5 Cara Hilangkan Kudis atau Gudik di Kulit Ini Sangat Ampuh

Gudik atau kudis juga dapat dihilangkan dengan bahan alami seperti tea tree oil, lidah buaya, minyak cengkeh, cabai cayenne, dan daun mimba
Selain losion pereda gatal, tea tree oil pun bisa mengatasi gatal akibat gudik atau kudis.

Memiliki gudik, atau yang dapat juga disebut dengan kudis atau scabies tentu dapat mengganggu. Pasalnya, kondisi ini dapat menimbulkan gatal serta ruam-ruam kemerahan di kulit.

Beruntung, saat ini ada berbagai cara mengatasi gudik yang dianggap tepat dan efektif. Mulai dari penggunaan bahan alami hingga pemberian obat, berikut ini pilihan metode yang dapat Anda coba untuk mendapatkan kembali kulit yang sehat.

Berbagai Cara Mengobati Gudik atau Kudis

Gudik merupakan penyakit kulit yang sangat menular. Oleh karena itu, siapa pun yang tinggal bersama atau sering berkontak secara dekat dengan orang yang mengalami kudis dianjurkan untuk mendapatkan perawatan, meski tidak merasakan gejala apapun.

Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan obat oles berupa salep atau krim. Gunakan obat ini ke bagian tubuh yang diperlukan, dimulai dari leher, ke area kulit di bawah. Untuk bayi maupun anak, obat juga biasanya perlu dioleskan di kulit kepala serta wajah.

Umumnya, obat ini dipakai saat malam, dan dibilas keesokan harinya. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengulangi langkah yang sama, satu minggu selanjutnya. Untuk menghilangkan kudis, dokter bisa meresepkan krim yang mengandung:

  • Permethrin 5%
  • Krotamiton
  • Lindane
  • Benzil benzoate 5%
  • Minyak sulfur 10%

Selain menggunakan krim, dokter juga mungkin akan meresepkan obat minum berjenis ivermectin. Pemberian obat minum biasanya dilakukan untuk individu dengan sistem imun yang rendah, kudis kering dan mengerak, maupun yang tidak kunjung hilang meski telah diberi krim atau salep.

Ibu hamil, menyusui, serta anak dengan berat badan di bawah 15 kilogram, harus menghindari obat tersebut. Sebagai alternatifnya, dokter dapat merekomendasikan:

  • Antihistamin
  • Losion pereda gatal yang mengandung pramoxine
  • Antibiotik
  • Krim yang mengandung steroid

Saat menggunakan obat-obatan tersebut, Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter. Penggunaan obat berlebih tidak menjamin penyembuhan yang lebih cepat. Penggunaan obat yang berlebihan justru akan memperparah ruam serta gatal yang dirasakan.

Produk Alami untuk Hilangkan Kudis

Selain obat-obatan, ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan kudis. Meski alami, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena masih berisiko menimbulkan alergi. Selain itu, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai keamanan perawatan ini.

Berikut ini bahan alami yang dipercaya dapat membantu meredakan gudik di kulit.

1. Tea Tree Oil

Bahan ini dipercaya dapat membantu meredakan gatal serta ruam yang muncul di kulit. Namun, untuk membunuh telur tungau penyebab kudis di lapisan kulit yang lebih dalam, penggunaan tea tree oil kurang efektif.

2. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa gatal yang muncul akibat gudik, serta membasmi tungau penyebabnya. Namun, riset mengenai penggunaan lidah buaya sebagai metode untuk merawat gudik, masih perlu diteliti lebih luas.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung bahan antimikroba, anastetik, serta antioksidan, sehingga dapat membantu penyembuhan berbagai kondisi. Minyak ini juga dipercaya dapat membunuh tungau penyebab gudik.

4. Cabai Cayenne

Jenis cabai yang satu ini juga dikatakan berpotensi untuk digunakan sebagai pengurang rasa gatal dan nyeri akibat gudik. Manfaat ini didapatkan dari kandungan capcaisin yang terdapat dalam cabai cayenne, yang dipercaya dapat mengurangi sensitivitas saraf apabila dioleskan di kulit.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya, karena cabai ini dapat mengiritasi kulit.

5. Daun Mimba (Neem)

Minyak, krim, maupun sabun yang mengandung daun mimba, dapat digunakan sebagai perawatan alternatif untuk mengatasi gudik. Tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antibakteri, antiradang, serta analgesik (pereda nyeri).

Setelah mengetahui berbagai cara mengobati kudis di atas, diharapkan Anda tidak lagi bingung untuk mencari perawatan yang sesuai. Selalu jaga kebersihan kulit dan barang-barang Anda, agar tungau penyebab gudik tidak kembali menyerang.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-diseases/scabies#treatment
Diakses pada 25 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/16961.php
Diakses pada 25 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-scabies#tea-tree-oil
Diakses pada 25 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed