Patut Dicoba, Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Hilangkan Rasa Stres

Mengosongkan pikiran demi mendapatkan kedamaian menjadi salah satu cara meditasi yang benar.
Cara meditasi yang benar ada tahapnya, salah satunya menutup mata.

Hidup di kota yang macet, banting tulang untuk mencari penghasilan, terkadang bisa membuat Anda stres tak tertahan.

Jika stres membuat cemas, tegang dan mudah khawatir, sepertinya Anda harus mencoba meditasi, untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian batin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda memahami cara meditasi yang benar.

Cara meditasi yang benar untuk hilangkan stres

Setiap orang bisa melakukan meditasi. Kegiatan ini sederhana, murah dan tidak memerlukan alat bantu apapun.
Di mana pun Anda berada, entah itu sedang jalan-jalan, di dalam bus, atau berada di tengah-tengah pertemuan penting kantor, meditasi bisa dilakukan.

Meditasi telah dikenal selama ribuan tahun lamanya. Tidak heran, banyak orang yang percaya dan mampu merasakan manfaat meditasi untuk hilangkan stres. Selama meditasi, Anda memfokuskan perhatian dan menghilangkan pikiran buruk dari dalam pikiran.

Berikut ini beberapa tahap dan cara meditasi yang benar.

  • Pilih posisi ternyaman

Meditasi bisa dilakukan sambil duduk, entah itu di atas kursi, atau di permukaan seperti lantai. Intinya, Anda harus menentukan posisi ternyaman untuk bisa rileks namun tetap fokus.

Postur tubuh saat melakukan duduk dan bermeditasi ini sangat penting. Punggung Anda tidak boleh bungkuk. Tegakkan saja, agar fokus tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Dengan posisi yang nyaman dan punggung yang tegak, tubuh Anda akan terbiasa untuk melakukan meditasi dalam jangka waktu yang lama.

  • Tutup mata

Menutup mata Anda dengan lembut merupakan salah satu kunci mendapatkan meditasi terbaik. Lemaskan segala otot pada muka Anda.

Pada tahap ini, fokus utamanya ialah membuat setiap bagian tubuh rileks. Jika Anda merasakan ketegangan di bagian tubuh tertentu, tarik napas dalam-dalam dan biarkan tubuh rileks.

  • Kosongkan pikiran

Ini adalah tahap meditasi yang mungkin akan sulit dicoba. Sebab, “mengosongkan” pikiran bukanlah hal mudah yang bisa dipelajari hanya dalam satu malam saja.

Inti dari tahap ini ialah mendapatkan “kesunyian” di dalam diri. Jika merasa kesulitan untuk menghilangkan segala macam pikiran dalam kepala Anda, jangan memaksakan diri. Orang yang sudah ahli meditasi saja, terkadang masih bisa terdistraksi dengan pikiran yang muncul tiba-tiba saat meditasi.

  • Jangan menyerah

Setelah ketiga tahap di atas telah Anda lakukan, tahap keempat sekaligus yang terakhir ialah, terus lakukan. Menutup mata merupakan “gerbang” untuk mendapatkan meditasi terbaik dengan melepaskan pikiran yang muncul di benak Anda. Jangan menyerah walau masih ada pikiran yang muncul tiba-tiba saat meditasi. Sebab, itu sangat manusiawi.

Macam-macam meditasi yang bisa Anda coba

Dalam dunia meditasi, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ketenangan serta kedamaian maksimal. Mengetahui macam-macam meditasi bisa membantu memilih yang paling cocok dengan gaya hidup Anda.

  • Meditasi cinta kasih

Meditasi ini memiliki sebutan lain “Metta”, tujuannya untuk menumbuhkan sikap cinta dan kebaikan terhadap segala hal, termasuk seseorang yang Anda tidak suka dan sumber stres.

Caranya hampir sama seperti meditasi pada umumnya. Sambil bernapas dalam-dalam, Anda membuka pikiran untuk menerima cinta kasih. Di dalam pikiran, kirimkan rasa cinta untuk setiap hal, sampai Anda merasakan rasa cinta kasih yang Anda kirimkan tersebut.

Meditasi ini dilakukan untuk meningkatkan perasaan kasih sayang dan cinta terhadap orang lain dan tentunya, diri sendiri.

  • Mengenal tubuh dan membuatnya rileks

Meditasi yang biasanya disebut dengan nama “body scan meditation” ini dimaksudkan untuk mencari sumber stres dalam diri Anda dan melepaskannya. Biasanya, meditasi ini dimulai dari ujung kaki, hingga ke kepala.

Meditasi ini mengharuskan para praktisinya menegangkan dan mengendurkan otot-ototnya. Selain itu, mereka juga bisa menggambarkan “gelombang” dalam pikiran, sehingga mampu melepaskan ketegangan.

Meditasi ini tidak hanya menghilangkan stres, tapi juga membantu meredakan sakit yang ada pada tubuh.

  • Meditasi zen

Meditasi zen juga disebut Zazen. Ini adalah bentuk meditasi yang membutuhkan pelatihan guru, agar Anda bisa melakukan dan menguasainya.

Tujuannya adalah untuk mencari posisi dan postur terbaik, fokus pada pernapasan, dan menghilangkan prasangka buruk, terhadap hal yang Anda pikirkan.

  • Kundalini

Meditasi dalam bentuk gerakan yoga ini menyatukan gerakan tubuh dengan teknik pernapasan. Biasanya, meditasi ini harus dilatih oleh guru di dalam kelas. Manfaatnya juga banyak, seperti meningkatkan kekuatan fisik, mengurangi rasa sakit pada tubuh, mendukung kesehatan mental, serta mencegah datangnya rasa cemas dan depresi.

Kebanyakan jenis meditasi dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan yang rumit. Jika ada kemauan untuk belajar dan melakukannya, meditasi bisa jadi kebiasaan bermanfaat.

Lebih dari itu, meditasi juga bisa membuat seseorang “kecanduan”, jika rasa tenang dan damai sudah dirasakan.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Jika meditasi yang Anda lakukan belum mampu menghilangkan rasa stres dan perasaan negatif lainnya, ada baiknya kunjungi dokter. Dengan demikian, Anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter, tentang cara menghadapi stres dengan baik dan benar, tanpa mengganggu kesehatan mental.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858

Diakses pada 11 Oktober 2019

 

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/practice-basic-meditation-for-stress-management-3144789

Diakses pada 11 Oktober 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320392.php

Diakses pada 11 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed