Cara Melakukan Child Pose Yoga dan Potensi Manfaatnya


Child pose yoga adalah salah satu postur istirahat yang paling penting dalam yoga. Jika dilakukan dengan tepat, pose yoga ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

0,0
16 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Child pose yoga yang dilakukan dengan benar dapat memberikan banyak manfaatChild pose yoga merupakan postur istirahat yang penting dalam yoga
Child pose yoga adalah postur istirahat yang paling penting dalam yoga. Pose yoga yang juga dikenal sebagai balasana ini dianggap mampu meregangkan berbagai bagian tubuh dengan lembut.Saat melakukan child pose yoga, Anda memiliki kesempatan untuk berhenti sejenak, menilai kembali posisi Anda, menghubungkan kembali dengan napas Anda, dan mempersiapkan diri untuk melakukan posisi selanjutnya.Dalam kelas yoga, sebagian instruktur dapat memberikan Anda kesempatan untuk beristirahat dengan melakukan child pose yoga setelah menjalani gerakan-gerakan yoga vinyasa bertempo cepat, atau setelah menahan pose yoga tertentu dalam waktu lama.

Cara melakukan child pose yoga

Jika Anda ingin mencoba child pose yoga, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.
  1. Pertama, berlututlah di matras yoga.
  2. Sentuh jempol kaki Anda bersama-sama dan duduk di tumit Anda, kemudian buka lutut Anda selebar pinggul.
  3. Sambil membuang napas, turunkan batang tubuh di antara paha Anda. Lebarkan sakrum di bagian belakang pinggul dan rapatkan titik pinggul ke arah pusar sehingga dapat ditempatkan di paha bagian dalam.
  4. Tarik tulang ekor menjauh dari bagian belakang panggul saat Anda mengangkat pangkal tengkorak dari bagian belakang leher.
  5. Letakkan tangan di lantai di samping tubuh Anda, telapak tangan ke atas, dan lepaskan bagian depan bahu Anda ke lantai. Rasakan bagaimana berat bahu depan menarik tulang belikat secara melebar di punggung Anda..
  6. Tahan child pose yoga selama 30 detik hingga 3 menit.
  7. Saat hendak bangun, pertama-tama regangkan tubuh bagian depan. Sambil menarik napas, mulailah angkat dari tulang ekor saat tulang ini menekan ke bawah dan masuk ke dalam panggul, hingga tubuh terangkat naik.
Anda dapat membuat beberapa variasi dalam pose yoga ini. Misalnya, dengan meletakkan tangan ke bawah, di samping kaki dengan telapak tangan menghadap ke atas.Anda juga dapat melakukan pose ini dengan posisi lutut yang lebih rapat atau jari-jari ditekuk. Yang paling penting, Anda harus merasa nyaman saat melakukan child pose yoga.

Manfaat child pose yoga bagi tubuh Anda

Berikut adalah sejumlah manfaat child pose yoga yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan dengan benar.

1. Meregangkan tulang belakang

Saat Anda menarik tangan ke depan dan tulang ekor ke belakang, gerakan ini dapat membuat tulang belakang mengalami peregangan sehingga tekanan menjadi berkurang. Tulang belakang pun jadi memanjang dan tekanan pada diskus ikut berkurang.

2. Melepaskan tekanan dari punggung bawah

Melipat kaki pada postur yoga balasana dapat membantu menetralkan gerakan tulang ekor yang biasanya dilakukan sepanjang hari. Kondisi ini memungkinkan pemanjangan dan peregangan melalui tulang belakang dan membantu pelepasan tekanan di punggung bawah.

3. Memperkuat lutut

Child yoga pose adalah postur yang sangat baik untuk memperkuat dan meregangkan lutut. Pose ini memungkinkan peregangan pada otot di sekitar lutut sehingga memperkuatnya dalam menopang lutut dan mengurangi tekanan pada sendi lutut.

4. Meningkatkan peredaran darah

Child yoga pose juga dapat membantu meningkatkan peredaran darah ke bagian tulang belakang, otak, dan berbagai organ lainnya.

5. Menyehatkan pencernaan

Saat bernapas dalam posisi child pose yoga, perut berada pada atau di antara kedua paha. Posisi ini dapat membantu memberikan pijatan yang dapat melancarkan sistem pencernaan.Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan pencernaan dengan lebih efektif, Anda dapat melakukan pose ini dengan posisi lutut yang rapat.

6. Melepaskan kepenatan dan meningkatkan energi

Pose yoga balasana membantu melepaskan ketegangan, melancarkan kembali pernapasan, dan fokus ke dalam diri Anda. Kondisi ini secara alami dapat mengembalikan energi dan memberi dorongan yang baik secara fisik dan mental untuk menjalani aktivitas sehari-hari.Untuk mendapatkan manfaat child pose yoga, Anda dapat melakukannya saat bangun tidur atau sebagai bagian dari rutinitas peregangan setelah latihan yang intens. Anda dapat merasakan manfaatnya dengan menyisipkan pose yoga ini di antara aktivitas sehari-hari.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragayoga
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/childs-pose-balasana-3567066
Diakses 3 Agustus 2021
Yoga Journal. https://www.yogajournal.com/poses/child-s-pose/
Diakses 3 Agustus 2021
Yoga Practice. https://yogapractice.com/yoga/10-health-benefits-of-childs-pose/
Diakses 3 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait