5 Cara Melangsingkan Badan Tanpa Mengundang Penyakit


Cara melangsingkan badan tidak hanya melalui sedot lemak ataupun pil pelangsing. Anda bisa melakukan beberapa cara alami seperti mengurangi konsumsi gula dan perbanyak konsumsi protein.

(0)
22 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara melangsingkan badan yang sehatPenurunan berat badan sebaiknya hanya 1 kg per minggunya
Sudah berapa cara melangsingkan badan yang Anda jalani? Apakah cara yang Anda lakukan benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan? Apakah bentuk tubuh Anda kini sudah ideal karenanya?Saat ini, ada banyak metode yang digadang-gadang ampuh untuk menurunkan berat badan, mulai dari mengonsumsi suplemen hingga menahan rasa lapar dalam jangka waktu tertentu.Meski demikian, sebagain besar dari cara tersebut tidak didukung oleh bukti medis sehingga tidak jarang diet itu hanya sekedar membuat Anda kelaparan.

Cara melangsingkan badan secara alami

Pertama-tama, perlu Anda ingat bahwa prinsip menurunkan berat badan yang utama adalah menjaga asupan kalori Anda. Jumlah kalori yang masuk dari makanan dan minuman harus lebih sedikit dibanding total kalori yang Anda bakar.Meski demikian, apapun cara melangsingkan badan yang Anda pilih, pastikan Anda tidak memangkas terlalu banyak kalori yang masuk sekaligus. Hal ini hanya akan membuat Anda langsing karena kurang gizi serta merusak metabolisme tubuh secara keseluruhan.Berat badan harus turun secara bertahap. Idealnya, berat badan Anda hanya turun maksimal 1 kg per minggu dengan catatan Anda juga tidak mengonsumsi obat pelangsing yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat.Menurut Akademi Nutrisi dan Diet Amerika Serikat, penurunan badan yang terlalu drastis hanya akan membuat Anda kehilangan massa otot, tulang, dan air di dalam tubuh, bukan lemak. Penurunan berat badan yang terlalu drastis juga akan membuat berat badan Anda kembali naik dengan drastis juga.Setelah Anda memahami aturan di atas, berikut cara melangsingkan badan secara alami yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

1. Hindari konsumsi gula dan makanan yang mengandung tepung

Ini adalah bagian paling penting dalam diet Anda. Menghindari konsumsi gula dan makanan yang mengandung tepung dapat membuat Anda jarang merasa lapar sehingga Anda akan mengonsumsi kalori lebih sedikit. Anda pun tidak akan membebani tubuh untuk membakar kalori lebih banyak agar menjadi langsing.Fungsi lain dari menghindari kedua zat ini ialah demi menurunkan level insulin. Kelebihan insulin dapat membuat ginjal Anda rajin membuang sodium dan air ke tubuh sehingga Anda terlihat gemuk karena kebanyakan air.

2. Konsumsi protein

Anda mungkin sudah paham bahwa salah satu cara melangsingkan badan adalah dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Tetapi, jangan lupa juga untuk tetap menyertakan protein di dalam menu makanan Anda sehari-hari sebanyak 20-50 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.Protein bisa didapat dari daging hewan (sapi, ayam, babi, kambing, domba, dan lain-lain), ikan dan makanan laut lainnya (salmon, udang, kerang, dan lain-lain), serta telur utuh. Konsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar 80-100 kalori lebih banyak dari biasanya.Banyak makan protein juga disebut sebagai cara melangsingkan badan yang efektif karena dapat mengurangi nafsu makan hingga 60 persen. Selain itu, konsumsi protein juga dapat mengurangi keinginan ngemil di malam hari karena membuat kenyang lebih lama sehingga Anda akan memangkas kebutuhan kalori hingga 441 kalori per hari.Sementara itu, meski Anda secara umum ingin mengurangi lemak, tetap sertakan makanan yang mengandung lemak baik dalam menu Anda. Sumber lemak baik antara lain minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain.

3. Berolahraga tiga kali dalam seminggu

Cara melangsingkan badan yang sehat tidak lengkap tanpa berolahraga. Anda dapat melakukan olahraga apa pun yang Anda sukai, tapi para ahli menyarankan Anda melakukan olahraga angkat berat.Dengan olahraga ini, Anda akan membakar lebih banyak kalori sekaligus mencegah metabolisme tubuh melambat, sebagaimana dampak yang biasa terjadi pada orang yang baru saja mengalami penurunan berat badan.Angkat berat memang biasanya harus dilakukan di pusat kebugaran, bahkan dengan bantuan trainer jika Anda tidak familiar dengan olahraga ini. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti olahraga ini dengan jenis latihan lain, seperti kardio yang terdiri dari berjalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

4. Perbanyak minum air putih

Pastikan Anda selalu memperbanyak minum air putih setiap harinya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum air putih cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar lebih banyak kalori.Minumlah setidaknya 2 gelas atau 500 ml air putih, 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat membuat perut terasa kenyang dan mencegah Anda makan berlebihan.

5. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan merupakan hal wajib sebelum Anda memulai hari. Dengan melakukan sarapan rutin, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas dan tidak terdorong untuk makan lebih banyak di siang hari.Pilihlah menu sarapan sehat yang mengandung biji-bijian utuh, protein, serat, atau susu rendah lemak untuk mencukupi nutrisi Anda.Terdapat tips lain sebagai cara melangsingkan badan dari segi psikologis, misalnya gunakan piring kecil ketika Anda makan sebagai langkah mengurangi porsi makan. Anda juga sebaiknya tidak terburu-buru menghabiskan makanan karena butuh waktu 20 menit bagi perut mengirim sinyal ke otak bahwa mereka telah kenyang.
berat badan idealmenurunkan berat badankelebihan berat badan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345.php
Diakses pada 22 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-many-calories-per-day
Diakses pada 22 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible
Diakses pada 22 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/diet/lose-weight-fast
Diakses pada 22 November 2019
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/
Diakses pada 22 November 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20047752
Diakses pada 24 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait