3 Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Zaitun, Ternyata Mudah!


Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun mudah dilakukan di rumah. Langkah ini berguna untuk pemilik rambut kering dan keriting. Minyak zaitun untuk meluruskan rambut bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya, seperti telur dan madu.

(0)
Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun cocok dilakukan bagi pemilik rambut kering dan keritingGunakan takaran yang tepat untuk meluruskan rambut dengan minyak zaitun
Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun mudah dilakukan di rumah. Ya, meski cara meluruskan rambut dapat dimulai dari perawatan rambut sehari-hari, nyatanya penggunaan bahan alami yang ada di rumah juga bisa dilakukan.Memang belum ada hasil penelitian yang dapat membuktikan keefektifan manfaat meluruskan rambut dengan minyak zaitun.Akan tetapi, beberapa studi menyebutkan bahwa manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari efek melembapkannya.Kandungan asam oleat, palmitic acid, squalene, emolien, asam lemak, dan berbagai macam vitamin (A, E, dan K) diyakini mampu menutrisi, memperkuat, hingga melembapkan rambut.Umumnya, pemilik rambut sangat kering atau rambut keriting cocok menerapkan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun ini.Pasalnya, kedua jenis tekstur rambut tersebut lebih mudah rusak lantaran kadar kelembapannya cepat hilang.Di samping itu, pola helaian rambut keriting juga rawan patah.

Bagaimana cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun?

Adapun beberapa cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun yang bisa dicoba di rumah dengan mudah adalah sebagai berikut.

1. Minyak zaitun dan telur

Salah satu cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun adalah dengan masker minyak zaitun dan telur.Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari efek melembapkannya.Sedangkan, telur mengandung protein yang dapat membantu menutrisi dan melembutkan rambut.Telur juga mengandung biotin, folat, serta vitamin A dan E yang dipercaya baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.Kombinasi masker minyak zaitun dan telur dapat membantu rambut jadi halus dan bebas kusut.Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun dan telur adalah sebagai berikut.
  • Siapkan 2 butir telur dan 3 sendok makan minyak zaitun.
  • Kocok seluruh bahan tersebut sampai teksturnya merata.
  • Oleskan pada helaian rambut dengan lembut.
  • Diamkan masker minyak zaitun selama 1 jam.
  • Cuci bersih rambut Anda dengan air dingin dan sampo sampai bersih.

2. Minyak zaitun dan madu

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun dan madu juga bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki rambut kering atau keriting.Manfaat madu baik untuk melembapkan kondisi rambut yang kering karena mampu menjaga kelembapannya dengan baik.
  • Siapkan 2 sendok teh madu dan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Pertama, pecahkan sebutir telur dalam sebuah mangkuk, lalu kocok perlahan sampai merata.
  • Tambahkan minyak zaitun ke dalam telur yang sudah dikocok. Aduk merata kembali.
  • Anda juga bisa meratakan seluruh bahan tersebut dengan blender agar hasilnya tercampur merata.
  • Jika sudah, oleskan masker minyak zaitun dan madu pada helaian rambut secara merata dan lembut.
  • Diamkan masker minyak zaitun selama 1 jam.
  • Bilas rambut sampai bersih menggunakan air dan sampo.

3. Minyak zaitun dan pisang

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun dan pisang bisa pula Anda lakukan di rumah.Kombinasi keduanya dapat berfungsi sebagai perawatan deep conditioning atau leave in conditioner yang membantu memperbaiki kualitas dan tekstur rambut.Dengan demikian, rambut kusut dan keriting bisa terhindarkan sehingga digantikan dengan rambut lurus yang kuat.Simak cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun dan pisang di bawah ini.
  • Siapkan 1 buah pisang matang yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Aduk merata kedua bahan alam tersebut sampai menjadi pasta masker yang kental.
  • Jika sudah, oleskan pada helaian rambut secara perlahan dan lembut.
  • Diamkan selama 1,5 jam.
  • Bilas wajah menggunakan air dingin dan sampo sampai bersih.
Lakukan langkah ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok dan Bercabang

Bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut?

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut keriting secara maksimal, ketahui cara menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut.Cara menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut adalah sebagai berikut.

1. Gunakan dengan takaran yang tepat

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun cocok untuk rambut keriting
Gunakan takaran minyak zaitun yang tepat
Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun sebaiknya harus menggunakan takaran yang tepat.Bagi Anda yang baru pertama kali memakai minyak zaitun untuk rambut, gunakan 1-2 sendok makan minyak esensial ini sebagai perawatan awal.Jika ingin merawat rambut sekaligus kulit kepala, Anda membutuhkan setidaknya ¼ cangkir minyak zaitun untuk meluruskan rambut. Terlebih bila rambut Anda tebal dan panjang.

2. Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya

cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun harus sesuai takaran
Selain helaian rambut, kulit kepala juga perlu dipijat
Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun juga perlu menyentuh area kulit kepala.Selain helaian rambut, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala seraya memberikan pijatan lembut selama beberapa menit.Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk meluruskan rambut yang optimal, tutupi kepala dan rambut Anda dengan shower cap atau handuk selama sekitar 15 menit.Lakukan langkah ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Pastikan Anda menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut sebelum keramas.

3. Bilas rambut sampai bersih

Bilas sampai bersih setelah menerapkan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun
Cuci rambut sampai bersih menggunakan air dan sampo
Setelah cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun dilakukan, sisir rambut Anda menggunakan sisir bergigi lebar.Langkah ini berguna untuk membuat rambut tidak kusut setelah dibilas. Kemudian, cuci bersih rambut seperti biasa.Jika perlu, Anda bisa mencuci rambut dengan sampo sebanyak dua kali agar minyak zaitun yang menempel bisa hilang sepenuhnya. Keringkan rambut Anda sesudahnya.Pada dasarnya, tidak efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan minyak zaitun untuk meluruskan rambut.Bagi pemilik rambut kering, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut setiap hari guna mendapatkan hasil yang optimal.Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Cerah ala Cleopatra

Catatan dari SehatQ

Efektivitas manfaat minyak zaitun untuk meluruskan rambut memang belum diakui secara ilmiah.Meski demikian, para ahli yang melakukan sejumlah studi terhadap berbagai minyak alami untuk perawatan rambut mengungkapkan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk rambut terbilang aman. Termasuk untuk meluruskan rambut.Namun, untuk lebih pasti, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cocok tidaknya menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut.Dengan ini, manfaat minyak zaitun untuk meluruskan rambut pun bisa didapat dengan optimal.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat minyak zaitun untuk rambut keriting dan cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-hair-mask#benefits
Diakses pada 7 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321246#risks
Diakses pada 7 Januari 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/6-natural-hair-straightening-products/#EggsAndOliveOilForHairStraightening
Diakses pada 7 Januari 2021
Dermatology Practical and Conceptual. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5315033/Diakses pada 7 Januari 2021Molecules. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6150410/
Diakses pada 7 Januari 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/olive-oil-hair-mask
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait