Cara Melakukan Handstand yang Aman Agar Terhindar dari Cedera


Cara melakukan handstand bisa terlihat menakutkan bagi para pemula. Apalagi mengingat cedera yang bisa terjadi. Namun dengan cara yang tepat, bukan mustahil, Anda pun bisa melakukannya dengan aman.

(0)
22 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara melakukan handstand bisa dilakukan dengan tembokCara melakukan handstand membutuhkan persiapan matang agar tidak cedera
Cara melakukan handstand mungkin terlihat menyeramkan bagi pemula. Sebab, salah satu gerakan atau pose yoga ini memang berisiko menimbulkan cedera pada bagian leher dan tulang belakang.Seperti namanya, handstand berarti berdiri dengan tangan, sehingga pose Anda akan terlihat seperti melawan gaya gravitasi. Dalam yoga, handstand masih ‘bersaudara’ dengan gerakan headstand dan forearm balance yang merupakan gaya inversi tingkat lanjut.Menurut Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), handstand tidak bisa dilakukan dengan mengandalkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh saja. Anda juga harus melatih kekuatan tubuh, terutama tubuh bagian atas, yang biasanya memakan waktu lama sebelum Anda dapat melakukan handstand dengan sempurna.

Cara melakukan handstand diawali persiapan ini

Latihan push up diperlukan sebelum melakukan handstand
Seperti dikatakan di atas, handstand adalah gerakan yoga tahap lanjut sehingga tidak disarankan bagi pemula. Pasalnya, latihan ini membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas sehingga Anda harus melatih otot bahu, lengan atas (terutama trisep), dada, dan inti (core) tubuh sehingga tubuh akan lebih kuat dan stabil dalam menopang berat badan sendiri.Ada beberapa latihan yang disarankan untuk Anda lakukan sebelum mencoba handstand, yaitu:
  • Push up (melatih otot dada)
  • Dive bomber push up (melatih otot bahu)
  • Bench dips (melatih trisep)
  • Front dan side plank, bird dog, air squat, laying leg raise, dan back extensions (melatih otot inti)
Gerakan-gerakan di atas bisa dilakukan oleh pemula dan tidak membutuhkan alat khusus, tapi efektif memperkuat tubuh bagian atas sehingga Anda siap untuk mencoba handstand.

Langkah-langkah melakukan handstand

Sebelum melakukan handstand, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan instruktur yoga terlebih dahulu untuk memastikan tubuh memang sudah siap. Jika instruktur memberi lampu hijau, tetap perhatikan juga cara melakukan handstand yang aman dan tepat bagi pemula.Pemula dalam yoga sangat disarankan melakukan handstand dengan bantuan tembok atau meminta orang lain menahan tubuh Anda sebelum berdiri dengan tangan. Setidaknya ada 2 cara melakukan handstand yang aman bagi pemula, sebagai berikut ini.

1. Cara pertama:

  • Berdiri dengan kaki kanan di depan kaki kiri dan lengan terangkat. Jika Anda mau, mulailah dengan pose downward-facing dog.
  • Angkat sedikit kaki kanan, kemudian turunkan kembali ke lantai saat Anda meletakkan tangan di tanah dan menendang kaki kiri, lalu kaki kanan.
  • Sejajarkan tubuh sehingga kaki, pinggul, dan bahu berada dalam garis lurus dan tahan posisi ini selama mungkin.

2. Cara kedua:

  • Mulailah dengan pose downward-facing dog atau lipat badan ke depan dengan tangan di tanah serta satu hingga dua kaki terangkat ke dinding.
  • Tekan tangan Anda ke lantai sedikit lebih lebar dari jarak bahu, lalu angkat pinggul di atas Anda dengan menahan tungkai dan kaki.
  • Lekatkan kedua paha dan angkat kaki di atas kepala.
  • Sejajarkan tubuh Anda sehingga menumpuk secara vertikal di atas tangan dan tahan posisi ini selama mungkin.
Setelah menguasai cara melakukan handstand ini, letakkan tangan menjauh dari dinding sehingga kaki akan menyentuh dinding, hanya jika Anda bergerak terlalu jauh ke depan.Sebagai pengaman tambahan, Anda juga dapat menempatkan bantal atau selimut di sekitar lokasi handstand, agar tubuh tidak sakit jika terjatuh.

Kapan Anda tidak disarankan melakukan handstand?

Hindari handstand jika mengalami tekanan darah tinggi
Selain pemula yang belum memiliki kekuatan tubuh bagian atas, beberapa orang juga tidak disarankan melakukan handstand jika mengalami:
  • Cedera leher, punggung, atau masalah tulang belakang lainnya
  • Osteoporosis
  • Pusing akibat melakukan pose inversi seperti ini
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi atau rendah
  • Masalah pada mata, terutama jika mengidap glukoma
  • Kehamilan
Wanita yang sedang menstruasi juga tidak disarankan mencoba cara melakukan handstand. Pasalnya, handstand dikhawatirkan mengganggu aliran alamiah darah menstruasi sehingga juga akan mengurangi darah yang keluar dari tubuh, mengingat gerakan ini berlawanan dengan arah gravitasi.

Catatan dari SehatQ

Jika kondisi tidak memungkinkan Anda mencoba cara melakukan handstand, sebaiknya jangan memaksakan diri. Handstand tanpa dibarengi kondisi tubuh yang prima hanya akan membawa cedera bagi Anda, mulai dari terkilir hingga patah leher yang berakibat fatal.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghindari cedera akibat handstand, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragayoga
APKI. https://apki.or.id/tips-yoga-headstand-handstand/
Diakses pada 9 November 2020
Yoga Journal. https://www.yogajournal.com/poses/handstand
Diakses pada 9 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/handstand
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait