18 Cara Melembutkan Rambut dengan Tepat Baik Secara Alami Hingga Permanen


Cara melembutkan rambut secara alami bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Jika cara ini tak kunjung ampuh untuk melembutkan rambut, Anda bisa menggunakan cara menghaluskan rambut secara permanen di salon kecantikan.

(0)
29 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu cara melembutkan rambut adalah dengan menggunakan kondisionerGunakan sampo sesuai jenis rambut sebagai cara melembutkan rambut yang tepat
Cara melembutkan rambut tanpa mengorbankan kesehatan sebenarnya tidak sulit dilakukan bila Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat. Lantas, bagaimana cara melembutkan rambut kasar agar hasilnya sesuai dengan dambaan?

Bagaimana cara melembutkan rambut kasar dan mengembang?

Memiliki rambut yang sehat dan terasa lembut saat disentuh tentu menjadi impian bagi setiap perempuan. Namun, tak banyak perempuan yang tahu cara mewujudkannya. Cara agar rambut lembut dan jatuh sesuai ekspektasi Anda sebenarnya mudah untuk dilakukan. Adapun beberapa cara melembutkan rambut demi menjaga keindahan mahkota kepala Anda adalah sebagai berikut.

1. Kenali jenis rambut Anda

Cara melembutkan rambut agar halus adalah dengan mengenali jenis rambut dahulu
Cara melembutkan rambut perlu mengenali jenis rambut dulu
Salah satu cara melembutkan rambut adalah mengenali jenis rambut Anda terlebih dahulu. Langkah ini merupakan hal penting sebelum Anda menentukan perawatan rambut yang ingin dilakukan.Misalnya, jenis rambut lurus lebih mudah untuk dibuat lebih lembut, dibandingkan tipe rambut keriting. 

2. Jangan keramas terlalu sering

Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang tentu dengan keramas atau mencuci rambut. Meski diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, keramas terlalu sering justru tidak dianjurkan karena justru membahayakan rambut Anda. Pasalnya, cara keramas terlalu sering atau setiap hari dapat merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya.Mencuci rambut terlalu sering juga bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alami sehingga kondisinya bisa sangat kering. Memang, tidak ada aturan baku berapa kali dalam seminggu untuk keramas. Namun, sebaiknya, Anda keramas apabila kondisi rambut sudah benar-benar dalam kondisi kotor. Bila perlu, sesuaikan dengan kondisi rambut. Misalnya, menjadi keramas dua hari sekali untuk pemilik rambut berminyak. 

3. Gunakan sampo yang tepat

Gunakan sampo yang tepat sebagai cara melembutkan rambut
Gunakan sampo sesuai jenis rambut Anda
Cara melembutkan rambut juga perlu mempertimbangkan sampo yang digunakan. Penggunaan sampo yang salah bisa menyebabkan kerusakan rambut dan membuat rambut menjadi kasar. Oleh karena itu, carilah produk sampo yang tepat sesuai jenis rambut Anda.Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak argan. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak argan mampu menutrisi batang rambut sehingga dapat melembapkan, menghaluskan, dan membuatnya berkilau. Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan sampo mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Sebab, kandungan ini tak hanya mengangkat kotoran dari rambut, tetapi juga minyak alami rambut. Hal ini dapat membuat rambut Anda kering dan kelihatan tidak sehat. Selain itu, SLS juga dapat membuat kulit kepala rentan mengalami iritasi dan kering.

4. Jangan lupa conditioner

Penggunaan conditioner merupakan hal penting dalam cara melembutkan rambut. Selain melembutkan, produk ini juga dapat melindungi rambut Anda dari berbagai hal yang menjadi penyebab rambut kering, seperti penggunaan alat penata rambut hingga sinar matahari.Jika Anda memiliki rambut kering, pastikan Anda menggunakan conditioner setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut.Cara menggunakan conditioner adalah dengan mengusapkannya hanya pada ujung-ujung rambut. Bagi Anda yang berambut panjang, gunakan conditioner dari ujung rambut sampai sepertiga atau setengah rambut.Hindari menggunakan conditioner sampai menyentuh kulit kepala.Sebab, hal ini justru dapat membuat kulit kepala jadi berminyak dan rambut lepek.Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air dingin. 

5. Cuci rambut dengan air dingin

Cara melembutkan rambut perlu mencuci rambut dengan air dingin
Gunakan air dingin untuk membilas sampo dan conditioner
Cuci rambut dengan air dingin juga menjadi cara melembutkan rambut kasar dan mengembang yang perlu diterapkan karena bisa membuat rambut terasa lebih lembut, halus, dan berkilau. Air dingin bisa membilas sampo atau conditioner yang Anda gunakan tanpa menghilangkan kelembapan rambut. Hindari mencuci rambut dengan air yang suhunya terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rusak hingga rambut menjadi kusam dan kering.

6. Rutin pakai masker rambut

Selain mengoleskan minyak esensial untuk rambut, Anda juga bisa menggunakan masker rambut secara rutin sebagai cara melembutkan rambut dengan bahan alami.Cara alami melembutkan rambut ini dapat membantu melembapkan secara efektif sehingga rambut terasa lebih lembut.Pilih masker rambut yang berfungsi khusus untuk melembutkan rambut. Kemudian, oleskan pada helaian rambut yang basah setelah keramas. Bilas masker setelah didiamkan selama 5 menit.  

7. Batasi penggunaan alat penata rambut

Anda perlu membatasi penggunaan alat penata rambut sebagai cara melembutkan rambut kasar dan mengembang. Kebiasaan menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, blow dryer, ataupun peralatan lainnya, bisa membahayakan kesehatan rambut. Pasalnya, suhu panas yang dihasilkan dari alat penata rambut dapat merusak rambut sehingga rambut jadi kasar dan rapuh, serta kehilangan kemilau alami. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut. Jika harus menggunakannya, oleskan serum pelindung rambut terlebih dahulu guna melindungi rambut Anda. 

8. Hindari mengikat rambut terlalu sering

Mengikat rambut sering kali dilakukan untuk beberapa situasi dan kondisi tertentu, seperti saat berolahraga. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dapat berisiko merusak kutikula rambut. Akibatnya, rambut bisa jadi kering, bahkan mengalami rambut rontok

9. Sisir rambut perlahan

Anda juga perlu menyisir rambut dengan hati-hati dan tidak terlalu sering sebagai cara melembutkan rambut kasar dan mengembang. Menyisir rambut terlalu sering bisa menimbulkan gesekan sehingga rambut akan kusut. Sebaiknya, batasi menyisir rambut seminimal mungkin, serta jangan pernah melakukannya saat rambut dalam kondisi basah. Pasalnya, rambut basah akan lebih rentan patah. Solusinya, Anda bisa menyisir rambut dengan cara menguraikannya sebelum mandi menggunakan sisir bergigi lebar. Kemudian, sisir rambut dengan hati-hati 1-2 kali sehari untuk menata dan menghilangkan rambut kusut. 

Bagaimana cara melembutkan rambut secara alami?

Cara melembutkan rambut dengan bahan alami juga bisa dilakukan bila Anda membutuhkannya. Adapun beberapa cara menghaluskan rambut secara alami adalah sebagai berikut. 

1. Minyak kelapa

Cara melembutkan rambut secara alami adalah dengan minyak kelapa
Oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada ujung rambut
Salah satu cara melembutkan rambut secara alami. adalah dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa tak hanya baik untuk kulit, melainkan juga dipercaya bermanfaat bagi batang rambut. Anda bisa mencari produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa.Namun, manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa didapat dengan mengoleskan minyak kelapa asli pada rambut sesudah keramas. Cukup oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada ujung rambut agar rambut tidak berminyak. 

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Manfaat minyak zaitun untuk rambut berperan sebagai lapisan yang membantu menahan air dan mencegah kerusakan kutikula rambut.Sayangnya, minyak zaitun bisa membuat rambut Anda berminyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan minyak zaitun tipis-tipis pada ujung-ujung rambut secara merata tiap seminggu sekali. 

3. Minyak argan

Minyak argan juga bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Meski penelitian yang menyebut manfaat minyak argan untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, bahan alami ini diklaim cukup menjanjikan. Minyak argan dapat ditemukan dalam sejumlah produk perawatan rambut, seperti sampo dan conditionerBagi pemilik rambut sangat kering, Anda bisa mengoleskan minyak argan yang asli. Cukup oleskan tipis-tipis ke seluruh helaian rambut secara merata untuk menggunakannya. 

4. Minyak alami lainnya

Cara melembutkan rambut bisa dengan minyak lavender
Gunakan 2-3 sendok makan minyak lavender pada rambut dan kulit kepala
Mengoleskan minyak alami pada rambut bisa menjadi cara melembutkan rambut secara alami. Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, Anda bisa menggunakan minyak castor (minyak jarak), minyak jojoba, minyak lavender, atau minyak rosemary untuk memijat area rambut dan kepala. Cara alami melembutkan rambut ini bisa dilakukan menggunakan 2-3 sendok makan minyak alami yang dipilih. Sesuaikan takaran minyak alami yang digunakan dengan panjang rambut Anda. Oleskan minyak alami pada kulit kepala dan seluruh helaian rambut. Pijat kulit kepala secara perlahan, lalu bungkus rambut dengan handuk lembap yang telah dibasahi air hangat. Penggunaan handuk hangat dapat membantu memaksimalkan penyerapan kandungan minyak alami ke area kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci rambut seperti biasanya. 

5. Masker rambut mayones dan alpukat

Tahukah Anda kalau masker rambut mayones dan alpukat bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami?Mayones kaya akan kandungan L-cysteine, yakni salah satu asam amino dan antioksdan yang baik. Mayones dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sehat secara rutin. Sedangkan, alpukat baik untuk mencegah masalah rambut kering dan rambut bercabang. Cara alami melembutkan rambut dengan mayones dan alpukat adalah sebagai berikut. 
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan kurang lebih 16 sendok makan mayones dan 2 sendok teh buah alpukat yang sudah dihaluskan. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan masker rambut mulai dari akar sampai ujung rambut. 
  • Gulung rambut Anda dan bungkus rambut dengan handuk lembap atau shower cap.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam, bilas dengan air dan sampo sampai bersih. 

6. Masker pisang

Masker pisang bisa dijadikan sebagai cara melembutkan rambut
Buat masker rambut dari pisang dan yogurt
Anda bisa menggunakan masker rambut dari buah pisang sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Jika digunakan secara rutin, masker rambut dari pisang diyakini dapat membuat rambut terasa lebih lembut, sekaligus mengurangi rambut kusut dan menenangkan kulit kepala yang iritasi. Untuk membuat masker rambut dari pisang, Anda bisa menambahkan yogurt ke dalamnya. Cara alami melembutkan rambut dengan pisang adalah sebagai berikut. 
  • Dalam sebuah mangkuk, haluskan 1 buah potong pisang. 
  • Tambahkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa ke dalamnya. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan pada helaian rambut Anda secara menyeluruh, mulai dari ujung rambut sampai ke akarnya. 
  • Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air dan sampo. 

7. Cuka apel

Manfaat cuka apel untuk rambut juga dipercaya sebagai cara melembutkan rambut secara alami. Cuka apel mampu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dengan cara membersihkan residu produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Selain itu, cuka apel berfungsi menutup kutikula rambut dan membuat rambut terasa lebih lembut, halus, dan berkilau. Anda bisa menggunakan cuka apel yang sudah dilarutkan dengan air putih. Gunakan bahan alami ini untuk membilas rambut setelah keramas. Lalu, diamkan selama beberapa saat. Meski tampak menjanjikan, cara alami melembutkan rambut dengan cuka apel ini belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah. 

Bagaimana cara melembutkan rambut kasar yang permanen? 

Jika beberapa cara melembutkan rambut dengan bahan alami di atas tidak membuat kondisi rambut jadi halus maksimal, Anda mungkin bisa melakukan sejumlah perawatan di salon kecantikan. Berikut adalah cara melembutkan rambut kasar yang permanen di salon kecantikan. 

1. Smoothing rambut

Salah satu cara melembutkan rambut kasar yang permanen di salon kecantikan adalah smoothing rambut. Smoothing rambut adalah teknik meluruskan dan menghaluskan rambut dengan bantuan zat kimia tertentu. Prosedur ini bisa memakan waktu 4-5 jam, dan efeknya dapat bertahan selama kurang lebih 3 bulan. Anda perlu melakukan sesi touch up untuk menjaga tampilan rambut tetap lembut dan halus. 

2. Perawatan keratin rambut

Cara melembutkan rambut kasar di salon kecantikan berikutnya adalah dengan perawatan keratin rambutTindakan ini dilakukan dengan menjaga volume dan tekstur rambut sehingga masalah rambut kusut bisa menjadi lebih lembut. Perawatan keratin akan melapisi rambut dengan protein keratin yang bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda. Cara ini umumnya dilakukan dengan bantuan suhu yang panas.Perawatan keratin akan membuat rambut beserta kutikula menjadi lebih halus dan berkilau selama kurang lebih 4 minggu.Perawatan ini aman dilakukan oleh semua jenis rambut, termasuk rambut yang diwarnai sekalipun. [[artikel-terkait]]Cara agar rambut lembut dan jatuh bisa Anda lakukan di rumah maupun di salon kecantikan. Namun, ingat, selain menjaga keindahan rambut dari luar, jangan lupa untuk merawat rambut dari dalam tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan zinc agar rambut yang sehat dapat terjaga. Masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar cara melembutkan rambut kasar dan mengembang?Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ dengan cara mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutkulit dan kecantikanpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair#2
Diakses pada 17 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tricks-healthier-fuller-hair#shampoo
Diakses pada 17 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-wash-your-hair#overwashing
Diakses pada 17 Mei 2020
Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/327013#are-they-dangerous
Diakses pada 17 Mei 2020
Health. https://www.health.com/beauty/get-gorgeous-hair-with-conditioner?slide=2c341bda-383d-4b3c-85c8-2dd66beb29d7#2c341bda-383d-4b3c-85c8-2dd66beb29d7
Diakses pada 17 Mei 2020
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/dry-hair#1
Diakses pada 17 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/18-super-effective-ways-to-how-to-get-smooth-hair/#gref
Diakses pada 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait