, perilaku, maupun perkataan dari orang yang menyakiti Anda. Jika orang yang dimaafkan tidak berubah menjadi lebih baik, maka Anda tidak perlu ambil pusing untuk memikirkannya.Berpikirlah soal dampak positif yang bisa Anda dapat dari memaafkan. Memaafkan kesalahan orang lain bertujuan agar Anda dapat hidup lebih damai, tenang, bahagia, dan sembuh secara emosional.

Catatan dari SehatQ

Memaafkan kesalahan orang lain memang tidak mudah, tapi harus dilakukan. Jika Anda tidak mau memaafkan orang lain, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental.Jika Anda merasa kesulitan untuk memaafkan orang lain, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater mungkin akan membantu. Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait cara memaafkan orang sepenuhnya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstresmanajamen amarah
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-forgive
Diakses pada 9 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/forgiveness/art-20047692
Diakses pada 9 Maret 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-forgive-3144957
Diakses pada 9 Maret 2021
Choose Help. https://www.choosehelp.com/topics/anger-management/forget-revenge-2013-learn-how-to-forgive-to-beat-anger-and-feel-better
Diakses pada 9 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait