Punya Kaki Tidak Selaras? Berikut Cara Meluruskan Kaki X yang Aman


Melakukan gerakan peregangan yang tepat merupakan salah satu cara meluruskan kaki X. Selain itu, Anda bisa melakukan operasi dan terapi kaki X.

0,0
22 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Melakukan gerakan peregangan yang tepat merupakan salah satu cara meluruskan kaki XGejala yang paling terlihat dari Genu valgum adalah bentuk lutut kaki kanan dan kiri yang saling berdekatan
Salah satu penyakit ketidakselarasan kaki adalah Genu valgum atau knock-knee. Kondisi ini membuat kaki seperti membentuk huruf X yang pastinya juga menyulitkan saat berjalan. Penyakit Genu valgum tentunya bisa disembuhkan dengan langkah yang tepat. Cara meluruskan kaki X bisa dimulai dengan melakukan peregangan atau stretching.

Penyebab kaki berbentuk X

Kondisi seseorang memiliki kaki berbentuk X bisa terjadi karena banyak faktor. Berikut penyebab seseorang bisa memiliki kaki berbentuk X:

Gejala kaki berbentuk X

Gejala yang paling terlihat dari Genu valgum adalah bentuk lutut kaki kanan dan kiri yang saling berdekatan. Masih ada lagi gejala lain yang mungkin akan dirasakan oleh penderita kaki X:
  • Lutut terasa sakit
  • Gaya berjalan yang tidak normal dan sedikit pincang
  • Nyeri pada bagian kaki, pinggul, dan pergelangan
  • Kaki pada persendian
  • Tidak seimbang saat berdiri

Cara meluruskan kaki X

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Genu valgum bisa disembuhkan. Berikut langkah penyembuhan yang bisa dilakukan:

1. Olahraga teratur

Langkah pertama adalah melakukan peregangan otot kaki. Anda pun bisa melakukan beberapa gerakan di bawah ini:
  • Menekuk salah satu lutut dan memanjangkan kaki yang lain
  • Mengangkat kaki sambil tidur miring
  • Mengangkat kaki hingga lurus saat tidur
  • Hamstring curls atau mengangkat salah satu kaki ke belakang
  • Mengangkat satu kaki ke samping (side step-up)

2. Menurunkan berat badan

Berat badan juga jadi penyebab kaki berbentuk X. Karena itu, cobalah untuk menurunkan berat badan sedikit demi sedikit dan menjaga berat badan ideal. Cara ini akan membuat beban di lutut berkurang dan Anda bisa dengan mudah membuatnya lurus.Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Jika memang harus melakukan olahraga, pilihlah olahraga yang ringan.

3. Konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang

Mencukupi  nutrisi harian juga bisa membantu meluruskan kaki X. Anda perlu mengonsumsi vitamin D yang didapat dari makanan. Selain itu, tingkatkan juga asupan kalsiumnya. Apabila diperlukan, cobalah konsumsi suplemen.Berjemur juga akan menambah vitamin D dalam tubuh Anda maka disarankan berjemur sekitar 10-15 menit setiap harinya. Cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Fisioterapi

Cara ini juga bisa dilakukan untuk membantu meluruskan kaki. Pilihlah fisioterapis yang tepercaya dengan pendampingan dokter. Jika dilakukan dengan baik, kaki Anda bisa kembali normal.

5. Operasi

Operasi bisa dilakukan saat penyebab kaki X adalah cedera atau kecelakaan. Dengan langkah ini, dokter bisa memasukkan alat bantu ke dalam bagian tulang untuk menopang kaki agar sejajar kembali. Alat bantu ini berbentuk logam ini akan selamanya ada di dalam tubuh dan tidak perlu dilepas.

Catatan dari SehatQ

Meluruskan kaki berbentuk X bisa dilakukan dengan banyak cara. Pilih cara yang paling aman dan pastinya dengan pendampingan dengan para ahli. Jika dibutuhkan, lakukan operasi untuk membuat kaki kembali sejajar.Untuk berdiskusi lebih lanjut cara meluruskan kaki X, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
cedera lututkakivitamin dpenyakit kaki
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/319894#treatment
Diakses pada 10 Agustus 2021
Nation Wide Childrens https://www.nationwidechildrens.org/conditions/knock-knees-genu-valgum
Diakses pada 10 Agustus 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/genu-valgum#treatment
Diakses pada 10 Agustus 2021
Medlineplus https://medlineplus.gov/ency/article/001263.htm
Diakses pada 10 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait