Cara Melakukan Gerakan Kayang adalah dengan Tahapan Ini


Cara melakukan gerakan kayang adalah dengan diawali pose berbaring terlentang. Jika masih pemula, lakukanlah gerakan ini dengan pengawasan instruktur berpengalaman, untuk menghindari kemungkinan cedera.

(0)
27 Jan 2021|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara melakukan gerakan kayang adalah dimulai dari posisi berbaringCara melakukan gerakan kayang yang tepat dimulai dari posisi berbaring terlentang
Pose kayang bisa terlihat menyeramkan. Namun apabila Anda berhati-hati mencoba, gerakan ini tidaklah semenakutkan yang dibayangkan. Salah satu cara melakukan gerakan kayang adalah dengan menjalani latihan gerakan-gerakan lain untuk mempersiapkan tubuh.Kayang juga dikenal dengan nama Urdhva Dhanurasana, Chakrasana, upward bow pose, back bridge, atau wheel pose, dalam yoga. Meski terlihat sulit, bukan berarti mustahil bagi Anda untuk mencobanya. Namun, melakukannya tentu tetap membutuhkan kekuatan serta fleksibilitas.

Cara melakukan gerakan kayang adalah seperti ini

Pastikan kaki dan lutut dalam satu garis lurus
Kayang merupakan salah satu gerakan backbend. Pose ini pada dasarnya dilakukan dengan cara membuka dada, pundak, serta pinggul. Biasanya, pose backbend yang satu ini diperagakan menjelang akhir sesi yoga. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam melakukan kayang.
  1. Berbaringlah terlentang dengan punggung menempel pada lantai atau matras.
  2. Tekut lutut, dekatkan telapak kaki ke arah bokong. Ukur dengan jari. Pastikan jari tangan bisa menyentuh tumit. Kedua kaki harus paralel dan berjarak dari pinggul.
  3. Tekuk siku dan bawa telapak tangan ke arah kepala. Posisikan di bawah pundak, dengan jari-jari mengarah ke kaki.
  4. Tarik napas dan tekan telapak tangan dan kaki, sembari mengangkat pundak dan pinggul dari lantai. Jangan langsung mengerahkan kemampuan maksimal untuk menaikkan tubuh.
  5. Arahkan bagian atas kepala ke matras, pastikan tidak memberikan beban terlalu banyak pada leher.
  6. Gunakan tangan atau kaki untuk menopang. Berhenti sejenak di sini untuk memastikan posisi siku tetap paralel dan tidak membuka ke samping.
  7. Luruskan lengan seiring gerakan mengangkat kepala dari lantai.
  8. Pastikan kaki dan lutut dalam posisi paralel satu garis.
  9. Busungkan dada lebih naik.
  10. Mulailah luruskan kaki.
  11. Sebagai persiapan untuk mengakhiri pose kayang, dekatkan dagu ke dada. Turunkan tubuh perlahan.
    Beristirahatlah sembari meluruskan kaki di lantai.
Cobalah untuk melakukan gerakan kayang beberapa set dengan tiga kali gerakan setiap setnya. Jika masih belum kuat melakukannya, kombinasikan dengan satu atau dua kali pose bridge.

Manfaat melakukan gerakan kayang

Gerakan kayang dapat membantu mengurangi berat berlebih
Gerakan kayang mampu meningkatkan mobilitas tulang belakang dan membuka dada. Selain itu, pose tersebut pun memperkuat lengan, bahu, serta kaki. alam pandangan tradisional, melakukan kayang bahkan dipercaya mampu meperbaiki mood.Lebih lanjut, berikut ini sederet manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dengan melakukan pose kayang.
  • Meregangkan tubuh

    Gerakan kayang memegang peran penting sebagai pose peregangan yang baik dalam yoga. Pose ini mampu memanjangkan otot inti tubuh dan meregangkan lengan, bersamaan dengan ketiak. Kayang bermanfaat bagi tubuh karena memberikan lebih banyak peregangan.
  • Meningkatkan kekuatan tulang dan otot

    Melakukan kayang dapat meningkatkan kesehatan tulang belakang dan kepadatan tulang, serta mendukung kerja syaraf. Selain itu, pose kayang pun mampu melatih kekuatan otot-otot tubuh.
  • Memperbaiki nafsu makan

    Apabila merasa tidak nafsu makan, jangan buru-buru mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan. Anda bisa melakukan kayang untuk mengatasinya. Saat kepala menengadah ke bawah, pastikan rahang menutup. Posisi ini mampu meregangkan leher, sehingga meningkatkan kinerja pencernaan. Selain itu, melakukan kayang dipercaya dapat membantu meredakan sembelit, gangguan pencernaan, dan sakit perut lain, sehingga nafsu makan pun meningkat.
  • Mengurangi berat badan berlebih

    Tak sedikit orang yang akhirnya melakukan latihan berlebihan di pusat kebugaran atau gym, demi menghilangkan timbunan lemak penyebab obesitas. Gerakan kayang membutuhkan dukungan perut dan organ-organ di dalamnya, sehingga akhirnya mampu mengurangi lemak di perut.
  • Melatih fleksibilitas

    Manfaat lain dari melakukan gerakan kayang adalah meningkatkan fleksibilitas secara signifikan. Sebab, kayang mampu meregangkan tulang belakang dengan baik. Hasilnya, tubuh pun jadi lebih fleksibel.
  • Mendukung sirkulasi darah

    Gerakan kayang dilakukan dengan posisi kepala yang menghadap ke lantai ini ternyata mampu meningkatkan suplai darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Pada akhirnya, dengan rajin melakukan pose ini, wajah bisa terlihat selalu segar.
  • Menjaga kesehatan mental

    Salah satu manfaat penting dari melakukan gerakan kayang adalah kesehatan mental yang lebih terjaga. Sebab ketika tubuh dalam posisi tersebut, darah akan mengalir ke otak dengan membawa oksigen. Hasilnya, kecemasan, stres, dan gangguan emosi lain bisa mereda.
  • Meringankan gangguan pernapasan

    Kayang atau Chakrasana membantu paru-paru menjalankan fungsinya dengan baik sebagai organ pernapasan. Gerakan ini mampu membuka paru-paru yang akhirnya meredakan gangguan pernapasan. Oleh karena itu, melakukan kayang secara teratur dapat meringankan asma, gangguan pernapasan, maupun bronkitis.

Yang harus diperhatikan sebelum mencoba gerakan kayang

Hindari kayang jika Anda memiliki tekanan darah rendah
Kayang sebenarnya pose yoga yang bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan ‘advanced’. Jadi, pose ini lebih cocok untuk individu yang sudah berpengalaman melakukan yoga. Sebelum mempraktikkan gerakan ini, pemanasan untuk tulang belakang harus dilakukan.Jika masih pemula, sebaiknya Anda melatih gerakan ini di bawah pengawasan instruktur berpengalaman. Selain itu, jangan mencoba kayang apabila sedang mengalami tekanan darah rendah, diare, maupun dalam masa kehamilan.Untuk mengetahui lebih banyak tentang kesiapan tubuh dalam melakukan kayang maupun tips untuk menghindari cedera akibat gerakan tersebut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragayoga
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/wheel-pose-urdhva-dhanurasana-3567138#:~:text=Wheel%20Pose%20(Urdhva%20Dhanurasana)%20is,and%20flexibility%20to%20achieve%20it.&text=Backbends%20are%20usually%20done%20near,mild%20twist%20or%20forward%20bend.
Diakses pada 15 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cholesterol/yoga-for-cholesterol#research
Diakses pada 15 Januari 2021
Haritha Yogshala. https://www.harithayogshala.com/blog/benefits-of-chakrasana-wheel-pose
Diakses pada 15 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait