Ambidextrous, Kemahiran Menggunakan Kedua Tangan Sama Baiknya


Ambidextrous adalah istilah bagi kelompok orang yang dapat menggunakan kedua sisi tangannya dengan imbang. Kemahiran ini dapat dilatih dengan beberapa cara

(0)
Ambidextrous adalah kemahiran yang dapat dilatihAmbidextrous adalah istilah bagi kelompok orang yang dapat menggunakan kedua sisi tangannya dengan imbang
Ambidextrous adalah suatu istilah yang umumnya mendeskripsikan orang-orang yang dapat menggunakan tangan kanan dan kiri dengan fasih dan sama baiknya. Orang-orang ambidextrous dapat lancar menulis, makan, atau melakukan aktivitas lainnya menggunakan kedua sisi tangan. Namun, tahukah Anda kalau keterampilan satu ini bisa dilatih? Bagaimana cara melatih ambidextrous?

Apa itu ambidextrous?

Ambidextrous adalah istilah bagi sekelompok orang yang mampu menggunakan kedua tangannya dengan seimbang untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti makan, menulis, menggambar, mengangkat barang, menyikat gigi, dan lainnya. Ambidextrous merupakan kemampuan yang sangat langka. Bahkan, hanya ada 10 persen dari total populasi manusia di dunia yang memiliki kemampuan ini. Beberapa tokoh dunia yang mempunyai keterampilan ambidextrous adalah Leonardo Da Vinci, Albert Einstein, hingga Barack Obama. 

Mengapa seseorang bisa memiliki kemampuan ambidextrous?

Penyebab seseorang memiliki kemampuan ambidextrous belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, kemampuan ini seringkali dikaitkan dengan belahan otak, baik sisi kiri dan sisi kananSebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang cenderung menggunakan tangan kanan secara alami maka otak kirinya menjadi lebih dominan. Sebaliknya, orang yang cenderung menggunakan tangan kiri atau dikenal dengan kidal, maka otak kanannya akan menjadi lebih dominan. Namun, pada orang ambidextrous, belum dapat diketahui sisi otak mana yang lebih dominan. Memiliki keterampilan ambidextrous ternyata dapat memudahkan Anda dalam menghadapi kondisi tertentu. Misalnya, jika Anda mengalami luka pada salah satu tangan yang dominan, maka tangan lainnya dapat menjadi pengganti untuk mengerjakannya. Hal tersebut tentu dapat membantu meringankan beban pekerjaan Anda. Ini sebabnya, tak sedikit orang yang ingin mengasah kemampuan menjadi ambidextrous. 

Cara melatih ambidextrous

Ambidextrous merupakan istilah bagi kelompok orang yang dapat menggunakan kedua sisi tangannya dengan imbang. Orang-orang ambidextrous dapat fasih menulis, bahkan makan menggunakan tangan kanan dan kiri jika mereka menginginkannya. Ternyata, ada beberapa cara melatih ambidextrous yang bisa Anda lakukan agar mahir menggunakan kedua sisi tangan. Berikut caranya:

1. Menulis dan menggambar

Cara melatih ambidextrous yang paling mudah adalah dengan menulis
Anda bisa membuat garis atau lingkaran untuk melatih ambidextrous
Salah satu cara melatih ambidextrous paling mudah adalah dengan menulis dan menggambar menggunakan tangan yang tidak dominan. Anda bisa memulainya dengan membuat garis, lingkaran, atau bentuk-bentuk lainnya. Jika tangan sudah tidak terlalu kaku, Anda bisa mencoba ke tahap selanjutnya, yaitu menulis huruf. Untuk membuat bentuk huruf yang sempurna memang diperlukan latihan berulang kali. Anda dapat terus mengasah kemampuan menggerakkan pensil atau pulpen dengan menulis nama Anda atau lainnya. 

2. Menyikat gigi

Cara melatih ambidextrous berikutnya adalah dengan menyikat gigi
Cobalah sikat gigi menggunakan tangan yang tidak dominan
Cara melatih ambidextrous berikutnya adalah dengan menyikat gigi. Biasanya Anda menggunakan tangan yang dominan untuk menggosok gigi. Nah, kali ini cobalah menggunakan tangan yang tidak dominan. Selain latihan menyikat gigi, Anda bisa melatih tangan yang tidak dominan untuk memutar keran air, mengambil dan menggunakan sabun atau handuk, mencukur jenggot, menggunakan make up, sampai menyisir rambut. 

3. Mengambil atau melakukan sesuatu dengan tangan yang tidak dominan

Coba lakukan kegiatan dengan tangan tidak dominan untuk melatih ambidextrous
Anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan tangan yang tidak dominan
Jika Anda terbiasa melakukan segala aktivitas menggunakan tangan dominan, kini saatnya Anda coba membuat tangan yang tidak dominan menjadi lebih aktif. Anda bisa menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengambil air minum, mengambil makanan atau minuman dari kulkas, mengambil dan memegang peralatan makan, dan lainnya. Dengan ini, Anda jadi lebih terbiasa dan dapat menjadi seorang ambidextrous. Untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai keinginan, Anda memang perlu melakukan cara melatih ambidextrous dengan rutin. Ini berarti latihan tidak hanya dilakukan satu atau dua kali. Jika sesekali Anda mungkin melakukan kesalahan saat melatih ambidextrous, sebaiknya jangan patah semangat. Yang paling penting adalah Anda perlu berhati-hati dan bersabar saat melakukan semua kegiatan menggunakan tangan tidak dominan.
kesehatan mental
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318808#Understanding-handedness
Diakses pada 2 Juni 2020
Web Md. https://www.webmd.com/children/news/20100125/ambidextrous-kids-more-likely-to-have-adhd#1
Diakses pada 2 Juni 2020
Concorde. https://www.concorde.edu/about-us/blog/health-care-insights/surgical-technologist-become-ambidextrous
Diakses pada 2 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait