Cara Melancarkan Haid Setelah KB Suntik 3 Bulan


Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan sebenarnya mudah. Salah satunya adalah dengan jaga berat badan ideal.

(0)
Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan adalah dengan mengganti jenis kontrasepsi AndaCara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan adalah dengan istirahat cukup serta jaga berat badan ideal Anda.
Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan diperlukan untuk memperbaiki siklus menstruasi.Sebab, metode KB ini mengandung hormon progestin yang dapat membuat haid tidak teratur atau bahkan tidak mens sama sekali pada sebagian perempuan.

Waktu munculnya haid setelah lepas KB suntik 3 bulan

KB suntik 3 bulan mengandung progestin agar ovulasi terhambat
KB suntik 3 bulan mengandung progestin agar ovulasi terhambat
KB suntik 3 bulan mengandung hormon progestin untuk menghambat proses ovulasi sehingga Anda tidak hamil.Di dalam tubuh, progestin membuat lendir serviks menebal atau dinding rahim (endometrium) menipis agar pembuahan sulit terjadi.Perlu diketahui bahwa pemberhentian KB terlepas dari sudah seberapa lama Anda menggunakannya tidak akan memengaruhi kesuburan dan kemampuan untuk hamil.Namun, salah satu efek suntik KB yang cukup umum adalah mengganggu haid, terutama pada 6-12 bulan setelah suntikan pertama.Menstruasi Anda mungkin jadi lebih lama.Perubahan siklus ini bisa menyebabkan durasi haid lebih lama, jadwal berubah dari biasanya, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali (amenorea).Sekitar 50-60% wanita bisa tidak haid sama sekali setelah suntik KB per tiga bulan.Nah secara umum, ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan berhenti mendapatkan suntik KB. Mungkin ada yang lepas KB karena ingin mencoba hamil, kurang cocok dengan suntik KB 3 bulan, atau merasa efek samping di atas dapat mengganggu kesuburannya.Pada umumnya, menstruasi bisa muncul kembali dalam 6-18 bulan setelah berhenti suntik KB.Namun, kapan tepatnya menstruasi bisa kembali normal setelah lepas KB mungkin berbeda-beda antar wanita. Oleh karena itu, beberapa di antaranya mencoba mencari cara untuk melancarkan haid setelah lepas KB suntik.

Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan

Setelah lepas dari KB suntik 3 bulan, Anda tentu menantikan munculnya menstruasi. Haid pertama setelah lepas KB biasanya akan muncul secara alami dalam beberapa bulan ke depan.Akan tetapi jika Anda ingin mempercepatnya, beberapa cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan di bawah ini patut dicoba.

1. Istirahat cukup

Istirahat cukup membuat energi bertambah sehingga siklus haid lancar
Istirahat cukup membuat energi bertambah sehingga siklus haid lancar
Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. Sebab, riset dari Medicine menemukan bahwa aktivitas fisik terlalu berat, seperti olahraga intens, meningkatkan kadar senyawa tertentu dalam tubuh yang menyebabkan energi berkurang.Sementara energi tubuh berkurang dari dalam, olahraga terus-terusan juga semakin menguras tenaga.Apabila hal ini tidak diimbangi dengan asupan kalori yang setimpal, persediaan energi dalam tubuh akan merosot jauh dan akhirnya memengaruhi hormon.Ketidakseimbangan hormon dan energi tubuh inilah yang dapat membuat menstruasi jadi tidak lancar.Jadi, istirahat cukup adalah salah satu cara melancarkan haid setelah suntik KB 3 bulan yang bisa Anda lakukan, terutama apabila Anda cukup aktif berkegiatan.

2. Kelola stres

Siapa sangka, mengendalikan stres juga dapat dikatakan sebagai cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan?Rupanya, menurut studi yang dikemukakan The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, stres meningkatkan kadar hormon kortisol yang kemudian menghambat kerja hormon gonadotropin releasing (GnRH).Hormon GnRH adalah yang mengatur jalannya siklus menstruasi tetap normal. Akibatnya, jadwal haid jadi terlambat atau tidak teratur.Beberapa cara mengurangi stres agar cepat haid setelah lepas KB suntik yang bisa Anda lakukan adalah yoga dan meditasi.Dua hal ini membantu mengurangi kadar hormon kortisol dan menurunkan detak jantung.Menurut penelitian dari International Journal of Preventive Medicine, yoga terbukti mengurangi stres dan kecemasan pada perempuan.Selain itu, temuan dari The Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa yoga juga mampu membantu wanita yang masalah siklus haid yang tidak lancar.Jadi, olahraga yang satu ini bisa Anda pilih sebagai cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan.Sementara itu, meditasi juga meningkatkan hormon melatonin yang membantu tidur lebih nyenyak agar Anda bisa lebih banyak beristirahat saat sedang stres.

3. Mengganti kontrasepsi

Ganti kontrasepsi lainnya agar tidak mengalami efek samping amenore
Ganti kontrasepsi lainnya agar tidak mengalami efek samping amenore
Bila Anda tidak kunjung menstruasi juga setelah menggunakan KB suntik 3 bulan, konsultasi ke dokter kandungan. Besar kemungkinan dokter akan menganjurkan mengganti kontrasepsi dengan yang bukan bersifat hormonal agar kadar hormon dalam tubuh tetap seimbang.

4. Menyembuhkan penyakit penyebab tidak menstruasi

Bisa jadi selain karena efek samping kontrasepsi suntik 3 bulan, Anda juga mengalami beberapa penyakit yang berdampak siklus menstruasi.Beberapa penyakit yang mampu menyebabkan masalah pada siklus menstruasi adalah:Maka itu, segera kontrol untuk menyembuhkan atau mengendalikan gejala penyakit tersebut agar bisa cepat haid setelah lepas KB suntik.

5. Jaga berat badan ideal

Jaga berat badan Anda agar tidak mengalami amenore
Jaga berat badan Anda agar tidak mengalami amenore
Cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan adalah dengan memastikan berat badan Anda tidak berlebih atau kekurangan.Dalam hal ini, obesitas membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menstruasi pun terlambat. Hal ini dipaparkan dalam riset terbitan Reproductive Biology and EndocrinologySelain itu, bila Anda kekurangan berat badan, Anda juga rentan mengalami amenorea.Biasanya, hal ini terjadi akibat pembatasan kalori atau penyakit yang menyebabkan indeks massa tubuh rendah.Karena beberapa penyebab tersebut, tubuh pun mengalami stres. Stres akan mengurangi produksi hormon estrogen yang menyebabkan ovulasi terganggu.

6. Konsumsi kunyit dan kayu manis

Kunyit mengandung senyawa fitoestrogen yang efeknya mirip dengan hormon estrogen.Kandungan ini terbukti berpotensi untuk membantu melancarkan menstruasi.Sebagai cara melancarkan haid setelah KB suntik 3 bulan, Anda dapat mencoba konsumsi kunyit sebanyak 100-500 mg untuk dua kali sehari.Sementara itu, kayu manis dapat mengatur kadar insulin dalam tubuh. Biasanya, orang dengan PCOS memiliki kadar insulin yang tinggi dan siklus haid tidak teratur.Oleh karena itu, kayu manis juga berpotensi membantu siklus hormonal dalam menstruasi.Bila Anda mengonsumsi kayu manis dalam bentuk suplemen, dosis yang dianjurkan adalah 500 mg dan diminum 3 kali sehari.

Catatan dari SehatQ

Bila Anda ingin mengonsumsi obat atau suplemen sebagai cara cepat haid setelah KB suntik, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan atau dokter gizi maupun ahli nutrisi.Hal ini berguna agar Anda mendapatkan dosis yang tepat sesuai kebutuhan Anda.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait cara melancarkan haid setelah lepas KB suntik, Anda juga bisa tanyakan lebih lanjut dengan konsultasi dokter secara gratis di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
siklus haidhaidmenstruasikesehatan wanitapenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Best Practice & Research Clinical Obstetrics & Gynaecology. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1521693414001035 Diakses pada 23 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/birth-control/birth-control-pill-vs-shot Diakses pada 23 Maret 2021Family Planning Victoria. https://www.fpv.org.au/for-you/contraception/contraceptive-injection-depo Diakses pada 23 Maret 2021Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/ovulation/fertile-days/how-do-i-know-im-fertile/ Diakses pada 23 Maret 2021Contraception and Reproductive Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6055351/ Diakses pada 23 Maret 2021Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5457858/ Diakses pada 23 Maret 2021The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4333037/ Diakses pada 23 Maret 2021University of California San Francisco. https://www.ucsfhealth.org/education/the-menstrual-cycle Diakses pada 23 Maret 2021International Journal of Preventive Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843960/ Diakses pada 23 Maret 2021The Journal of Alternative and Complementary.  https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23647406/ Diakses pada 23 Maret 2021An International Quarterly Journal of Research in Ayurveda. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4895748/ Diakses pada 23 Maret 2021Web MD. https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random Diakses pada 23 Maret 2021Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods Diakses pada 23 Maret 2021Baylor Medicine. https://www.bcm.edu/healthcare/specialties/womens-health-maternity/obgyn-conditions/menstrual-disorders Diakses pada 23 Maret 2021Reproductive Biology and Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5845358/ Diakses pada 23 Maret 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/changes-in-your-weight-and-missing-your-period-4105209 Diakses pada 23 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods Diakses pada 23 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait