7 Cara Melebatkan Rambut Bayi, Pilih yang Alami dan Tak Picu Alergi

Pilih sampo khusus bayi berbahan lembut yang dapat membantu menebalkan rambut bayi
Mencuci rambut bayi secara berkala dapat membantu menebalkan rambut bayi

Melihat iklan sampo bayi di televisi, pasti dibintangi anak kecil dengan rambut lebat dan tampak sehat. Bagi orangtua yang memiliki bayi dengan rambut tidak terlalu lebat, pasti penasaran bagaimana cara melebatkan rambut bayi terutama dengan cara alami.

Perlu diingat pula bahwa apabila orangtua ingin mencoba cara melebatkan rambut bayi, lakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan. Sebelum usia tersebut, bayi masih terlalu sensitif dan dikhawatirkan bahan-bahan yang digunakan – meskipun alami – dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Cara melebatkan rambut bayi

Bayi terlahir berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing. Ada yang berambut lebat, ada juga yang tidak. Ada orangtua yang mencukur habis rambut setelah usia beberapa minggu kelahiran, ada pula yang tidak.

Semua keputusan itu sama-sama benar. Tidak ada benar salah dalam parenting. Untuk urusan cara melebatkan rambut bayi, beberapa bahan alami ini mungkin bisa dicoba:

1. Lidah buaya

Tentunya daftar pertama cara melebatkan rambut bayi dimulai dengan bahan alami andalan perawatan rambut, yaitu lidah buaya. Bahkan tak hanya untuk rambut, lidah buaya juga disebut-sebut baik untuk kulit.

Caranya pun mudah. Cukup ambil bagian gel dari lidah buaya dan campurkan dengan air hingga teksturnya kental. Setelah rata, Anda bisa menggunakannya sebagai sampo yang aman digunakan.

2. Minyak kelapa

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara melebatkan rambut bayi. Oleskan ke kepala bayi secara perlahan sebelum atau setelah mandi. Mengoleskan minyak kelapa juga bisa melembapkan bagian kepala yang mengalami cradle cap.

 3. Minyak argan

Selain minyak kepala, minyak argan juga bisa jadi pilihan cara melebatkan rambut bayi. Popularitas minyak argan semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena khasiatnya untuk rambut.

Mengoleskan minyak argan secara berkala dapat membuat kulit kepala bayi sehat sehingga pertumbuhan rambut pun lebih sehat dan lebat.

4. Vitamin D

Tak hanya dari luar, asupan vitamin dari dalam tubuh juga dapat menjadi cara melebatkan rambut bayi. Salah satu yang utama adalah vitamin D yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ketika bayi memasuki masa MPASI, coba kenalkan sayuran kaya vitamin D seperti labu atau ubi.

5. Zat besi

Asupan zat besi juga tak kalah penting untuk membantu melebatkan rambut. Bahkan, bahan MPASI yang mengandung zat besi dapat menguatkan rambut sehingga tumbuh lebih tebal dan lebat.

Jadi, jangan ragu menambahkan menu-menu kaya zat besi seperti sayuran hijau, labu, atau biji-bijian untuk bayi Anda. Selain itu, protein kaya zat besi seperti daging merah, ikan, atau kuning telur juga bisa jadi pilihan yang sehat.

6. Cuci rambut berkala

Bayi belum bisa mengatur temperatur tubuhnya sendiri, sehingga rentan berkeringat bahkan saat AC dipasang dengan suhu rendah sekalipun. Itulah mengapa orangtua perlu sangat jeli menjaga agar bagian tubuh bayi termasuk rambut tetap terjaga kebersihannya.

Cuci rambut bayi dengan teratur dan jangan menunda karena dapat membuatnya kusut. Gunakan air hangat sehingga bayi tetap merasa nyaman. Pilih sampo yang cocok dengan kulit anak Anda.

7. Almond

Kacang-kacangan yang juga direkomendasikan sebagai cara melebatkan rambut bayi adalah almond. Kacang almond merupakan sumber protein dan asam amino yang penting. Namun sebelum memberikannya dalam MPASI bayi Anda, pastikan tidak ada reaksi alergi.

Tak hanya dapat menebalkan rambut, konsumsi almond juga dapat meningkatkan tekstur kulit bayi hingga meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Selain pilihan-pilihan cara melebatkan rambut bayi secara alami, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yang sudah dikemas menjadi produk dan bisa digunakan dengan praktis.

Syarat utamanya tetap sama: uji coba dulu ke kulit kepala bayi. Apabila ada reaksi alergi, cari alternatif produk lain. Namun apabila reaksinya baik-baik saja, tak ada salahnya menambahkan sampo atau kondisioner khusus yang aman digunakan setiap hari.

Untuk orangtua bayi perempuan yang gemar mengikat rambut anak atau memasangkan aksesoris, pastikan tidak mengikat atau memasangnya terlalu erat. Mengikat rambut bayi terlalu erat misalnya dapat membuat akar rambut rusak bahkan memicu kerontokan.

First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-tips-for-baby-hair-growth/
Diakses 26 November 2019

Mommy in Me. https://www.mommyinme.com/10-best-ways-to-grow-baby-hair-faster/
Diakses 26 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/ask-heidi/newborn-hair.aspx
Diakses 26 November 2019

Artikel Terkait