Extension adalah salah satu cara melebatkan bulu mata secara instan
Perbandingan bulu mata dengan extension (klri) dan bulu mata normal (kanan)

Memiliki bulu mata lentik, tebal, dan lebat menjadi dambaan hampir setiap wanita. Tak heran, wanita kerap mencoba berbagai cara melebatkan bulu mata, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga mengandalkan produk kosmetik tertentu.

Selain untuk estetika, bulu mata memiliki fungsi yang lebih esensial bagi kesehatan mata. Mereka berguna untuk menangkal cahaya berlebihan masuk ke mata, juga menghalangi debu yang berpotensi membuat mata menjadi iritasi.

Sayangnya, masalah-masalah kesehatan juga kerap mengganggu pertumbuhan bulu mata. Ketika Anda mengalami kerontokan rambut, misalnya, tidak jarang kondisi bulu mata juga jadi menipis dan terlihat tidak lebat lagi.

Cara melebatkan bulu mata dengan bahan alami

Beberapa bahan alami di bawah ini dipercaya mampu melebatkan bulu mata, meski belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan klaim ini. Meski demikian, cara melebatkan bulu mata ini tergolong mudah dilakukan, lebih terjangkau, dan minim efek samping. 

Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda coba untuk melebatkan bulu mata Anda.

  • Minyak jarak

Minyak jarak diyakini dapat menambah pertumbuhan bulu mata. Caranya adalah oleskan minyak jarak pada bulu mata menjelang tidur, lalu bilas keesokan harinya atau pada pagi hari.

  • Petroleum jelly

Oleskan petroleum jelly pada bulu mata setidaknya tiga kali dalam seminggu. Lakukan sebelum tidur dan bilas di pagi hari.

  • Teh hijau

Teh hijau juga dipercaya membuat bulu mata lebih tebal. Cara melebatkan bulu mata dengan bahan yang satu ini pun hampir sama, yakni cukup oleskan teh hijau dingin tanpa pemanis ke bulu mata dengan menggunakan kapas dan lakukan setiap hari.

  • Minyak zaitun

Minyak yang satu ini dipercaya memiliki segudang manfaat, termasuk melebatkan bulu mata. Oleskan sedikit minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur, lalu cuci bersih di pagi hari.

  • Lidah buaya

Oleskan sedikit gel lidah buaya pada bulu mata. Lakukan hal tersebut sebelum tidur dan cuci di pagi hari.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda juga dapat melengkapinya dengan memijat kelopak mata secara lembut setiap hari. Cara melebatkan bulu mata ini diyakini mampu merangsang pertumbuhan bulu mata.

Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan di atas, jangan coba-coba untuk menggunakannya agar Anda dapat terhindar dari reaksi alergi.

Cara melebatkan bulu mata lainnya

Cara melebatkan bulu mata secara alami memang lebih terjangkau, hanya saja efeknya mungkin akan lama (bila memang berhasil). Jika Anda memiliki budget lebih banyak dan ingin melebatkan bulu mata dengan lebih cepat, beberapa cara berikut dapat Anda tempuh.

1. Menggunakan obat penumbuh bulu mata

Satu-satunya obat penumbuh bulu mata yang direkomendasikan adalah bimatoprost. Obat yang hanya bisa didapat dengan resep dokter ini sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) yang bisa membuat bulu mata Anda panjang dan tebal.

Pada awalnya, bimatoprost merupakan obat tetes mata untuk mengobati glukoma. Namun, belakangan diketahui bahwa obat tersebut memiliki efek samping lainnya, yaitu mampu merangsang pertumbuhan bulu mata.

Bagaimana cara melebatkan bulu mata dengan obat ini? Cukup oleskan bimatoprost di sepanjang garis bulu mata pada kelopak mata bagian atas.

Oleskan secara teratur setiap hari selama dua bulan. Pemakaian obat tersebut perlahan dapat merangsang pertumbuhan bulu mata.

Meski demikian, penggunaan obat bimatoprost mungkin menimbulkan efek samping, antara lain:

  • Mata terasa gatal, kering dan memerah
  • Kelopak mata menjadi lebih gelap
  • Pigmentasi cokelat gelap di bagian iris mata
  • Munculnya rambut di sekitar mata, jika pengolesan obat mengenai area di luar kelopak mata.

Pastikan obat tersebut tidak pernah menyentuh bola mata Anda. Benda asing apa pun yang menyentuh bola mata dapat mengakibatkan iritasi hingga kebutaan pada kasus yang ekstrem.

2. Extension bulu mata

Ingin hasil yang lebih instan lagi? Gunakan extension bulu mata.

Cara melebatkan bulu mata yang satu ini sangat digandrungi wanita yang ingin memiliki bulu mata dengan cara yang tebal dan sangat praktis. Extension bulu mata adalah rambut sintetis kecil yang direkatkan ke bulu mata seseorang dan biasanya dilakukan di salon kecantikan dengan efek yang mampu bertahan hingga beberapa bulan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat memiliki bulu mata yang terkesan lebat dengan penggunaan maskara ataupun bulu mata palsu.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-longer-eyelashes
Diakses pada 2 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/eyelash-length-growth-extensions
Diakses pada 2 Januari 2020

Artikel Terkait