11 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah


Cara meluruskan rambut secara alami bisa dengan menggunakan roller plastik, tidur dengan rambut basah, hingga masker alami. Jika cara membuat lurus alami tidak kunjung membuahkan hasil, Anda mungkin membutuhkan cara cepat meluruskan rambut secara kimiawi.

0,0
02 Oct 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Beberapa cara meluruskan rambut secara alami ini dapat Anda jadikan inspirasiMemiliki rambut lurus dan berkilau mungkin jadi impian bagi sebagian besar wanita
Memiliki rambut lurus dan berkilau mungkin jadi impian bagi sebagian besar wanita yang punya rambut keriting atau ikal. Jika Anda salah satunya, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke salon kecantikan. Cara cepat meluruskan rambut tentu menggunakan alat pemanas menyerupai setrika rambut, atau biasa dengan catokan rambut. Namun, bahaya catokan rambut yang digunakan untuk meluruskan rambut justru dapat membuat rambut kering, pecah-pecah, dan bercabang.Untuk menghindari efek samping catokan, Anda bisa memilih cara meluruskan rambut secara alami tanpa bantuan alat penata rambut, serta penggunaan bahan-bahan kimia.

Bagaimana cara meluruskan rambut secara alami?

Sebetulnya, tidak ada yang salah dengan rambut keriting atau ikal yang Anda miliki karena perempuan tetap dapat tampil cantik dengan model rambut apa pun. Namun, jika Anda ingin mengganti model rambut sesekali lantaran bosan dengan bentuk yang itu-itu saja, coba cara meluruskan rambut secara alami di bawah ini.

1. Keringkan rambut dengan udara dingin

Salah satu cara meluruskan rambut secara alami adalah mengeringkan rambut dengan udara dingin.Anda bisa menggunakan kipas angin atau alat pengering rambut yang meniupkan udara dengan suhu ruangan atau udara dingin. Caranya, setelah membiarkan rambut mengering sekitar tiga perempatnya, bagi rambut menjadi beberapa bagian.Gunakan kipas angin atau alat pengering rambut dalam pengaturan dingin, lalu pastikan Anda mengeringkan rambut dari akar sampai ujung rambut.Cara membuat rambut lurus alami ini tidak akan memakan waktu lama, tetapi Anda mungkin perlu mengoleskan serum pelurus atau pelembap semprot pada helaian rambut sesudahnya.Jika alat pengering rambut bersuhu panas sudah terbukti dapat merusak batang rambut, menurut jurnal Annals of Dermatology, penggunaan udara dingin ini cenderung menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit.

2. Pakai pembungkus rambut

Membungkus rambut dengan kain turban atau pembungkus rambut khusus dari bahan satin jga menjadi cara meluruskan rambut secara alami yang cukup populer. Anda juga membutuhkan penjepit rambut yang panjang untuk mengeksekusi cara ini.Kemudian, lakukan cara membuat rambut lurus dengan kain turban dengan langkah sebagai berikut. 
  • Sisir rambut Anda sampai tidak ada helaian rambut yang kusut. 
  • Bagi rambut menjadi beberapa bagian. 
  • Putar salah satu bagian rambut berlawanan dengan arah jatuhnya rambut. Jika rambut Anda panjang, putar rambut ini sampai menutupi seluruh area kepala Anda.
  • Setelah itu, jepit rambut (bila perlu dengan beberapa jepitan) dan pastikan ia tidak bergeser. 
  • Lakukan langkah ini hingga semua bagian rambut habis. 
  • Lalu, bungkus kepala dengan kain turban atau kain satin. Diamkan semalaman.

3. Gunakan roller plastik

Cara meluruskan rambut secara alami berikutnya adalah menggunakan roller rambut plastik. Anda bisa menemukannya di berbagai gerai kecantikan atau toko online terpercaya. Cara pakainya, mirip dengan langkah menggunakan turban. Anda hanya perlu mendiamkan rambut yang digulung menggunakan roller plastik minimal 2 jam lamanya.

4. Tidur dengan rambut basah

Meski terasa tidak nyaman, cara membuat rambut lurus secara alami dengan cara tidur dalam kondisi rambut masih basah, tak ada salahnya dicoba. Sebelum tidur, gunakan ikat rambut untuk menguncir rambut bagian atas Anda. Lalu, buatlah dalam bentuk sanggul.Jika Anda ingin mencobanya, gunakan bantal satin saat tidur karena dapat mengurangi gesekan antara rambut Anda dengan bantal. Langkah ini dipercaya bisa membuat rambut Anda lebih lurus saat terbangun di pagi hari.

5. Oleskan minyak esensial

Cara meluruskan rambut secara alami dengan minyak esensial
Manfaat minyak argan untuk rambut bisa Anda coba
Beberapa jenis minyak esensial untuk rambut dipercaya bisa digunakan sebagai cara meluruskan rambut secara alami. Minyak esensial cenderung lebih mudah diserap oleh rambut daripada penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Anda bisa menggunakan berbagai jenis minyak esensial untuk rambut, seperti minyak kelapa, minyak argan, atau minyak almond yang mampu menembus folikel rambut dan memperbaiki sel-sel di dalamnya.

6. Pakai cuka

Tahukah Anda kalau cuka bisa digunakan sebagai cara meluruskan rambut secara alami? Anda bisa menambahkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air putih. Bilas helaian rambut Anda menggunakan campuran cuka dan air. Diamkan beberapa saat, lalu cuci rambut seperti biasa sampai bersih. 

7. Oleskan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa digunakan sebagai cara meluruskan rambut dengan bahan alami. Lidah buaya dipercaya mengandung berbagai enzim yang dapat membantu menjaga rambut tetap halus dan lembut sekaligus merangsang pertumbuhannya. Berbagai kandungan tersebut disinyalir dapat menembus batang rambut, melembapkannya, dan meluruskan rambut yang kusut atau mengeriting.Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya bisa diperoleh dari tanaman lidah buaya segar secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Bila Anda menggunakan produk gel lidah buaya, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya murni atau sebesar 100%.
Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya
Oleskan lidah buaya segar langsung dari tanamannya
Oleskan lidah buaya pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit. Kemudian, cuci rambut sampai bersih menggunakan air dan sampo.Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya bisa pula mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Caranya, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu, yaitu ¼ cangkir minyak kelapa atau minyak zaitun dan ¼ cangkir gel lidah buaya.Hangatkan minyak yang akan digunakan, Anda bisa menggunakan salah satu di antara minyak kelapa atau minyak zaitun. Campurkan minyak tersebut dengan gel lidah buaya dan aduk hingga rata.Oleskan campuran tersebut pada helaian rambut Anda secara menyeluruh. Diamkan selama 40 menit. Kemudian, cuci bersih rambut dengan sampo dan air dingin. Lakukan cara meluruskan rambut dengan lidah buaya ini secara rutin, tepatnya seminggu sekali, untuk mendapatkan manfaat lidah buaya secara optimal.

8. Gunakan minyak zaitun

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun bisa Anda terapkan di rumah. Memang, belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan keefektifan mengenai cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun.Akan tetapi, studi yang dimuat dalam jurnal Molecules menyebutkan bahwa manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari efek melembapkannya.Kandungan asam oleat, palmitic acid, squalene, emolien, asam lemak, dan berbagai macam vitamin (A, E, dan K) diyakini mampu menutrisi, memperkuat, hingga melembapkan rambut.Umumnya, pemilik rambut sangat kering atau rambut keriting cocok menerapkan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun.Pasalnya, kedua jenis tekstur rambut tersebut lebih mudah rusak lantaran kadar kelembapannya cepat hilang. Di samping itu, pola helaian rambut keriting juga rawan patah.

9. Pakai masker rambut alami

Cara meluruskan rambut dengan bahan alami
Anda bisa membuat masker pisang yang dicampur pepaya
Cara membuat rambut lurus alami dengan bahan alami, seperti masker rambut alami, bisa digunakan.Penggunaan masker rambut alami lebih meresap ke dalam helaian rambut sehingga rambut akan terlihat lebih lurus, halus, dan berkilau.Ada banyak bahan yang diolah menjadi masker rambut alami. Anda dapat membuat masker rambut alami di rumah dengan beberapa pilihan, seperti:

Masker tepung beras dan telur

Anda bisa menyiapkan 1 butir telur terlebih dahulu. Dalam sebuah mangkuk, pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning. Masukkan putih telur ke dalam sebuah mangkuk lain. Kemudian, tambahkan 5 sendok makan tepung beras. Aduk sampai merata dan teksturnya mengental. Oleskan pada seluruh helaian dan sisi-sisi rambut Anda. Diamkan selama 1 jam, cuci rambut dengan air hangat dan sampo sampai bersih.

Masker pisang dan pepaya

Anda dapat menghaluskan 1 buah pisang matang dan ¼ buah pepaya terlebih dahulu. Campurkan keduanya, lalu aduk sampai merata.Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran tersebut. Oleskan campuran bahan masker alami pada batang rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat atau sampai masker rambut mengering. Jika sudah, bilas rambut menggunakan air dan sampo sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tak jarang bila Anda harus mengombinasikan berbagai cara membuat rambut lurus di atas. Namun jika cara membuat rambut lurus di atas tidak berhasil, atau Anda merasa hasilnya tidak maksimal, ada cara lain yang bisa Anda lakukan.

Adakah cara cepat meluruskan rambut yang ampuh?

Jika cara membuat rambut lurus alami di atas tidak kunjung berhasil meluruskan rambut keriting atau ikal, ada cara instan yang bisa dilakukan. Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung zat khusus untuk meluruskan rambut. Produk ini bekerja dengan memecah keratin pada rambut. Lalu, adanya tambahan bahan kimia lain untuk membentuk kembali keratin tersebut sesuai bentuk rambut yang diinginkan.Setidaknya ada cara cepat meluruskan rambut dengan hasil lebih permanen yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Perawatan keratin rambut

Perawatan keratin merupakan cara cepat meluruskan rambut yang kerap dijumpai di sejumlah salon kecantikan. Perawatan keratin diklaim dapat menghasilkan rambut lurus yang lebih lembut. Alih-alih membuat rambut lurus selamanya, perawatan keratin justru perlu dilakukan berulang per 12 minggu. Prosedur ini bahkan membutuhkan kocek yang tidak sedikit.

Selain itu, Anda harus mengoleskan lebih banyak conditioner setelah keramas karena perawatan keratin berisiko membuat rambut Anda jadi pecah-pecah. 

2. Chemical relaxer

Chemical relaxer adalah cara cepat meluruskan rambut yang lebih ampuh dibandingkan dengan perawatan keratin. Namun, pastikan Anda mengenali komposisi produk pelurus rambut yang Anda pakai. Beberapa komponen dalam produk ini mungkin saja dapat merusak kesehatan rambut Anda, terutama jika dipakai secara berlebihan.Bahkan, efek samping yang ditimbulkan tidak hanya rambut pecah-pecah, melainkan juga bisa membuat kulit kepala iritasi hingga rambut rontokJika ingin melakukan perawatan ini, Anda disarankan memberikan jeda tiap 2 bulan sekali.[[artikel-terkait]]Dengan melakukan berbagai tips meluruskan rambut di atas, niscaya keinginan Anda untuk mendapatkan rambut lurus yang sehat dan berkilau bisa jadi kenyataan. Masih punya pertanyaan seputar cara untuk meluruskan rambut? Tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakulit dan kecantikan
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/hair-straightening
Diakses pada 30 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-straight-hair
Diakses pada 30 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24102549
Diakses pada 30 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3608576
Diakses pada 30 September 2019
Annals of Dermatology. https://anndermatol.org/DOIx.php?id=10.5021/ad.2011.23.4.455
Diakses pada 30 April 2021
Molecules. https://www.mdpi.com/1420-3049/22/11/1986
Diakses pada 6 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-hair-mask#benefits
Diakses pada 6 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait