Cara Meluruskan Rambut dengan Lidah Buaya yang Mudah dan Praktis

(0)
03 Feb 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan mudahLidah buaya dianggap bisa meluruskan rambut
Memiliki rambut yang lurus dan lembut adalah impian banyak wanita. Berbagai cara pun dicoba untuk mewujudkan impian ini, mulai dari menggunakan sampo hingga perawatan khusus di salon seperti smoothing atau rebonding. Selain itu, tahukah Anda ada cara yang lebih alami? Salah satunya yang cukup populer adalah cara meluruskan rambut dengan lidah buaya.Lidah buaya dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kulit dan rambut. Manfaat lidah buaya untuk rambut berasal dari sifatnya yang melembapkan sekaligus kandungan vitaminnya yang menutrisi rambut. Berkat kandungan inilah lidah buaya dianggap cocok digunakan sebagai perawatan rambut.

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya

Khusus untuk meluruskan rambut, manfaat lidah buaya ini didapatkan dari berbagai enzim yang membantu menjaga rambut Anda tetap halus dan lembut sekaligus meningkatkan pertumbuhannya. Berbagai kandungan ini kemudian menembus batang rambut Anda, melembapkannya, dan meluruskan rambut yang kusut atau mengeriting.Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut adalah cara meluruskan rambut dengan lidah buaya yang bisa Anda ikuti.
  • Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu, yaitu ¼ cangkir minyak kelapa atau minyak zaitun dan ¼ cangkir gel lidah buaya.
  • Hangatkan minyak yang akan digunakan, Anda bisa menggunakan salah satu di antara minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Campurkan minyak tersebut dengan gel lidah buaya dan aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran ini ke rambut Anda secara menyeluruh.
  • Diamkan selama 40 menit.
  • Bersihkan campuran tersebut dengan air dingin atau sampo bebas sulfat yang ringan.
Lakukan cara meluruskan rambut dengan lidah buaya di atas secara rutin, tepatnya seminggu sekali saja, untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan dari lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya

manfaat lidah buaya untuk rambut
Lidah buaya punya banyak manfaat untuk rambut
Selain dimanfaatkan sebagai cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, bahan alami ini juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang baik untuk rambut. Berikut adalah sejumlah manfaat lidah buaya untuk rambut yang cukup populer.

1. Mengatasi rambut yang berminyak

Lidah buaya mampu membersihkan batang rambut secara efisien dengan menghilangkan sebum (minyak) yang berlebih dan berbagai residu yang dihasilkan produk-produk perawatan rambut lainnya.Bahan alami ini juga tidak akan merusak helai rambut saat membersihkannya. Berbeda dengan berbagai bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk perawatan rambut, lidah buaya tergolong lembut dan menjaga ketahanan rambut Anda.Maka dari itu, penggunaan lidah buaya disarankan jika Anda ingin memiliki rambut yang lebih sehat, berkilau, dan lembut.

2. Membantu mengobati dermatitis seboroik

Manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya adalah mengobati dermatitis seboroik. Penggunaan lidah buaya untuk mengobati masalah rambut dan kulit kepala ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah.Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang sering kali berkembang di kulit kepala dan wajah. Penyakit ini menyebabkan ruam merah muda berkerak dengan sisik yang berwarna kuning-putih di permukaan kult. Ruam ini biasanya juga bengkak dan berminyak.Lidah buaya terbukti secara ilmiah dapat mengurangi rasa gatal, berisik, dan ukuran area yang dipengaruhi dermatitis seboroik secara signifikan.Lidah buaya juga dapat mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Manfaat lidah buaya ini diperkirakan berasal dari kemampuannya dalam merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan pengiriman oksigen sekaligus nutrisi ke folikel rambut.

3. Memperkuat dan memperbaiki batang rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini berkontribusi dalam membentuk sel-sel tubuh sehat dan rambut berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung di dalam gel lidah buaya. Kedua nutrisi ini dianggap membantu mencegah rambut Anda rontok.Meski dipercaya memberikan manfaat, belum ada bukti ilmiah kuat yang mendukung klaim manfaat lidah buaya untuk rambut ini.

4. Berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut

Penggunaan lidah buaya secara rutin untuk membersihkan kulit kepala dan sebagai masker rambut, juga dianggap bermanfaat dalam mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut.Selain itu, ada banyak klaim yang menyebutkan bahwa lidah buaya mampu membuat rambut tumbuh lebih cepat. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bukti yang cukup untuk mendukung klaim manfaat lidah buaya ini.

Adakah risiko menggunakan lidah buaya untuk rambut?

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya atau penggunaan lidah buaya untuk kulit dan rambut lainnya biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun, sebagian orang dapat mengalami sejumlah gangguan, di antaranya:
  • Alergi, terutama bagi mereka yang alergi terhadap bawang putih, bawang bombay, atau tulip.
  • Fototoksisitas atau iritasi kulit yang mirip dengan akibat sengatan matahari parah.
  • Dermatitis kontak atau ruam kulit setelah lidah buaya digunakan pada kulit.
Sementara itu, penggunaan lidah buaya secara oral juga berpotensi berbagai gangguan kesehatan, seperti muntah, diare, kolik, ketidakseimbangan elektrolit, hingga masalah ginjal.Maka dari itu, meski penggunaan lidah buaya untuk rambut relatif aman, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dan jangan menggunakannya secara berlebihan.Apabila Anda punya pertanyaan seputar masalah rambut atau kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutlidah buaya
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319114#proven-benefits-for-hair-care
Diakses pada 20 Januari 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/6-natural-hair-straightening-products/
Diakses pada 20 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#risks
Diakes pada 20 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait