4 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Beberapa cara meluruskan rambut secara alami ini dapat Anda jadikan inspirasi
Meluruskan rambut dapat dilakukan dengan cara-cara alami

Memiliki rambut lurus dan berkilau mungkin menjadi impian bagi sebagian wanita yang memiliki rambut keriting atau bercabang. Jika Anda adalah salah satunya, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi ke salon kecantikan.

Cara meluruskan rambut yang paling instan tentu dengan menggunakan alat pemanas mirip setrika rambut, atau biasa disebut catok. Namun, banyak hal perlu Anda perhatikan ketika menggunakan alat catok rambut ini, misalnya jangan gunakan pada rambut yang masih basah.

Anda juga hanya disarankan menggunakan alat catok paling banyak dua kali seminggu untuk menghindari rambut menjadi kering, pecah, dan bercabang. Untuk menghindari efek samping ini, Anda bisa memilih cara meluruskan rambut yang alami tanpa bantuan alat catok, apalagi bahan kimia.

Apa saja cara meluruskan rambut secara alami?

Sebetulnya, tidak ada yang salah dengan rambut keriting yang Anda miliki karena wanita tetap dapat tampil cantik dengan bentuk rambut apa pun. Namun, jika Anda ingin mengganti suasana sesekali, berikut cara meluruskan rambut secara alami yang dapat Anda pilih.

  • Menggunakan kipas angin

Cara ini mirip dengan penggunaan hair dryer yang meniupkan udara panas ke rambut Anda, hanya bedanya kali ini Anda menggunakan kipas angin yang meniupkan udara dengan suhu ruangan.

Namun, langkah ini hanya bisa dilakukan saat rambut Anda dalam keadaan lembap sehabis keramas. Selain itu, Anda juga membutuhkan conditioner atau serum khusus rambut untuk menghasilkan efek rambut lurus sekaligus berkilau.

  • Menggunakan pembungkus rambut

Membungkus rambut dengan turban atau pembungkus rambut khusus yang terbuat dari bahan satin adalah salah satu cara meluruskan rambut secara alami yang sudah lebih populer. Anda juga membutuhkan penjepit rambut yang panjang untuk mengeksekusi cara ini.

Pertama-tama, sisir rambut Anda sampai tidak kusut, kemudian bagi rambut menjadi beberapa bagian. Putar salah satu bagian rambut berlawanan dengan arah jatuhnya rambut. Jika rambut Anda panjang, pemutaran rambut ini bisa saja menutupi seluruh area kepala Anda.

Setelah itu, jepit rambut (bila perlu dengan beberapa jepitan) dan pastikan ia tidak bergeser. Lakukan langkah ini hingga semua bagian rambut habis, kemudian bungkus kepala dengan turban atau kain satin dan biarkan semalaman.

  • Menggunakan roller plastik

Di toko online, terdapat roller plastik dengan ukuran jumbo yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut keriting. Cara pakainya mirip dengan langkah sebelum menggunakan turban di atas, kemudian biarkan rambut dalam posisi tersebut minimal 2 jam.

  • Menggunakan masker rambut

Masker rambut mirip dengan creambath, hanya saja nutrisi yang digunakan pada proses ini meresap lebih dalam sehingga rambut Anda akan terlihat lebih lurus dan berkilau. Ada banyak bahan yang diolah menjadi masker rambut, tapi Anda bisa memilih masker yang terbuat dari madu dan alpukat.

Tidak jarang, Anda harus mengombinasikan cara meluruskan rambut keriting di atas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, jika proses tersebut telah selesai, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan tertentu agar rambut lurus dapat bertahan lebih lama.

Beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mempertahankan kondisi rambut lurus adalah beberapa jenis minyak esensial, misalnya minyak kelapa, minyak almond, maupun minyak macadamia. Namun jika cara meluruskan rambut di atas tidak berhasil, atau Anda merasa hasilnya tidak maksimal, terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan.

Cara meluruskan rambut dengan bahan yang lebih ampuh

Apa cara ampuh untuk meluruskan rambut? Tentu saja dengan menggunakan kosmetik rambut yang mengandung zat khusus untuk meluruskan rambut.

Produk ini pada dasarnya bekerja dengan memecah keratin pada rambut, kemudian menggunakan bahan kimia lain untuk membentuk kembali keratin tersebut sesuai bentuk rambut yang diinginkan.

Setidaknya ada dua cara meluruskan rambut dengan hasil lebih permanen yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Perawatan keratin: cara meluruskan rambut keriting ini banyak dijumpai di salon pada umumnya. Perawatan keratin diklaim dapat menghasilkan rambut lurus yang lebih lembut. Meski demikian, cara ini membutuhkan perawatan yang mahal karena Anda harus mengulang perawatan di salon per 12 minggu.

    Selain itu, Anda harus mengaplikasikan banyak conditioner setelah keramas karena perawatan keratin berisiko membuat rambut Anda pecah-pecah. Selain itu, terdapat safety issue yang menyatakan beberapa produk smoothing dapat menyebabkan kanker.
  • Chemical relaxer: ini adalah cara meluruskan rambut yang lebih cepat dibanding perawatan keratin. Di sisi lain, efek sampingnya bukan hanya rambut pecah-pecah, namun juga dapat membuat kulit kepala iritasi dan rambut rontok. Untuk itu, Anda disarankan melakukan perawatan ini dengan jeda dua bulan sekali.

Apa pun cara meluruskan rambut yang Anda pilih, pastikan Anda mengenali komposisi produk pelurus rambut yang Anda pakai. Beberapa komponen dalam produk ini mungkin saja dapat merusak kesehatan rambut Anda, terutama jika dipakai secara berlebihan.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/hair-straightening
Diakses pada 30 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-straight-hair
Diakses pada 30 September 2019

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24102549
Diakses pada 30 September 2019

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3608576
Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed