Cara Melancarkan Peredaran Darah untuk Tubuh Sehat dan Bersemangat


Ada beberapa cara melancarkan peredaran darah, termasuk berhenti merokok, rajin minum air putih, latihan aerobik, serta menjaga berat badan. Mengonsumsi makanan tertentu juga membantu melancarkan aliran darah.

(0)
21 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara melancar peredaran darah adalah dengan melakukan yogaGerakan yoga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah
Darah berperan vital untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel di seluruh penjuru tubuh. Agar sel bisa menerima oksigen dan nutrisi dengan baik, tentulah sirkulasi atau peredaran darah juga harus lancar dan optimal. Ada beberapa cara melancarkan peredaran darah yang patut untuk diterapkan sehari-hari demi tubuh sehat. Apa saja cara memperlancar aliran darah tersebut?

Cara melancarkan peredaran darah untuk tubuh sehat

Dengan sedikit komitmen, ini dia cara melancarkan peredaran dan aliran yang perlu diterapkan:

1. Berhenti merokok

Rokok sama sekali tidak memberi manfaat bagi tubuh. Kandungan aktif dalam rokok, yakni nikotin, dapat merusak dinding pembuluh nadi (arteri) dan mengentalkan darah di tubuh. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, Anda bisa mencari bantuan dokter yang dapat menawarkan beberapa strategi untuk berhenti merokok.

2. Mengendalikan tekanan darah

Cara melancarkan peredaran darah yang mungkin cenderung sulit dilakukan adalah menjaga tekanan darah. Jika tekanan darah menjadi tinggi dan tak terkendali, seseorang berisiko mengalami arteriosklerosis atau mengerasnya arteri – kondisi yang  dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda juga bisa rutin memeriksa tekanan darah ke dokter. Rutin memeriksa tekanan darah dapat membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan sistem kardiovaskular dan kesehatan tubuh secara umum.

3. Melakukan latihan aerobik

Jalan kaki merupakan salah satu cara melancarkan peredaran darah
Jalan kaki akan membantu memperlancar peredaran darah
Latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, berjalan, dan berenang membantu “memasukkan” banyak oksigen menuju otot. Hal ini membantu darah menjadi terpompa, menguatkan jantung, dan menurunkan tekanan darah. Anda bisa melakukan latihan aerobik selama 30 menit dalam sehari, selama 5 hingga 7 hari dalam seminggu. Tak perlu berat, latihan aerobik seperti jalan kaki tetap menawarkan manfaat yang signifikan bagi tubuh dan sirkulasi darah.

4. Sesekali berdiri jika duduk terlalu lama

Duduk selama berjam-jam dapat berbahaya bagi sirkulasi dan aliran darah. Kebiasaan tak sehat ini dapat melemahkan otot kaki, memperlambat aliran darah di bagian tersebut, dan berisiko memicu pembentukan gumpalan darah. Pertimbangkan bekerja sambil berdiri dengan menggunakan meja tinggi sebagai cara untuk menghindari kebiasaan duduk terlalu lama. Rutin berdiri membantu melatih katup di pembuluh vena kaki untuk mengalirkan darah menuju jantung.

5. Mempraktikkan yoga

Yoga adalah latihan dan aktivitas yang kaya manfaat, termasuk membantu melancarkan peredaran darah. Banyak gerakan yoga ternyata juga membantu memperlancar sirkulasi darah. Misalnya, gerakan seperti memelintirkan badan dengan hati-hati dapat mengalirkan darah ke menuju organ di dalam tubuh. 

6. Rajin minum air putih

Untuk memperlancar aliran darah, Anda juga perlu senantiasa terhidrasi dengan mencukupkan kebutuhan air putih. Rekomendasi umum terkait asupan air putih yakni 8-10 gelas air sehari. Namun, Anda disarankan untuk segera minum apabila haus, terutama saat berolahraga atau jika cuaca begitu terik.

7. Melakukan squat

Squat merupakan salah satu latihan yang amat populer untuk melatih otot bagian bawah tubuh. Siapa sangka, squat juga menjadi salah cara melancarkan peredaran darah yang efektif dan mudah dilakukan. Tak hanya itu, latihan ini juga membantu menurunkan gula darah dan mengatasi nyeri di punggung.

8. Rajin konsumsi sayur dan buah

Rajin makan sayur dan buah merupakan cara melancarkan peredaran darah
Mengonsumsi sayur dan buah akan membuat aliran darah lebih lancar
Salah satu cara hidup sehat yang mudah dan murah adalah rajin mengonsumsi sayur dan buah. Konsumsi makanan dari tumbuhan ini membantu “membersihkan” pembuluh darah – sehingga berujung pada aliran darah yang lebih lancar. Rutin mengonsumsi sayur dan buah juga membantu mengendalikan berat badan dan mengontrol kolesterol.Kurangi penggunaan garam dalam makanan demi sirkulasi yang lancar. Lemak jenuh, yang menjadi salah satu musuh utama jantung, juga perlu dijauhi.

9. Menjaga berat badan tetap ideal

Hal terpenting dari menjaga berat badan ideal yakni tubuh lebih sehat, termasuk menjadi salah satu cara memperlancar peredaran darah. Kaitan berat badan ideal dengan aliran darah yang lebih lancar juga sudah dibuktikan dalam riset medis.Dengan komitmen dan konsistensi, Anda perlu mengombinasikan defisit kalori dan latihan fisik untuk membantu menurunkan berat badan yang efektif. 

10. Minum teh

Teh tak sekadar menjadi salah satu minuman terbaik untuk memulai hari. Kandungan antioksidan dalam teh pun membantu merangsang kesehatan jantung dan pembuluh darah serta memperlancar peredaran darah. Jenis teh yang paling dikaitkan dengan manfaat ini yaitu teh hijau dan teh hitam. 

Makanan apa untuk melancarkan peredaran darah?

Beberapa makanan untuk melancarkan aliran darah, yaitu:
  • Buah delima
  • Bawang bombay
  • Kayu manis
  • Bawang putih
  • Ikan berlemak, termasuk sarden segar, salmon, tuna, dan makarel
  • Bit
  • Kunyit
  • Sayuran hijau
  • Jeruk dan buah sitrus lain
  • Tomat

Catatan dari SehatQ

Cara melancarkan peredaran darah di atas bisa Anda terapkan demi sirkulasi lancar dan tubuh yang sehat. Jika masih memiliki pertanyaan terkait cara melancarkan peredaran darah, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi hidup sehat terpercaya
tekanan darah tinggioksigenperedaran darahpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-increase-blood-flow
Diakses pada 7 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20047752
Diakses pada 7 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320793
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait